uefau17.com

Kisah Pasutri Sulap Bekas Gudang Jadi Rumah Idaman Berkonsep Modern Minimalis - Lifestyle

, Jakarta - Setiap orang memiliki gambaran tentang rumah idaman masing-masing. Tapi, cara mewujudkannya bermacam-macam, termasuk pasangan suami istri yang berhasil merenovasi bangunan bekas gudang menjadi hunian cantik.

Rumah itu hanya berukuran lahan 6x7 meter persegi dengan luas bangunan 80 meter persegi. Meski lahannya sempit, rumah berkonsep modern minimalis itu memiliki banyak ruang fungsional, dari ruang tamu, dapur, bahkan sampai tiga kamar tidur untuk ditempati empat anggota keluarga.

Kamar utamanya dibuat dengan ukuran 2,5 x 2,75 meter persegi yang ketika dibuka pintu luarnya langsung terhubung dengan balkon. Dini sang pemilik yang menyebut rumahnya sebagai Rumah Nunna menempatkan wallpaper agar tidak terlalu polos. 

Meski tampak kecil, pemiliknya bisa memasukkan kasur ukuran queen dan lemari dengan banyak storage. Rak sepatu rotan ditempatkan dekat tangga, di atasnya ditempatkan pajangan foto keluarga. 

Beranjak ke kamar kedua yang juga di lantai dua, ruang berukuran 3x1,7 meter persegi itu sedianya diperuntukkan untuk kamar anak keduanya. Tapi karena si anak masih bayi, kamar itu saat ini dimanfaatkan sebagai ruang serbaguna.

Dengan bentuk memanjang, jendela vertikal ditempatkan di kamar itu agar pencahayaan alami bisa masuk dengan leluasa. Kamar itu bisa tetap terang di siang hari tanpa lampu.

"Ini juga untuk sirkulasi udara keluar," kata Dini, dikutip dari YouTube Rizki Abadi, Sabtu, 7 Januari 2023. 

Kamar anak pertamanya juga berukuran sama dengan sebelumnya, yakni 3 x 1,7 meter persegi. Di dalamnya terdapat meja belajar dengan ranjang di atasnya. Sang pemilik memanfaatkan pijakan untuk tangga berbentuk dadu sebagai tempat menyimpan barang-barang.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sirkulasi Cahaya dan Udara

Masih di lantai 2 rumah, sang pemilik masih bisa menempatkan area balkon memanjang meskipun tidak besar. Pada dinding balkon diberi roster. Rosternya dipasang dengan besi, bukan beton untuk memberikan kekuatan pada bangunan.

"Tujuannya untuk sirkulasi udara ke rumah tapi dari luar juga nggak terlalu kelihatan," sambung pemiliknya.

Mengamati bagian atap, ternyata terdapat atap transparan untuk memberikan ruang bagi cahaya masuk ke dalam rumah. Tidak hanya satu, Dini menempatkan tiga sky light di lantai 2. "Soalnya saya suka rumah yang terang gitu," tukasnya lagi.

Ia juga berhati-hati memilih cat dinding. Agar terkesan lebih luas, ia memilih warna putih. Total di lantai 2 terdapat empat ruangan. Selain tiga tempat tidur, terdapat toilet yang juga merupakan kamar mandi dan laundry room yang memakai pintu geser dengan kayu solid.

Uniknya di bagian laundry room terdapat tangga besi dipasang di bagian dinding sebagai cara naik untuk membetulkan kipas AC. Rumah yang dibangun dengan bantuan jasa arsitek ini tampak rapi. 

3 dari 4 halaman

Tantangan Renovasi Rumah

Diungkapkan sang pemilik, tantangan dalam merenovasi bangunan lama tersebut adalah luas tanahnya yang kecil. Ia memutuskan memakai jasa arsitek agar ruangan yang dibutuhkan bisa maksimal pemanfaatannya. 

Pencahayaan alami sangat diperhatikan, dengan begitu rumah juga hemat listrik. Di dekat sky light ditempatkan lampu gantung dari rotan untuk dekorasi tampilan natural dan pencahayaan lampu saat malam.

Di bagian dinding dekat tangga terdapat hiasan dinding berupa foto keluarga. Sementara, dapur dan ruang makan diletakkan di area bawah lantai 1. Mereka menerapkan konsep open space alias tanpa sekat agar memberikan kesan luas.

Di sebelah kanan terdapat parkiran mobil, lalu area open kitchen yang menyatu dengan ruang makan dan ruang tamu sekaligus. Sang pemilik memanfaatkan ruang di bawah tangga untuk dapur tersebut dengan menempatkan kulkas yang tidak terlalu tinggi namun tetap dua pintu.

Sementara, kabinet dapur dipesan khusus agar bisa sesuai kapasitas ruangan di bawah tangga yang bentuknya tidak datar. Masih ada tempat penyimpanan yang memanfaatkan ruang di bawah tangga. 

Di dapur berbentuk L, pemiliknya memilih kompor yang kecil agar ruang untuk tempat mempersiapkan makanan punya tempat lebih luas. "Untuk masak sehari-hari cukup dan ternyata nyaman karena saat membuat dapur sudah diukur ruang untuk (area) jalannya," tambah Dini.

 

4 dari 4 halaman

Living Room

Di bagian living room, agar tidak polos sang pemilik menempatkan dinding kayu yang terdapat televisi. Kabinet tv dibuat melayang tanpa kaki yang saat ini tren untuk rumah minimalis.

Sebuah sofa bed ukuran sedang tanpa pegangan tangan ditempatkan di depannya yang dipesan khusus karena mereka tidak mendapatkan sofa yang pas sesuai besar ruangan. Di ruangan itu juga ditempatkan jendela besar yang memperlancar sirkulasi udara dan cahaya.

Jendela kaca besar itu ditempatkan di samping carport dan teras depan di sebelah ruang televisi. "Jadi karena lahannya memang kecil kan, kita pakai jendela-jendela," ucap Dini.

Alih-alih menggunakan gorden, pemiliknya menempatkan penutup jendela roller yang cukup mudah dibersihkan. Untuk pagarnya, ia menambahkan roster agar udara dan cahaya tetap masuk.

Meski mungil mereka punya carport berukuran 3x5 meter persegi yang juga memuat 1 motor. Adapun pintu garasinya dibuat bisa melengkung supaya tidak memakan banyak tempat dan bagian pagar masih bisa terlihat sehingga kesan rumah yang lega tetap didapat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat