uefau17.com

3 Resep Kue Chiffon Lembut untuk Pemula, Bisa Jadi Hampers Lebaran - Lifestyle

, Jakarta - Hitung mundur kembali bersua Idul Fitri makin mendekati akhir. Di antara persiapannya, Anda mungkin ingin berbagi kebahagiaan menyambut Hari Raya dengan menyiapkan hampers Lebaran berupa kue untuk teman maupun kerabat. Jika ingin resep ramah pemula, namun rasanya tetap enak, jangan sampai Anda melewatkan kue chiffon.

Sebagaimana diketahui, kue ini memiliki tekstur lembut cenderung meleleh di dalam mulut. Varian resepnya juga cukup banyak, karena sajian tersebut bisa dengan mudah dikombinasikan dengan berbagai bahan. Di samping, Anda pun bisa membuatnya dalam versi mini, supaya lebih mudah dikemas sebagai hampers Lebaran.

Bahan-bahan yang dibutuhkan sebenarnya sama dengan kue pada umumnya. Tanpa berlama-lama lagi, langsung catat resep kue chiffon untuk pemula yang bisa jadi hampers Lebaran berikut, seperti dikutip Sabtu, 8 April 2023.

Kue Chiffon

Bahan adonan putih telur:

5 butir putih telur

80 gram gula bubuk

1/4 sdt garam

Bahan adonan kuning telur:

5 butir kuning telur

30 gram gula bubuk

65 ml santan kental

75 ml minyak canola

40 ml ekstrak pandan

1/2 sdt vanilla esens

120 gram tepung terigu

Bahan ekstrak pandan:

20 lembar daun pandan

200 ml air

 

Langkah Pembuatan Kue Chiffon

  1. Buat ekstrak pandan: blender daun pandan dan air, lalu saring. Diamkan air endapan di kulkas selama satu hari, lalu pisahkan air beningnya. Ambil endapannya untuk ekstrak pandan asli.
  2. Panaskan oven di suhu 160 derajat celcius.
  3. Buat adonan kuning: kocok kuning telur dan gula hingga mengental dan pucat. Masukkan santan kental, ekstrak pandan, dan minyak canola, aduk rata. Masukkan tepung terigu yang sudah diayak, lalu aduk perlahan.
  4. Buat adonan putih telur: kocok putih telur hingga kaku mengembang, lalu masukkan gula dengan bertahap. Kocok sebentar hingga mengkilap.
  5. Masukkan adonan tersebut ke adonan kuning telur bertahap. Lalu, aduk balik dengan spatula hingga cukup rata. Tuang adonan ke loyang.
  6. Masukkan ke oven dan panggang hingga matang selama 50 menit.
  7. Keluarkan dari oven setelah matang, langsung telungkupkan agar kue tidak kempes saat dingin. Pastikan dingin sebelum dikemas jadi hampers Lebaran.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kue Chiffon Keju untuk Pemula

Resep kreasi pengguna Cookpad @a11264 ini membutuhkan bahan-bahan:

Bahan A:

100 gram tepung

4 butir kuning telur

1/4 sdt baking powder

2 sdm susu bubuk full cream, larutkan jadi 90 ml

60 ml minyak goreng

1/2 sdt parutan kulit lemon

Bahan B:

4 butir putih telur

100 gram gula pasir

1 sdm air lemon

Bahan C:

50 gram keju

 

Langkah Pembuatan Kue Chiffon Keju untuk Pemula

  1. Bagi dua keju: separuh dipotong dadu, sisanya diparut halus.
  2. Kerjakan bahan A: campur kuning telur, minyak, susu, tepung, dan BP, aduk dengan spatula sampai jadi seperti pasta. Masukkan parutan keju dan parutan lemon ke dalam adonan.
  3. Pada wadah lain, kerjakan bahan B: kocok dengan mixer mulai kecepatan rendah ke kecepatan tinggi campuran putih telur dan air jeruk sampai berbusa.
  4. Setelah adonan putih telur mengental, masukkan gula pasir dalam tiga tahap sambil dikocok terus sampai soft peak (kalau wadah dimiringkan, adonan tidak mengalir).
  5. Campurkan adonan putih telur ke dalam adonan kuning telur dalam tiga tahap. Setiap tahap, aduk balik pakai spatula sampai rata. Terakhir, masukkan keju yang dipotong dadu dan ratakan.
  6. Tuang adonan ke loyang. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya selama kurang lebih 30 menit. Lakukan tes tusuk sebelum diangkat.
  7. Setelah matang, keluarkan dari oven dan segera kurapkan di atas botol agar kue tidak kempis. Setelah dingin, keluarkan dari loyang, lalu kemas sebagai hampers Lebaran.
3 dari 3 halaman

Kue Chiffon Mini Pandan Ketan Hitam

Resep kreasi pengguna Cookpad @jessica_ecy ini membutuhkan bahan-bahan:

Bahan pandan:

2 butir kuning telur

15 gram gula pasir

1/8 sdt garam

43 gram santan instan

25 ml minyak sayur

50 gram tepung terigu protein rendah

2 sdm ekstrak pandan

Bahan ketan hitam:

2 butir kuning telur

15 gram gula pasir

1/8 sdt garam

43 gram santan instan

25 ml minyak sayur

32 gram tepung ketan hitam

18 gram tepung protein rendah

Bahan lain:

4 butir telur, ambil putihnya saja

85 gram gula pasir

1 sdm air jeruk nipis/lemon

 

Langkah Pembuatan Kue Chiffon Mini Pandan Ketan Hitam

  1. Bahan pandan: mixer kuning telur, gula, dan garam sampai pucat. Masukkan santan, minyak sayur, dan ekstrak pandan, aduk merata. Masukkan tepung terigu bagi jadi dua tahap, aduk merata jangan sampai ada yang bergerindil. Sisihkan.
  2. Bahan ketan hitam: mixer kuning telur, gula pasir, dan garam sampai pucat. Masukkan santan dan minyak sayur, aduk merata. Tambahkan tepung ketan hitam dan tepung terigu yang sudah diayak, aduk merata. Sisihkan.
  3. Panaskan oven suhu 180 derajat celcius api atas bawah selama 15 menit bersama loyang.
  4. Kocok putih telur sampai berbusa. Masukkan perasan air jeruk nipis atau lemon. Lalu, masukkan gula pasir secara bertahap. Kocok sampai soft peak.
  5. Bagi dua sama rata. Satu bagian masukkan bertahap ke adonan bahan pandan, aduk merata, sisihkan. Lakukan juga ke adonan bahan ketan
  6. Keluarkan loyang chiffon dari oven. Tuang adonan pandan dan ketan hitam secara bergantian membentuk motif sesuai selera. Hentakkan supaya tidak ada gelembung udara yang terjebak di dalam adonan.
  7. Panggang kue selama 15 menit dengan suhu 180 derajat celius. Lalu,  turunkan suhu oven jadi 150 derajat celcius selama 15 menit. Tes tusuk.
  8. Setelah matang, keluarkan dari oven dan langsung balikkan loyang. Biarkan sampai chiffon dingin suhu ruang sebelum dilepaskan dari loyang dan dikemas sebagai hampers Lebaran.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat