uefau17.com

Mengapa Kate Middleton Tidak Mengenakan Jubah Seremonial untuk Upacara Penobatan ke-2 Raja Charles III? - Lifestyle

, Jakarta - Sekali lagi kecanggihan berbusana Putri Wales diperlihatkan saat ia menghadiri upacara penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla di Skotlandia, Rabu, 5 Juli 2023. Berbeda dengan Raja dan Ratu Inggris, serta suaminya, Pangeran William, Kate Middleton tidak mengenakan jubah seremonial. Mengapa demikian?

Melansir Hello, Kamis (6/7/2023), jubah seremonial dipakai Charles, Camilla, dan William karena ketiganya bagian dari Order of the Thistle, ordo ksatria terbesar di Skotlandia. Raja Charles berdaulat atas Ordo, dan penunjukan yang dibuat untuk Ordo sepenuhnya merupakan hadiah pribadinya.

Ini merupakan pengakuan atas pria dan wanita Skotlandia yang telah memegang jabatan publik atau berkontribusi secara signifikan bagi kehidupan di negara itu. Ordo, yang menempati urutan kedua setelah Ordo Garter di Inggris, terdiri dari 16 ksatria dan wanita, termasuk Camilla, William, dan Putri Anne.

Karena itu, Charles, Camilla, dan William mengenakan jubah Order of the Thistle untuk kebaktian di Katedral St Giles, Edinburgh, dengan Pangeran William juga mengenakan Seragam RAF No1 dan empat medali RAF Wings. Sementara, Camilla tampak menawan dalam pakaian simbolisnya.

Ia terlihat mengenakan jubah dan topi Thistle, termasuk bintang dan kerah yang merupakan milik mendiang Ratu Elizabeth II. Lalu, ini adalah pertama kalinya Yang Mulia terlihat dalam jubah Thistle sejak pengangkatannya ke Ordo pada Juni 2023.

Kate Middleton, bagaimanapun, belum diangkat sebagai Lady of the Order of the Thistle. Alih-alih jubah seremonial, ia tampil memesona dalam ansambel serba biru. Warna busana Putri Wales merupakan anggukan penghormatan pada bendera Skotlandia.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Busana Kate Middleton

Melansir Town and Country Magazine, Kate Middleton mengenakan coatdress biru tebal dari salah satu desainer pilihannya, Catherine Walker. Potongan mode itu dipasangkan dengan topi serasi dari Philip Treacy.

Bukan kali pertama, Putri Wales sebelumnya sudah mengenakan gaun berwarna mencolok itu pada kebaktian Paskah di Kapel St George. Ia mengikat ansambelnya yang elegan bersama kalung choker mutiara milik Ratu Elizabeth II dan anting-anting mutiara peninggalan Putri Diana.

Bersama Kate, tokoh-tokoh Skotlandia berkumpul untuk acara tengah minggu yang merupakan bagian dari Pekan Kerajaan Skotlandia. Honours of Scotland, yang merupakan permata mahkota negara, pun dipersembahkan pada Raja Charles di momen tersebut.

Mahkota, tongkat kerajaan, dan pedang negara sebelumnya digunakan sebagai regalia penobatan untuk Mary, Ratu Skotlandia, James VI, Charles I, dan Charles II. Mahkota itu dibuat ulang dalam bentuknya yang sekarang untuk James V pada 1540 oleh seorang pandai emas Edinburgh.

3 dari 4 halaman

Kali Pertama di Masa Pemerintahan Charles

Sedangkan tongkat kerajaan dan pedang asli adalah hadiah kepausan untuk James IV. Tapi, karena kondisi rapuh pendahulunya, pedang Elizabeth baru, yang dinamai dari mendiang Ratu, digunakan di upacara penobatan ke-2 Raja.

Layanan ini menampilkan aspek tradisi Kerajaan Skotlandia yang telah berusia berabad-abad bersama tambahan baru, seperti karya musik yang ditulis khusus untuk acara tersebut, mazmur yang dinyanyikan dalam bahasa Gaelik, dan penggunaan bagian-bagian dari Perjanjian Baru dalam bahasa Skotlandia.

Kebaktian dimulai dengan prosesi orang-orang dari lapangan terbuka Kastil Edinburgh, dengan kelompok beranggotakan 100 orang, dipimpin Kopral Cruachan IV, maskot resimen kuda poni Shetland dari Resimen Kerajaan Skotlandia.

Menurut TIME, ini adalah pertama kalinya Skotlandia menandai penobatan dengan perayaan kerajaannya sendiri sejak Charles dimahkotai di Westminster Abbey London pada 6 Mei 2023. "Skotlandia menyambut Raja dan Ratu baru pada Juli (2023) dengan serangkaian acara untuk menandai penobatan," kata Menteri Pertama Humza Yousaf.

Ia menyambung, "Prosesi Rakyat, Prosesi Kerajaan, Layanan Thanksgiving Nasional, dan Salut Senjata akan berlangsung di Edinburgh."

4 dari 4 halaman

Lokasi Bermakna

Persiapan upacara penobatan ke-2 Raja Charles III dan Ratu Camilla sudah dilaporkan sejak akhir Mei 2023. Charles dan Camilla berada di Skotlandia pada minggu pertama bulan Juli 2023 untuk Holyrood Week, lapor Hello, 26 Mei 2023.

Selama waktu ini, Raja direncanakan mengadakan pesta kebun di Edinburgh dan mengadakan upacara penobatan bersama sederet acara lain. Pesta kebun diadakan pada 4 Juli 2023, dan itu menandai pesta kebun pertama Raja Skotlandia dalam masa pemerintahannya.

Ruang Mahkota di Kastil Edinburgh juga sebelumnya diinformasikan tutup pada 4 hingga 6 Juli 2023. Lalu, seluruh kastil akan ditutup pada 5 Juli 2023. Mendiang Ratu Elizabeth II melakukan perjalanan ke Katedral St Giles pada 1953, tidak lama setelah penobatannya di Westminster Abbey pada 2 Juni di tahun itu.

Sementara penobatan di London adalah layanan Gereja Inggris, upacara St Giles memberi Raja kesempatan untuk mengabdikan diri pada rakyat Skotlandia. Katedral St Giles sendiri bermakna sangat penting bagi keluarga Kerajaan Inggris.

Mendiang Ratu disemayamkan di sana setelah ia meninggal di Balmoral, Skotlandia, pada 8 September 2022. Raja Charles dan saudara-saudaranya, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward, juga melakukan Vigil of the Princes di katedral saat masyarakat Skotlandia berjalan melewatinya untuk memberikan penghormatan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat