uefau17.com

Cerita Kelahiran Badak Putih Afrika di Taman Safari Bogor yang Diberi Nama Ramadani Jumat Agung - Lifestyle

, Jakarta - Belum lama ini Kebun Binatang Taman Safari Bogor kedatangan penghuni baru, seekor badak putih Afrika yang diberi nama Ramadhani Jumat Agung. Kabar tersebut diketahui lewat akun Instagram resmi Taman Safari Bogor.

"Hai Sahabat Satwa... Taman Safari Bogor punya penghuni baru namanya Ramadhani Jumat Agung (Raja). Badak Putih Afrika (Ceratotherium simum) ini lahir pada Jumat (7/4/2023) sekitar pukul 19:59 WIB. Kelahiran Ramadhani ini tentu menjadi berkah dan kejutan bagi masyarakat Indonesia karena badak merupakan salah satu jenis satwa yang langka dan dilindungi," tulis akun tersebut dikutip Kamis (20/4/2023).

Diketahui Ramadani Jumat Agung adalah hasil perkawinan indukan Badak Putih Afrika bernama Juma yang usianya 20 tahun dan indukan jantan bernama Merdeka yang usianya pun sudah 20 tahun. Dalam video reels singkat yang diunggah terlihat bagaimana tingkah pola bayi yang disebut sudah bisa meniru induknya.

Disebutkan bahwa badak putih Afrika termasuk hewan yang dilindungi. Jumlahnya sendiri menurut Head of Medical Animal TSI, Bongot Huaso Mulia total ada 11 ekor yang dirawat Taman Safari Group, sementara di Taman Safari Bogor jumlahnya ada 6 ekor. 

"Lahir 19.59, setelah merekan dari pukul 19.00. Badak berdiri sekitar 1 jam selanjutnya langsung menyusu," ungkap Bongot yang juga seorang dokter hewan saat bercerita tentang kelahiran bayi badak putih Afrika melalui wawancara tertulis dengan , Kamis (20/4/2023).  

Badak putih menghabiskan waktu sekitar 16--18 bulan mengandung. Ia menyebutkan, nama yang unik dari bayi badak putih Afrika ternyata idenya berasal dari Pembina YABI Letjen Purn Dodil Wijanarko. "Bayi badak putih Afrika masih dirawat intensif oleh induk dan akan bisa dilihat 1 bulan lagi," sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Warganet Gemas dengan Bayi Badak Putih Afrika

Disebutkan Ibu Chuma, sang induk akan merawatnya hingga satu tahun sehinga para pengunjung bisa segera melihatnya. Tentu banyak yang penasaran dan ingin melihat langsung tingkah lucu Ramadhani di Taman Safari Bogor.

Tak sedikit warganet yang merasa gemas dengan kelucuan badak putih Afrika yang belum lama lahir tersebut. Mereka pun menuliskan berbagai komentar.

"Gemessshh nyaaaa....makasih ya ibu chuma sudah berjuang mengandung & melahirkan...semoga sehat" ya kalian berdua...," tulis warganet.

"Raja ini boy or girl? hebat sekali taman safari bs membantu dan lestarika perkembangan populasi hewan terancam punah ini," komentar yang lain.

"Selamat yah mamah badak putih, selamat jg buat taman safari Bogor," sambung warganet lagi.

"Beberapa tahun lalu sempat dengar kabar badak putih di Afrika terakhir mati dan diumumkan kepunahannya, sedih,,, tapi setelah tahu di sini ada jadi seneng lagi. Percisnya nggak tahu apakah spesiesnya sama atau tidak, tapi dari judulnya badak putih saja langsung seneng," ungkap warganet. 

 

3 dari 4 halaman

Komitmen Pelestarian Badak di Indonesia

Mengutip dari kanal News , 9 April 2023, Ketua Dewan Pembina Yayasan Badak Indonesia (YABI), Letjen TNI (Purn) Dodik Widjanarko, sempat menegaskan komitmen YABI untuk dukungan penuh Taman Safari Bogor agar terus melestarikan ekosistem dan populasi badak di Indonesia.

"Ini menjadi berita besar bagi Indonesia karena populasi badak di Indonesia saat ini juga masuk dalam kategori rawan kepunahan. Dan tiga bulan mendatang ada kabar baik lagi, Badak Sumatera di Waykambas akan lahir lagi. Kini usia kandungannya sudah hampir mendekati masa lahir," paparnya saat itu.

"Kami berharap kecintaan masyarakat Indonesia terhadap badak terus meningkat. Kami mengharap dukungan penuh dari pemerintah dan masyarakat agar terus mendukung upaya pelestarian Badak, khususnya Badak Sumatera dan Badak Jawa," sebut Ketua Umum YABI yang juga Founder Taman Safari Bogor, Jansen Manansang.

Jansen menyambung, komitmen Taman Safari Bogor dalam melestarikan dan menjaga populasi Badak Putih terus dilakukan dengan berbagai cara. "Kami siapkan beberapa strategi selain perkawinan alami. Ini kami lakukan untuk terus mempertahankan populasi badak di Tanah Air agar anak cucu kita bisa melihat bagaimana wujud dan bentuk satwa badak ini turun-temurun," tegas Jansens.

 

4 dari 4 halaman

Badak Putih untuk Menghormati Ratu Inggris

Adapun mengutip laman Global , 15 Maret 2022, Cotswold Wildlife Park atau Taman Margasatwa Cotswold di Burford, Inggris, menamai seekor badak putih yang baru lahir bernama Queenie untuk menghormati Ratu Elizabeth II yang saat itu masih ada.

Mengutip Upi.com, nama itu diberikan kepada bayi badak putih dalam perayaan Platinum Jubilee sang Ratu Inggris sekaligus menandai tahun ke-70 di atas takhta Inggris.  Queenie lahir dari induk bernama Monty dan Nancy, yang juga melahirkan empat bayi badak lainnya. Dia merupakan anak badak putih kesembilan yang lahir di taman tersebut.

"Kami merasa sangat beruntung memiliki bayi badak betina lagi, yang merupakan bayi betina kelima kami berturut-turut. Semua badak di sini dinamai menurut orang-orang yang sangat istimewa dan saya pikir semua orang setuju bahwa 2022 akan selalu istimewa karena Platinum Jubilee Ratu Elizabeth II, " Direktur Pelaksana Taman Margasatwa Cotswold, Reggie Heyworth mengatakan.

"Kupikir mungkin agak lancang untuk memanggil bayi baru kita Elizabeth, jadi aku malah membaptisnya sebagai Queenie. Kurasa itu nama yang sempurna untuk badak betina muda!" dia melanjutkan.

Taman Inggris itu juga merilis video Queenie setelah dia dibebaskan dari kandang untuk pertama kalinya.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat