uefau17.com

Berat Badan Naik 3 Kg, Simak 9 Menu Diet Rossa untuk Capai Bobot Ideal Lagi - Lifestyle

, Jakarta - Rossa termasuk penyanyi yang sudah puluhan tahun berkiprah di dunia tarik suara. Hingga kini, penyanyi kelahiran 44 tahun lalu ini pun konsisten menghasilkan karya musik yang juga hits hingga mancanegara.

Seperti banyak figur publik, penampilan ideal juga menyita perhatian diva asal Sumedang itu. Melalui media sosial, Rossa diketahui sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badannya.

Lewat unggahan di Instagram Stories, pemilik nama lengkap Sri Rossa Roslaina Handiyani ini mengaku berat badannya naik hingga tiga kilogram. Meski tak banyak, ia memutuskan untuk berdiet sesuai pengawasan dari dokter gizi.

"Naik tiga kilo aja, tapi jadinya makannya harus diatur, padahal aku paling nggak bisa kalau makan diatur," ungkap Rossa dalam salah satu unggahannya, Jumat, 3 Februari 2023. Rossa juga menunjukkan daftar sejumlah menu diet yang harus ia konsumsi sehari-hari.

Menu dietnya juga cukup simpel, terdiri dari sejumlah makanan berbahan alami. Selain itu, untuk memasak sejumlah menu dietnya tersebut, Rossa mengaku juga harus pakai minyak rendah kalori, seperti minyak zaitun, agar lebih menyehatkan dan berat badannya cepat turun.

Lantas, apa saja yang biasa dikonsumsi wanita asal Sumedang, Jawa Barat, ini saat diet? Berikut sembilan menu diet Rossa agar mencapai berat badan ideal lagi yang dilansir dari akun Instagram miliknya dan beberapa sumber lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Nasi merah

Selama menjalankan dietnya kali ini, Rossa dianjurkan untuk menghindari nasi putih. Salah satu alternatif pengganti nasi putih adalah nasi merah yang memang biasa dikonsumsi mereka yang menjalani diet. Dilansir dari fitelo.co, nasi merah kaya akan serat dan mengenyangkan, makanya bagus dikonsumsi saat diet untuk menurunkan berat badan.

2. Nasi shirataki

Jika tak ada nasi merah, Rossa pun bisa menggantinya dengan nasi shirataki. Dilansir dari indianexpress.com, nasi shirataki juga tak kalah bagus buat diet. Pasalnya, jenis nasi ini sangat rendah kadar glikemik dan kalorinya. Selain cocok buat diet, nasi shirataki juga bisa mencegah dan mengatasi penyakit diabetes.

3. Kentang

Ada lagi pengganti nasi yang biasa dikonsumsi Rossa, yakni kentang. Ia biasanya menyantap kentang untuk menu makan siang sebanyak satu buah lengkap dengan kulitnya.  Kentang kaya akan potassium yang bisa mencegah retensi atau penumpukan air berlebih di dalam tubuh.

Retensi air ini bisa bikin berat badan seseorang naik. Di samping itu, kentang memiliki nutrisi lainnya yang tak kalah bermanfaat untuk diet. Contohnya ada vitamin C, serat, protein, dan karbohidrat kompleks.

4. Daging sapi

Meski menjalani program diet, bukan berarti tidak makan daging. Rossa juga kerap mengonsumsi daging sapi. Namun, daging sapi yang ia konsumsi jenisnya harus rendah lemak sehingga berat badannya bisa lebih mudah turun. Daging sapi rendah lemak kaya akan protein yang efektif membantu kembalikan berat badan lebih ideal.

 

3 dari 4 halaman

5. Daging Ayam

Rossa juga punya sejumlah sumber protein yang bisa jadi alternatif lauk pendamping nasi maupun kentangnya. Salah satunya ada daging ayam tanpa kulit, terutama bagian dada.

Dilansir dari healthline.com, daging ayam mengandung protein yang tinggi, sehingga bisa bikin kenyang lebih lama, menurunkan berat badan secara alami, sampai meningkatkan massa otot. Dada ayam mengandung kalori sehat yang menguntungkan untuk diet. 80 persen kalori dada ayam berasal dari protein, sedangkan 20 persen berasal dari lemak.

6. Ikan

Ikan juga kerap jadi menu lauk Rossa sehari-hari. Rossa tak punya pantangan jenis ikan tertentu, sehingga ia bebas memilihnya. Meski begitu, ibu satu anak ini tetap memperhatikan cara memasak daging ikannya agar tetap sehat dan tidak menambah kalori lebih banyak. Penelitian menunjukkan orang yang rajin makan ikan selama delapan minggu menunjukkan hasil maksimal soal penurunan berat badan dibanding mereka yang tidak mengonsumsinya.

7. Tahu dan tempe

Tak selalu dari daging hewani, Rossa juga dapat mengonsumsi sumber protein nabati. Salah satu protein nabati andalan Rossa adalah tahu. Tahu punya kalori yang rendah, protein yang tinggi, dan sejumlah kalsium hingga mangan yang bisa bantu turunkan berat badan. Mengonsumsi tahu bahkan disebut-sebut lebih efektif untuk turunkan berat badan dibanding daging hewani.

Tempe juga jadi sumber protein nabati pilihan Rossa buat diet. Tempe kaya akan protein, serat, dan aneka vitamin yang bisa bikin perut kenyang lebih lama, mempercepat proses penurunan berat badan, sampai menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

4 dari 4 halaman

8. Sayuran

Rossa juga rutin makan sayur setiap harinya, terutama saat makan siang. Jenis sayurannya pun beragam, sehingga ia bisa memilih aneka jenis sayur untuk dikonsumsi setiap hari.

Sayuran sangat rendah kalori, tapi punya serat yang tinggi, sehingga bagus dikonsumsi saat diet untuk menurunkan berat badan. Sayuran juga dikategorikan sebagai makanan paling sehat karena bisa mencegah inflamasi pada tubuh, meningkatkan imunitas, mencegah dehidrasi, menjaga kesehatan jantung, dan masih banyak lagi.

9. Buah-buahan

Buah-buahan juga jadi menu wajib Rossa setiap hari. Ia biasanya makan buah-buahan buat sarapan atau sekadar mengisi perut untuk camilan.  Buah-buahan kaya akan antioksidan, mineral, serat, dan nutrisi lainnya untuk bantu membakar lemak perut dan menurunkan berat badan.

Beberapa jenis buah-buahan, seperti strawberry, raspberry, dan blueberry, mengandung tingkat rendah kalori dan kadar gula yang rendah, sehingga dapat membantu dalam mengontrol berat badan. Buah-buahan juga mengandung serat yang dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat