uefau17.com

Ironi Rakyat Inggris Antre Makanan Gratis Jelang Penobatan Raja Charles III yang Mewah - Lifestyle

, Jakarta - Hanya tinggal beberapa hari sebelum penobatan Raja Charles III dan Ratu Camilla berlangsung di Westminster Abbey, London, Sabtu, 6 Mei 2023. Di tengah persiapan penobatan Raja Charles III, sejumlah rakyat Inggris mempertanyakan pengeluaran uang untuk penobatan yang mewah, mengingat krisis biaya hidup berlangsung di negara itu.

Lebih ironi, sejumlah warga Inggris terpaksa antre makanan gratis dalam bayang-bayang publikasi penobatan mewah sang raja baru. Melansir CNN, Rabu (3/5/2023), Angela Davis jadi salah satu rakyat Inggris yang awalnya merasa malu pergi ke bank makanan.

Ibu tunggal dari lima anak ini menyadari bahwa setelah membayar tagihan, ia tidak punya uang lagi untuk membeli makanan. "Rasanya memalukan. Saya agak sedih tentang itu," katanya sambil menikmati secangkir teh dan biskuit yang disajikan di kafe komunitas di Gereja St. John the Evangelist di Doncaster.

Gereja mengoperasikan kafe di samping bank makanan yang menawarkan makanan, pakaian, barang-barang rumah tangga, dan kebutuhan lain secara gratis pada penduduk setempat yang membutuhkan. Davis berbaris lebih awal, tiba dua jam sebelum pintu gereja dibuka, dan penantian itu terbayar.

Selain barang-barang penting seperti roti dan sayuran, ia juga mendapat sebuket bunga yang disumbangkan supermarket. "Saya akan menaruh bunga di vas saya dan sisanya di makam ibu saya," katanya.

Saat pertama kali dibuka sebelum pandemi COVID-19, bank makanan ini kebanyakan melayani para tunawisma. Namun hari-hari ini, banyak dari mereka yang datang adalah orang-orang yang bekerja penuh waktu.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jutaan Orang Inggris Berada di Ambang Kemiskinan

"Mereka menggunakan semua gaji mereka untuk membayar tagihan dan tidak punya uang tersisa untuk makan. Sangat menyedihkan bahwa seseorang yang bekerja penuh waktu tidak menghasilkan cukup uang untuk memenuhi kebutuhan dasarnya," kata Andy Unsworth, seorang pendeta di gereja yang mengelola bank makanan Given Freely Freely Given, pada CNN.

Doncaster adalah salah satu daerah berekonomi rendah di Inggris Raya. Seperti banyak bagian wilayah Inggris utara, kota South Yorkshire yang berpenduduk lebih dari 300 ribu orang juga tidak pernah pulih sepenuhnya dari penurunan industri dan penutupan tambang pada 1980-an dan 90-an.

Sudah berjuang, kawasan ini tetap terpukul keras krisis biaya hidup yang sekarang berdampak pada seluruh wilayah Inggris. Inflasi yang sangat tinggi, stagnasi upah selama bertahun-tahun, serta kenaikan harga energi yang tiba-tiba dan tajam telah membuat jutaan orang Inggris berada di ambang kemiskinan.

Namun pada saat yang sama, pemerintah Inggris bersiap-siap menghabiskan puluhan juta uang pembayar pajak untuk acara gemerlap yang merayakan satu orang yang sangat, sangat kaya: Raja Charles III.

3 dari 5 halaman

Perkiraan Biaya Penobatan Raja Charles III

Penobatan Raja Charles III, akhir pekan ini, akan menampilkan sebagian dari kekayaan luar biasa yang dikumpulkan monarki Inggris selama berabad-abad. Akan ada kereta emas, perhiasan tidak ternilai, dan pakaian desainer yang dibuat khusus dengan harga lebih mahal daripada yang dihasilkan kebanyakan orang dalam beberapa bulan.

Pemerintah negara itu telah menolak menyebutkan biaya penobatan raja baru, namun media Inggris memperkirakan pengeluarannya berkisar antara 50 juta hingga lebih dari 100 juta poundsterling (sekitar Rp918 miliar--Rp1,8 triliun).

"Saya sedikit royalis dan saya suka keluarga kerajaan (Inggris). Tapi, saya pikir mereka belum benar-benar membaca situasi terkini. Banyak dari itu (biaya penobatan) seharusnya berasal dari kantong mereka sendiri daripada pembayar pajak. Saya pikir itu seharusnya sedikit dilunakkan," kata Laura Billington, seorang guru di sebuah sekolah di kota itu.

Ia telah melihat dampak krisis biaya hidup terhadap murid-muridnya. Banyak yang datang ke sekolah tanpa peralatan paling dasar, seperti pulpen dan pensil. Ia juga memperhatikan lebih banyak masalah perilaku dan konsentrasi.

"Saya tidak pernah tahu siswa bersikap apatis terhadap pembelajaran, apakah itu karena mereka lelah atau lapar karena hanya mendapatkan makanan di sekolah dan hanya itu yang akan mereka makan hari ini," katanya.

Billington juga merasakan kesulitan. Tagihannya naik dan gajinya tidak naik sejalan dengan inflasi. Di seluruh Inggris Raya, upah riil termasuk bonus turun tiga persen dalam tiga bulan hingga Februari 2023, menurut Kantor Statistik Nasional. Itu salah satu penurunan terbesar sejak pencatatan dimulai pada 2001.

4 dari 5 halaman

Pekerjaan Ekstra yang Tidak Dibayar

Billington adalah perwakilan serikat pekerja di sekolahnya dan seperti ratusan ribu rekannya, ia mogok karena nominal gaji dalam beberapa bulan terakhir. Ia mengatakan bahwa anggaran sekolah yang membengkak berarti guru menghadapi beban kerja yang semakin tidak terkendali.

Ia bekerja penuh waktu, menghabiskan 22 jam seminggu di kelas. Ia diberi waktu kurang dari tiga jam seminggu untuk persiapan, perencanaan, dan penilaian, yang menurutnya tidak cukup. Karena sisa beban kerjanya, termasuk rapat, waktu tutor, tugas setelah sekolah, dan sebagainya, ia akhirnya membawa sebagian besar pekerjaan persiapannya ke rumah.

Ia memperkirakan pekerjaan ekstra ini tidak dibayar, berjumlah kira-kira 15 jam seminggu. Minggu terakhir ini, ia akan menghabiskan sebagian besar hari mengurusi penilaian materi sejarah. Billington adalah seorang guru bahasa Prancis. Ia hanya mengajar sejarah karena ada kekurangan staf.

"Yang ingin saya lakukan hanyalah menjadi seorang guru," katanya. "Jika bukan karena murid-murid saya, saya pikir saya mungkin akan belajar mengajar sejak beberapa waktu lalu."

Inggris telah dilanda gelombang besar pemogokan dalam beberapa bulan terakhir, dengan perawat, dokter junior, bidan, petugas kesehatan, staf universitas, masinis kereta api, dan pegawai negeri, termasuk staf yang memeriksa paspor di bandara, keluar karena perselisihan gaji.

Sebagian besar pekerja sektor publik telah ditawari kenaikan gaji sebesar empat atau lima persen untuk tahun keuangan saat ini, yang secara signifikan lebih rendah dari tingkat inflasi tahunan yang berada di atas 10 persen selama tujuh bulan berturut-turut.

Penggemar kerajaan sering berargumen bahwa monarki menawarkan nilai bagus bagi pembayar pajak Inggris karena meningkatkan pariwisata dan pengeluaran konsumen, terutama selama acara-acara besar. Tapi, dengan tiga acara kerajaan besar: Platinum Jubilee, pemakaman Ratu, dan penobatan Raja Charles, berlangsung kurang dari setahun, tagihan bertambah.

5 dari 5 halaman

Apakah Pantas Penobatan Raja Charles III Pakai Dana Publik?

Dengan sebagian besar warga negara menderita, banyak yang sekarang mempertanyakan apakah pantas untuk mengadakan tontonan kerajaan yang didanai publik, terutama karena Inggris adalah satu-satunya monarki Eropa yang masih memiliki penobatan.

"Yang perlu diingat bahwa penobatan adalah acara kenegaraan dan itu berarti harus dibayar negara," kata Craig Prescott, seorang ahli hukum tata negara Inggris dan dosen Universitas Bangor. "Sampai batas tertentu, Raja tidak punya pilihan. Harapannya selalu bahwa kami akan memiliki penobatan raja baru."

Billington, sang guru, menambahkan, "Saya merasa kasihan pada Raja karena ia telah menunggu puluhan tahun untuk hal ini terjadi dan sekarang, di usia 70-an, ia akhirnya jadi Raja dan tiba-tiba penobatannya berada di tengah-tengah krisis biaya hidup, yang bukan salahnya."

"Tapi pada saat yang sama, ia memang memiliki semua perkebunan itu, ia memang memiliki semua uang yang berasal dari perkebunan, tidak bisakah ia mengatakan, 'Benar, sebagai keluarga kerajaan, kami akan membayar setengah dari tagihan. daripada itu berasal dari dana publik,'" katanya.

Sebagai penguasa saat ini, Charles memiliki Crown Estate senilai 16,5 miliar poundsterling, portofolio properti dan investasi yang mencakup banyak bangunan di pusat kota London, ladang angin lepas pantai, dan lahan pertanian.

Tapi, meski Raja secara teknis adalah pemilik perkebunan, itu bukan milik pribadinya. Ia tidak tahu bagaimana pengelolaannya dan pasti tidak bisa menjualnya. Di bawah pengaturan sejak tahun 1760, Raja menyerahkan semua keuntungan dari perkebunan pada pemerintah dengan imbalan sebagian, yang disebut Hibah Berdaulat.

Hibah tersebut pada dasarnya adalah rekening pengeluaran Raja, yang mencakup barang-barang seperti biaya perjalanan, staf, dan rumah tangga. Pada 2017, tunjangan dinaikkan dari 15 persen jadi 25 persen dari keuntungan selama 10 tahun berikutnya untuk menutupi biaya perbaikan di Istana Buckingham. Itu ditetapkan sebesar  86,3 juta pounsterling untuk tahun keuangan ini, sama dengan tahun sebelumnya.

Sumber utama pendapatan Raja lain adalah Kadipaten Lancaster, sebuah perkebunan pribadi yang dibangun pada 1265 dan bernilai 653 juta pounsterling. Pada tahun keuangan terbaru, kadipaten menghasilkan pendapatan 24 juta pounsterling untuk Raja.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat