uefau17.com

Tips Lolos Wawancara Kerja di BUMN ala Erick Thohir: Kuncinya Ada di Akhir Sesi - Lifestyle

, Jakarta - Ada kabar baik buat Anda yang berminat bekerja di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Menteri BUMN, Erick Thohir membagikan sejumlah tips rahasia untuk bisa lolos dalam sesi tes wawancara di perusahaan pelat merah itu.

Bagi sebagian orang, mendapat panggilan wawancara kerja di BUMN merupakan kabar bahagia. Meski begitu, banyak yang masih bingung bagaimana cara agar wawancara kerja di BUMN berjalan lancar dan bisa diterima.

Erick Thohir memberikan tips ampuh ketika dipanggil wawancara kerja di BUMN ini melalui akun TikTok resmi @erick.thohir. Dia mengungkapkan, di akhir wawancara biasanya rekruter atau pewawancara akan mengatakan apa ada yang ingin ditanyakan. Mengenai hal itu, Erick memberikan bocoran jawaban yang bisa dicoba.

"Kalau saya dapat kesempatan untuk bergabung di sini, kira-kira apa saja yang perlu saya lakukan agar perusahaan merasa kalau memperkerjakan saya adalah sebuah keputusan yang baik?" ucap Menteri BUMN mencontohkan jawaban yang bisa digunakan.

Pertanyaan seperti ini bisa membuat pelamar mengetahui keahlian penting yang harus dikembangkan. Selain itu, pria yang juga menjadi Ketua Umum PSSI ini mengatakan ada dampak yang lebih dahsyat dari pertanyaan tersebut.

"Pertanyaan tadi sebetulnya bisa punya efek yang unik untuk kamu. Jadi saat kamu tanya pertanyaan itu, orang yang meng-interview kamu bisa memvisualisasikan kamu yang sedang bekerja dalam perusahaannya," ungkap Erick Thohir.

Hal tersebut bisa memberikan keuntungan lebih dibandingkan dengan perlamar lain. Pasalnya, Anda memposisikan diri sebagai opsi terbaik.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips Erick Thohir untuk Pencari Kerja

Unggahan ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi video yang diunggah pada 5 April 2023 itu.

"Ternyata pengolahan kata-kata juga dibutuhkan," komentar seorang warganet.

"Semoga bisa segera dipanggil buat wawancara kerja dan lolos, aamiin," tulis warganet lainnya.

"Terima kasih tipsnya pak Erick, dulu pernah menjawab seperti itu tapi sama HR dijawab "ya nanti bakal mengikuti lingkungan kerja". sehat selalu Pak 🙏,” komentar warganet lainnya.

"Wkwk entar habis ini 20.000 pelamar BUMN tanyanya gini semuaa😭😭😭,” timpal warganet lainnya. Sampai berita ini ditulis, unggahan ini sudah dilihat lebih dari 8,8 juta kali, disukai lebih dari 1,1 juta kali dan mendapatkan lebih dari 2.720 komentar.

Sebelumnya, Erick Thohir juga membagikan sedikit tips untuk para pencari kerja. Tips tersebut pun bisa Anda gunakan ketika hendak melamar lowongan pekerjaan di BUMN. 

Dilansir dari akun Instagram @erickthohir, Minggu, 30 April 2023, pertama, hal yang perlu menjadi perhatian dalam pengembangan diri yaitu jangan habiskan terlalu banyak waktu untuk menjadi lebih menarik secara fisik, hanya untuk membuat orang lain atau orang yang kamu sukai terkesan.

3 dari 4 halaman

Arti Keren Menurut Erick Thohir

"Tapi jadilah lebih menarik secara mental. Didiklah dirimu sendiri, buang pikiran-pikuran yang negatif. Atasi rasa tidak percaya diri kamu dan belajarlah untuk menjadi bahagia dengan caramu sendiri," kata Erick.

Kedua, Anda tidak perlu mengikuti apa yang menurut orang lain itu keren karena keren itu tidak selalu berarti main bareng sampai jam 3 subuh, atau membuat kericuhan dengan teman-teman. Menurut Erick, keren itu bisa berupa quality time dengan diri sendiri seperti membaca buku, membuat karya seni atau sekedar mengerjakan pekerjaan karena yang mendefinisikan keren itu adalah diri sendiri.

Tips ketiga, antara usia 15 dan 30 tahun adalah masa keemasan dalam hidup Anda. Anda bisa bertemu banyak teman baru sekaligus juga kehilangan teman. Anda bisa membuat kesalahan dan juga memperbaikinya sendiri.

"Kamu jatuh, kamu gagal, dan kamu belajar. Kamu menyadari bahwa hidup itu nggak sesuai dengan keinginan kamu. Kamu jatuh cinta, kamu terluka, dan kamu masih mencari jati diri kamu. Tapi pada akhirnya kamu akan menjadi lebih kuat," terangnya.

Keempat, kerjakan segala hal dengan sepenuh hati, kerjakan dengan nyali. "Inilah cara masuk ke era terobosan," pungkasnya.

4 dari 4 halaman

Erick Soroti Pentingnya Karakter dan Akhlak

Tak hanya pada pencari kerja, Erick juga pernah memberi pesan ke mahasiswa. Ia meminta mahasiswa mulai berpikir untuk meningkatkan kapabilitas personal, utamanya menghadapi tantangan ekonomi.

Dalam beberapa kesempatan, Erick kerap menyampaikan hal ini. Tujuannya, guna generasi muda mempersiapkan diri menghadapi masa depan.

"Kalau kita bicara kebangsaan, kebangsaan kita ini sedang ditantang, karena itu saya bilang, jangan terjebak pergerakan terus, adik-adik mahasiswa, tantangan kalian itu adalah yang namanya peningkatan kapabilitas dan ekonomi," katanya dalam sesi diskusi bersama mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), 21 Juni 2022, mengutip kanal Bisnis .

Dengan begitu, Ia meminta mahasiswa mulai mencari cara meningkatkan kualitas ekonomi. Jadi, tak hanya berbicara aspek politiknya saja. "Kalau kita terjebak selalu di politik, tidak salah, politik itu bagian dari kehidupan, tetapi ekonomi dan kapabilitasnya diambil orang, kebangsaan kita akan runtuh," ungkapnya.

"Saya selalu bilang kepintaran itu penting, tapi kepintaran tanpa karakter, tanpa akhlak, akhirnya jadi tipudaya, yang pintar menipu yang bodoh," imbuhnya.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat