uefau17.com

IKEA Bawa Tradisi Pertengahan Musim Panas Swedia ke Indonesia, Gelar Pesta Rakyat dengan Menu Barat - Lifestyle

, Jakarta - Kemeriahan perayaan musim panas Eropa kini bisa dinikmati oleh orang Indonesia di IKEA. Ritel asal Swedia itu menggelar beragam acara untuk membagikan suka cita menyambut pertengahan musim panas yang disebut sebagai midsummer mulai 21--25 Juni 2023.

Walter, selaku bagian perdagangan dan promosi di Kedutaan Swedia menjelaskan, warga Swedia umumnya akan menyambut midsummer dengan berpesta. Pasalnya, musim panas dinantikan mayoritas orang Eropa karena mereka bisa merasakan hangatnya matahari. Terlebih di Eropa Utara, salju dan musim dingin berlangsung lebih panjang.

"Jadi ketika musim panas tiba, matahari terik berkepanjangan. Kami akan menyambutnya dengan meriah, seperti selebrasi begitu," kata Walter, saat jumpa pers di IKEA Alam Sutera, Kota Tangerang, Selasa, 20 Juni 2023 (20/6/2023).

Masyarakat Swedia akan memilih satu hari, yakni pada hari saat matahari bersinar lebih panjang dibandingkan hari-hari lainnya di sepanjang tahun tersebut. Saat itulah, sanak keluarga, teman, kerabat, akan berkumpul bersama.

"Midsummer dikenal dengan festival pertengahan musim panas. Ini jadi satu perayaan penting di Swedia, juga menjadi akar tradisi pangan atas hasil panen yang didapat," katanya.

Biasanya, pesta rakyat ini dilakukan dimulai dari pagi hari, seperti berlari berkeliling halaman rumah tanpa pakaian. Kegiatan pembuka di pagi hari itu dipercaya bisa membuat jiwa dan raga sehat, karena lebih maksimal menyerap banyak sinar matahari.

Agenda dilanjutkan dengan berkumpul bersama keluarga, seperti bernyanyi, menari, makan siang dan ditutup makan malam bersama. "Kami, masyarakat Swedia, senang dengan makan bersama, lalu bernyanyi dan menari bersama. Ada satu tradisi, kami menghias tiang, lalu mendirikannya dan berkeliling menari dan bernyanyi bersama," ujar Walter.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tradisi Merangkai Mahkota Bunga

Tradisi lainnya adalah membuat mahkota bunga atau flower crown. Masyarakat Swedia akan membuatnya secara tradisional, dengan memanfaatkan tumbuhan merambat, akar-akar pohon, dan bunga-bunga cantik yang tumbuh subur di halaman.

"Pada saat itu, bila masyarakat masih menyimpan flower crown-nya sampai ketemu lagi di hari Natal, dipercaya panjang umur dan sehat. Lalu, jika wanita menyimpan tujuh jenis bunga di bawah bantalnya, dipercaya bisa memimpikan calon suaminya kelak," tutur Walter.

Berangkat dari tradisi yang ada, IKEA pun menggelar sesi merangkai bunga di IKEA. Bedanya, bunga yang dipakai bukan sungguhan. Semua perlengkapan pun akan disediakan oleh IKEA. Untuk merasakan kehangatan Midsummer ala Swedia, pengunjung IKEA harus mendaftar terlebih dulu di website resmi IKEA.

"Itu lomba merangkai mahkota bunga, di mana peserta dapat berkreasi membuatnya selama midsummer berlangsung," katanya.

Menutup perayaan Midsummer, masyarakat Swedia akan makan malam bersama dengan menu-menu khas mereka. Sejumlah menu itu familiar bagi pengunjung IKEA, seperti mash potato, daging sapi yang dibakar secara perlahan, bakso sapi, disiram sup jamur, atau jika mau sedikit manis asam, disiram dengan lingonberry sauce.

 

 

3 dari 4 halaman

Siapkan Menu All You Can Eat

Selain lomba merangkai mahkota bunga, pelanggan juga bisa menikmati berbagai hidangan Swedia yang lezat. Mereka yang belum pernah sama sekali menyicipi hidangan Swedia tak perlu khawatir sebab hidangan khas Swedia tersebut masih dibuat cita rasa lokal lidah Indonesia.

"Biasanya kami sediakan itu pelanggan datang ke restoran kami, memilih, lalu bayar apa yang akan di makan. Kali ini, dalam menyambut Midsummer dari tanggal 21 hingga 25 Juni, maka kami sediakan menu khas Swedia all you can eat seharga Rp 149 ribu per orang," ungkap Ririn Basuki, PR and Communication Manager IKEA Indonesia.

Sementara, anak berusia di bawah 6 tahun tidak perlu bayar. Lalu, anak di atas 6 sampai 12 tahun bisa membayar setengah harga. "Jadi, pelanggan bisa datang makan malam bersama keluarga di IKEA," kata Ririn.

Setiap rombongan akan diberi waktu 90 menit. Dibagi menjadi tiga sesi yang dimulai dari pukul 15.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB, di semua toko IKEA.

Hidangan seperti berbagai sup dan saus ala IKEA dan Swedia, slow roastef beef with BBQ atau Blackpaper sauce juga dihidangkan. Tak lupa mashed potato, meat ball, dan camilan manis khas IKEA juga akan disediakan.

4 dari 4 halaman

Sertifikasi Halal Restoran dan Kafe

Ririn menyebut perayaan itu melibatkan tujuh toko IKEA, yakni di Alam Sutera Tangerang, Sentul City, Kota Baru Parahiyangan Bandung, Jakarta Garden City, Mall Taman Anggrek, dan cabang di Surabaya.

"Kami sangat senang merayakan midsummer bersama pelanggan kami di Indonesia. Tentunya jika ingin berpartisipan, harus jadi Family IKEA terlebih dulu," kata Ririn.

Sebelumnya, restoran dan kafe IKEA memperoleh sertifikasi halal dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) pada 21 Oktober 2020 melalui keputusan Rapat Komisi Fatwa MUI. Sertifikasi itu didapat setelah enam tahun beroperasi.

IKEA mengatakan proses sertifikasi dilakukan untuk memberi rasa aman sekaligus nyaman bagi para pengunjung restoran dan kafe. Selain itu untuk memenuhi peraturan pemerintah UU Nomor 33/2014 tentang Jaminan Produk Halal.

Saat ini, sertifikasi halal IKEA Restoran dan Kafe berlaku untuk area restoran, konter makanan, bistro, bakery, FIKA, serta restoran pegawai. Dengan demikian, semua makanan dan minuman yang disajikan di area tersebut, baik di gerai Alam Sutera maupun Sentul City, telah menerapkan Sistem Jaminan Halal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat