uefau17.com

Alasan di Balik Jubah Dipakai Saat Penobatan, Raja Charles III Kenakan yang Mana? - Lifestyle

, Jakarta - Penobatan Raja Charles III bakal diselenggarakan pada Sabtu, 6 Mei 2023 di Westminster Abbey, London, Inggris. Momen penobatan Raja Charles III juga akan diwarnai dengan penggunaan jubah.

Dikutip dari The Sun, Rabu (26/4/2023), jubah dikenakan oleh bangsawan kerajaan Inggris di penobatan sebagai simbol otoritas. Jubah ini sering menampilkan kain yang berkualitas baik dan desain yang rumit.

Untuk setiap bagian upacara, jubah yang berbeda akan dikenakan. Ada total enam jubah dengan masing-masing memainkan peran berbeda dalam penobatan.

Jubah tersebut meliputi:

The Robe Of State

The Robe of State atau juga dikenal sebagai Parliament Robe, adalah jubah panjang yang dikenakan oleh raja Inggris ketika mereka memasuki Westminster Abbey. Secara tradisional, jubah ini terdiri dari jubah cerpelai berekor panjang yang terbuat dari beludru merah tua. Jubah panjang menghadirkan renda emas dan disulam dengan emas.

The Colbium Sindonis

Selama bagian pengolesan saat upacara, raja dilucuti dari semua simbol status yang terkenal dan mengenakan Colobium Sindonis. Berbeda dengan Robe of State, jubah ini adalah jubah linen putih sederhana tanpa lengan. Itu melambangkan pelepasan diri dari semua kesombongan duniawi, untuk berdiri terbuka di hadapan Tuhan.

The Supertunica Coronation

Jubah Supertunica dikenakan di atas Colobium Sindonis selama pentahbisan. Jubahnya adalah jubah panjang dari sutra emas dan lengan lebar yang dihiasi dengan renda emas. Itu diikat dengan gesper emas yang dihiasi dengan mawar, onak dan shamrock. Jubah ini telah dipakai oleh Raja George V, Raja George VI dan Ratu Elizabeth II.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

The Stole Royal Robe

Jubah Stole Royal ditempatkan di atas jubah Supertunica selama bagian penobatan dari upacara penobatan. Jubah berhubungan dengan jubah imam. Stole ini baru dibuat untuk mendiang Ratu pada 1953 dan dipersembahkan oleh Worshipful Company of Girdlers.

The Robe Royal

Robe Royal dikenakan oleh raja Inggris saat mereka dimahkotai pada penobatan mereka. Jubah ini dikenakan tepat sebelum raja diberikan Orb, Cincin, dan Tongkat Kerajaan.

"Dikenakan pada saat penobatan, jubah ini dibordir dengan simbol nasional dan elang kekaisaran yang dibuat dari benang perak menghiasi sudut perapian empat persegi ini. Robe Royal berperan sebagai imam: salah satu sifat ilahi kerajaan," kata Historic UK.

The Imperial Robe

Raja yang dimahkotai kemudian mengenakan Imperial Robe, atau dikenal sebagai Robe of Estate setelah mereka dimahkotai. Jubahnya adalah jubah beludru sutra ungu seberat 15lb (2,2 kg), 6,5 meter yang hiasi dengan cerpelai Kanada dan termasuk jubah cerpelai yang mewah.

Menurut Royal Collection Trust, Robe of Estate milik Ratu Elizabeth II memiliki perbatasan telinga gandum dan cabang zaitun, melambangkan kedamaian dan kelimpahan. Dilaporkan butuh 3.500 jam untuk menyelesaikannya dan dibordir oleh Royal School of Needlework.

3 dari 4 halaman

Sovereign's Ring dan Penggunaannya di Penobatan Raja Charles III

Sovereign's Ring adalah simbol penting dari penobatan raja. Sovereign's Ring sendiri merupakan bagian dari Crown Jewels.

Cincin ini adalah salah satu barang yang digunakan selama upacara penobatan bersama dengan Orb dan Tongkat Kerajaan dan Mahkota: Kerajaan Negara dan St Edward. Cincin itu berisi safir segi delapan yang dilapisi dengan rubi berpotongan persegi.

Cincin tersebut juga ditempatkan bersama dalam pengaturan strip emas untuk membentuk salib, dengan batas 14 berlian berbentuk bantal dan berlian di setiap bahu.

Cincin itu adalah simbol martabat raja dan mewakili pernikahan penguasa dengan bangsa. Cincin itu pertama kali dibuat untuk Penobatan Raja William IV pada 1831. Hingga abad ke-20, setiap raja memiliki cincin yang baru dibuat.

William IV mewariskan cincin penobatan ini kepada jandanya, Ratu Adelaide, yang kemudian memberikannya kepada Ratu Victoria, bersama dengan cincin permaisurinya. Ratu Victoria meninggalkan keduanya dan cincin penobatannya sendiri ke Mahkota pada 1901. 

4 dari 4 halaman

Bagian dari Penobatan

Ketiga benda tersebut disimpan di Menara London, bersama Permata Mahkota lainnya, oleh George V pada Maret 1919. Semua penguasa dari Edward VII dan seterusnya telah menggunakan cincin William IV pada penobatan mereka.

Uskup Agung Canterbury akan menempatkan cincin itu di jari keempat Raja Charles III selama upacara penobatan. Penyerahan cincin merupakan bagian dari penobatan, yang didahului dengan pengolesan dengan minyak suci dan diikuti dengan penobatan itu sendiri.

Selama upacara penobatan mendiang Ratu pada 1953, Uskup Agung Canterbury melangkah maju dan memasang cincin di jari keempat tangan kanannya.

Dikutip dari The Court Jeweller, cincin penobatan kadang-kadang disebut "cincin kawin Inggris". Sejarawan Anna Keay mencatat, "Ketika ditanya tentang kegagalannya untuk memiliki seorang suami, Elizabeth I menunjuk ke cincin penobatannya dan berkata bahwa dia menikah dengan kerajaan Inggris."

Selama berabad-abad, cincin penobatan baru dibuat untuk dipakai dan disimpan oleh setiap penguasa sebagai milik pribadi. Hanya sedikit cincin tua yang masih bertahan, meski banyak yang percaya cincin ini digunakan oleh Raja Charles II pada 1661.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat