uefau17.com

Neona dan Naura Ayu Ungkap Cara Atasi Insecure Para Remaja, dari Masalah Kulit sampai Media Sosial - Lifestyle

, Jakarta - Para remaja saat ini menghadapi banyak tantangan, mulai dari perundungan online hingga rasa insecure terhadap diri sendiri. Hal itu juga dirasakan oleh kakak beradik selebritas Naura Ayu dan Neona Ayu.

Putri pasangan Nola B3 dan Baldy ini mengatakan kehadiran teman atau bestie tentu bisa menjadi penyemangat bagi remaja agar mulai menerima diri sendiri apa adanya. Ditemui dalam sebuah acara di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu, Naura dan Neona membagikan pengalamannya soal rasa insecure yang pernah atau sedang dialami.

Neona Ayu mengatakan kalau rasa insecure pernah dialaminya, bahkan hingga saat ini. Namun, ia sadar kalau rasa tersebut tidak selalu berdampak buruk.

"Insecure itu tidak selamanya buruk karena bisa jadi motivasi untuk memacu diri kita menjadi lebih baik lagi. Ini rasa yang normal dan wajar tapi enggak perlu dipikirkan terus pada diri kita," terangnya.

Masalah kulit kerap membuat seseorang jadi merasa insecure dan tidak percaya diri. Sama halnya dengan Naura Ayu dan Neona Ayu yang merasa kurang pede karena memiliki beauty insecurities. Meski pernah merasa insecure dengan permasalahan kulit, Neona Ayu mengatakan bahwa rasa insecure tersebut tidak selalu berdampak buruk.

Pendapat senada diungkapkan oleh sang Kakak, Naura Ayu. Penyanyi kelahiran 18 Juni 2005 ini mengatakan para remaja saat ini hidup berdampingan dengan dunia virtual dan media sosial. Hal ini yang membuat tantangan untuk menghadapi insecure itu lebih besar, karena kita tidak bisa membedakan mana yang palsu dan asli yang bisa dipercaya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terpapar Media Sosial

"Semuanya sekarang serba terpapar di media sosial, kita tidak kenal siapapun di sana. Secara tidak sadar membandingkan diri kita dengan mereka dan merasa 'cukup enggak sih?,” kata Naura. "Nah, dari sana rasa insecure itu ada dan akhirnya tidak menemukan hal yang authentic dari diri kita yang ada," tambahnya.

Selain itu, Neona mengungkapkan caranya bisa menerima diri sendiri kini. Salah satunya adalah deep talk kepada orang sekitar mengenai rasa insecure yang dialaminya. "Caraku accepting myself dulu, loving myself, kita konsul satu sama lain. Rasa insecure itu jangan dipendam yang akhirnya jadi tertanam di diri kita sampai ada rasa kurang bersyukur," terangnya.

Mirip dengan sang adik, Naura Ayu juga mengatakan hal serupa. Baginya penting sekali untuk membicarakan rasa insecure kepada orang terdekat yang bisa dipercaya untuk mendapatkan dukungan.

"Aku dan Neona itu dekat banget, jadi kalau dia merasa lagi di fase yang insecure dan lain-lain. Kita juga konsul bareng, jadi bestie banget. Kita coba open up ke orang terdekat. Girls to girls conversation dan do something yang membuat kita lebih percaya diri," ungkapnya.

3 dari 4 halaman

Naura dan Masalah Jerawat

Naura dan Neona Ayu kerap tampil menawan pada berbagai kesempatan. Namun, siapa sangka kalau keduanya juga menghadapi beauty insecurity. Mereka memang tak pernah mengalami permasalahan kulit yang besar, tapi hal itu saja sudah cukup membuat mereka frustrasi. Apalagi pekerjaan mereka di dunia hiburan menuntut keduanya selalu tampil maksimal di depan kamera.

"Kulit aku lumayan sensitif, aku sering mengalami bruntusan. Kalau bruntusan lama sekali hilangnya, karena kalau di-cover sama makeup malah jadi makin parah," ujar Neona.

Berbeda lagi dengan Naura Ayu, ia mengalami masalah jerawat. Meski hanya melanda sebagian bagian wajahnya, jerawat yang dialami Naura Ayu susah hilang jika sudah muncul.

"Kulit aku sekalinya keluar jerawat, agak susah dihilangkan. Itu bikin insecure," jelas Naura. Untuk mengatasinya, Naura juga sering menggunakan bahan-bahan natural seperti tomat dan es batu.

"Biasanya aku sering pakai obat jerawat dan bersihin terus. Aku juga sering pakai natural ingredient. Misalnya pas mau masa datang bulan biasanya kan jerawatnya keluar semua, itu kita sering belah tomat terus oles ke muka. Terus kompres juga pakai es batu," terang Naura.

4 dari 4 halaman

Merawat Kesehatan Kulit Sejak Kecil

Kendati demikian, kakak beradik ini mengaku tak sampai menjaga makan dan pola tidur.  Untuk menjaga kesehatan kulitnya, Naura dan Neona lebih memilih menggunakan produk-produk skincare yang sudah banyak di pasaran.

"Kita sama saja kok sama yang lain. Cuma extra care saja karena kan kita makeup juga. Jadi pagi bangun, pas selesai mandi kita langsung skincare. Sebelum tidur juga kita pakai sunscreen, untuk menjaga saja sih. Selain menghindari kerutan juga bisa menghindari kanker kulit juga kan," tutur Naura.

Keduanya juga mengungkapkan pentingnya merawat kecantikan dan kesehatan kulit sejak dini. "Kalau kesehatan kulit, sebenarnya dari umur 8 sampai 10 tahunan kita sudah mulai aware. Karena kan sudah puber ya. Dan kita juga sering kepapar makeup,” ungkap Naura

Di sisi lain, Neona juga mengungkapkan hal serupa. Sama seperti sang kakak, dia pun juga sudah rutin merawat wajah sejak usia 8 tahunan. Alasannya, di usia itu, dirinya mulai mengalami pubertas sehingga sangat penting merawat kulit.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat