uefau17.com

GOTF 2023 Edisi ke-2 Segera Dimulai, Siap-Siap Berburu Tiket Pesawat untuk Terbang hingga Mei 2024 - Lifestyle

, Jakarta - Siapa yang menantikan promo menarik tiket pesawat? Garuda Online Travel Fair (GOTF) akan segera hadir mulai 22 Mei hingga 28 Mei 2023 dan menawarkan diskon hingga 80 persen. Periode terbang yang tersedia hingga Mei 2024. 

Ini menjadi gelaran GOTF kedua di 2023. Menurut Direktur Layanan dan Niaga PT Garuda Indonesia Ade R Susardi, ajang travel fair online itu digelar menanggapi pola perjalanan seusai berbagai pembatasan perjalanan akibat status pandemi Covid-19 dicabut. 

"Kita lihat tren masyarakat untuk bepergian makin banyak, makin tinggi juga," ujarnya dalam jumpa pers di kawasan Bandara Soekarno Hatta, Senin, 15 Mei 2023.

GOTF 2023 kali ini digelar untuk menyambut masa liburan sekolah. Tersedia sekitar 15 ribu kursi yang bisa dipilih calon penumpang dengan beragam rute, baik domestik maupun internasional. "Dengan relaksasi perjalanan, kita lihat memang akan ada peningkatan sampai 70 persen di tahun ini dibanding tahun sebelumnya," ucapnya.

Bali, Yogyakarta, dan Labuan Bajo tetap menjadi destinasi dalam negeri favorit masyarakat berdasarkan data penjualan GOTF atau travel fair Garuda Indonesia sebelumnya. Sementara, ia menyebut Singapura, Melbourne, Sydney sebagai beberapa destinasi internasional favorit para penumpang Garuda Indonesia.

"Di tahun ini, rute-rute tersebut akan lebih banyak frekuensinya," ujar Ade.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam kesempatan terpisah menambahkan bahwa frekuensi dan rute perjalanan di level domestik sudah membaik, bahkan mendekati level sebelum pandemi. Sebaliknya, kondisinya belum pulih di perjalanan internasional.

"Memang perjalanan bisnis turun seperti prediksi. (Leisure) belum menopang (pemulihan rute dan frekuensi penerbangan internasional). Kita juga jumlah pesawat menurun," ia menjelaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Target Penjualan GOTF 2

Ade menyebutkan sekitar 15 ribu kursi tersedia selama masa promosi GOTF ke-2. Pihaknya menargetkan bisa meraup Rp200 miliar dari penjualan tiket di travel fair daring kali ini.

"Dengan pandemi kemarin, makin lama makin meningkat jumlah transaksi secara online. Kita mengakomodasi kelompok yang sedang online, tetapi kami tetap ada travel fair yang tradisional," jelas dia.

Pada tahun ini, Ade mengungkapkan GOTF akan digelar empat kali. Sementara, Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) yang berlangsung secara luring akan digelar dua kali pada tahun ini.

Garuda Indonesia menggandeng BNI sebagai mitra perbankan untuk memberi promo spesial bagi yang bertransaksi dengan alat pembayaran dari BNI. Direktur Retail Banking BNI Putrama Wahju Setyawan mengatakan bahwa kerja sama antara BNI dan Garuda Indonesia dalam GOTF 2023 merupakan bentuk sinergi BUMN untuk bersama–sama memulihkan industri pariwisata di Indonesia dengan memberikan benefit pada nasabah dan pelanggan kedua pihak.

Putrama menambahkan, BNI juga optimistis bahwa industri pariwisata akan semakin pulih yang ditandai dengan pertumbuhan transaksi travel related di kuartal I-2023 yang mencapai 77 persen dibandingkan periode yang sama pada 2022. "Hal ini ditunjang dengan peningkatan perjalanan baik domestik maupun internasional, dibukanya border ke negara lain, pelonggaran syarat penerbangan dan tentunya kali ini adalah momen yang tepat karena berdekatan dengan periode Libur Sekolah di pertengahan tahun 2023," jelasnya.

 

3 dari 4 halaman

Gandeng 2 Online Travel Agent

GOTF kali ini juga menggandeng dua online travel agent (OTA) ternama, yakni Traveloka dan tiket.com. Mereka menyediakan promo khusus terkait GOTF 2023. 

CEO of Transport Traveloka, Iko Putra menyambut baik gelaran tesebut menginat permintaan masyarakat untuk bepergian meningkat. Di sisi lain, gelaran itu juga bisa menstimulasi permintaan dari traveler.

Berdasarkan data Traveloka, terdapat peningkatan permintaan sekitar 60--70 persen di Kuartal I/2023 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Pada Februari 2023 juga menunjukkan peningkatan transaksi tiga kali lipat, khususnya menyambut persiapan mudik lebaran. Indikasinya dari tingginya permintaan penerbangan untuk rute jarak jauh, seperti Makassar, maupun jarak pendek seperti Lampung dan Jogja.

"Salah satu aspek paling penting adalah fleksibilitas. Jadi, kami memperhatikan kemudahan perjalanan agar traveler bisa ganti jadwal atau rute. Karena itu, beli aja. Kalau berubah, nanti bisa ganti," katanya. 

Sementara, Andi Hendrawan, Director of Transport tiket.com mengemukakan bahwa pihaknya melihat lonjakan transportasi udara pada kuartal ini, dibandingkan sebelumnya yang meningkat hampir tiga kali lipat. "Kami percaya ajang GOTF 2023 dapat membawa manfaat besar bagi masyarakat sekaligus menjadi salah satu upaya dalam mendorong pemulihan dan pertumbuhan pariwisata. Kami di tiket.com memberikan dukungan penuh terhadap GOTF 2023 dengan memberikan tambahan manfaat diskon untuk layanan hotel, Jemputan Bandara hingga tiket aktivitas wisata di tiket To Do," katanya.

 

 

4 dari 4 halaman

Sejumlah Promo yang Ditawarkan

Dalam pelaksanaan GOTF kali ini, Garuda Indonesia menawarkan diskon tiket hingga 80 persen melalui program “Best Deal” untuk penerbangan ke berbagai destinasi domestik dan internasional pilihan serta potongan tambahan hingga Rp1.577.000 menggunakan kartu BNI.

Garuda Indonesia turut memberikan berbagai nilai tambah lainnya mulai dari potongan harga untuk rute domestik hingga 15 persen dan rute internasional hingga 18 persen. Ada pula harga khusus untuk beberapa rute penerbangan yang dilayani maskapai mitra Garuda Indonesia seperti KLM, Air France, Air Europe, All Nippon Airways, Japan Airlines, Qantas, Virgin Australia, Jet Star, Malaysia Airlines, dan Bangkok Airways.

Highlight Rute Domestik :

Jakarta – Labuan Bajo PP mulai dari Rp2,1jutaan

Jakarta – Denpasar PP mulai dari Rp1,7jutaan

Jakarta – Yogyakarta PP mulai dari Rp1,1jutaan

Jakarta – Sorong PP mulai dari Rp3,3jutaan

Jakarta – Surabaya PP mulai dari Rp1,4 jutaan

Jakarta – Padang PP mulai dari Rp1,7jutaan

Jakarta – Makassar PP mulai dari Rp2,1jutaan

Jakarta – Medan PP mulai dari Rp2,1jutaan

Jakarta – Manado PP mulai dari Rp2,6jutaan

Jakarta – Lombok PP mulai dari Rp1,6jutaan

Highlight Rute Internasional:

Jakarta –Singapore PP mulai dari Rp2,5jutaan

Jakarta –Kuala Lumpur PP mulai dari Rp2,3jutaan

Jakarta –Bangkok PP mulai dari Rp3,4jutaan

Jakarta –Tokyo PP mulai dari Rp7,9jutaan

Jakarta –Seoul PP mulai dari Rp4,7jutaan

Jakarta –Sydney PP mulai dari Rp5,8jutaan

Jakarta –Melbourne PP mulai dari Rp5,6jutaan

Jakarta –Amsterdam PP mulai dari Rp13,3jutaan

Jakarta –Hongkong PP mulai dari Rp3,8 jutaan

Jakarta –Shanghai PP mulai dari Rp3,7jutaan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat