uefau17.com

Turis Asing Ramai-Ramai Pindahkan Pohon Tumbang di Bali, Warga Lokal Hanya Merekam - Lifestyle

, Jakarta - Sejumlah turis asing tak hanya menikmati wisata di Indonesia, tapi juga peduli dengan lingkungan sekitarnya. Baru-baru ini beredar video tentang beberapa turis asing bergotong royong memindahkan pohon tumbang di Bali.

Dalam video diunggah Instagram @infobadung, Kamis, 5 Januari 2023, aksi itu berlangsung di Jalan Raya Tanah Ayu Sibanggede, Abiansemal, Denpasar, Bali, dan sempat viral di media sosial. Warganet memuji sikap positif para warga negara asing (WNA) itu.

BACA JUGA: VIDEO: Diduga akan Bekerja Ilegal di Jatim, Puluhan WNA China Digerebek Polisi di Banyuwangi

Aksi itu diketahui terjadi pada Senin, 2 Januari 2023. Pohon tersebut tumbang sampai menutupi badan jalan akibat diterpa angin kencang karena cuaca ekstrem di Bali.

Dalam video itu terlihat beberapa pria WNA turun dari sebuah minibus lalu mencoba memindahkan pohon tumbang tersebut dengan menariknya ke pinggiran, agar jalan bisa kembali dilintasi kendaraan. Beberapa dari mereka terlihat bertelanjang dada dan hanya memakai celana pendek.

Antusiasme dan semangat para pria WNA itu membuat warganet Indonesia merasa tersentuh dengan aksi yang mereka lakukan. Bukan itu saja, dalam unggahan video tersebut terdapat beberapa kritikan pedas warganet terhadap sejumlah warga lokal yang dianggap kurang punya rasa kepekaan dan kepedulian terhadap sekitarnya.

Seorang warga lokal terlihat hanya melintas begitu saja sambil mengendarai sepeda motor. Beberapa warga lokal lainnya justru asyik menonton tanpa turut membantu para turis asing tersebut.

"Action is power, keren bule-bule ini. Semoga warga kita lebih respect," komentar seorang warganet.  "Orang lokal sibuk bikin video, urat malunya udah putus," komentar warganet lainnya. "Sementara yang lokal lewat merekam hanya menonton," timpal warganet lainnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Aksi di Rinjani

Selain di Bali, aksi terpuji yang lebih heboh lagi juga dilakukan seorang pria asal Prancis di Nusa Tenggara Barat (NTB). Pria itu mengangkut sampah dari Gunung Rinjani di Lombok, NTB, dan berhasil menarik perhatian publik.

Hal itu diketahui dari unggahan di akun Instagram @benjaminortega dan akun Twitter @insidelombok_, Senin, 12 Juli 2021. Aksi tersebut dipelopori biro perjalanan @greenrinjani_ dan pria bernama Benjamin Ortega. Mereka membersihkan sampah agar dapat melihat gunung lebih bersih.

Berkat aksi tersebut, sejumlah sampah di Gunung Rinjani berhasil diangkut dan dibawa turun. Berdasarkan unggahan tersebut, keseluruhan kegiatan ini berlangsung dalam waktu 72 jam. "Berkat insiatif greenrinjani_ dan benjaminortega, 1,603 ton sampah berhasil diangkut dari Gunung Rinjani," cuit akun Twitter tersebut.

Sebelum beraksi, kedua pihak mengumpulkan dana untuk bisa membayar porter. Mereka mengumpulkan dana dengan menjual baguette, roti khas Prancis, secara online, dan berhasil terjual sebanyak 2,3 ribu roti. Dari hasil penjualan roti, mereka bisa membayar 50 orang porter.

3 dari 4 halaman

200 Kantong Sampah

Aksi ini juga bermaksud mengingatkan agar para pendaki tetap menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak meninggalkan sampah di gunung.  Aksi bersih-bersih yang mereka lakukan ini berlangsung selama tiga hari, dari 7--9 Juli 2021. Selama itu, mereka berhasil mengumpulkan 1,603 ton sampah yang dimasukkan dalam hampir 200 kantong sampah.

Benjamin tidak menyangka sampah yang diambilnya dan tim itu terkumpul dengan cepat sampai berkarung-karung.  Kebanyakan adalah sampah makanan, kemasan plastik makanan, dan botol plastik. Dia mengatakan, hanya ingin melihat Gunung Rinjani menjadi lebih bersih dan tidak ada sampah satu pun.

"Saya tidak pernah berpikir kami bisa mewujudkannya secepat ini, dan saya sangat berterima kasih kepada @greenrinjani_ yang berhasil menemukan 50 porter legendaris itu. Mereka yang merencanakan makanan, tiket taman nasional, dan asuransi untuk semua orang," tulisnya di Instagram. Benjamin juga sempat bertemu dengan pengelola Badan Taman Nasional (BTN) Gunung Rinjani untuk membicarakan kegiatan mereka dan membahas solusi tentang sampah di Gunung Rinjani di masa mendatang. 

4 dari 4 halaman

Respons Positif

Ia berjanji akan mengunggah video dokumenter yang lebih lengkap saat membersihkan sampah di Gunung Rinjani. Benni pun meminta agar para pendaki jangan pernah lagi membuang sampah sembarangan dan membawa sampah mereka ke bawah gunung.

Usai melaksanakan misi dengan sukses, Benni mengucapkan terima kasih pada para porter yang sangat membantu mereka. "Saya harap apa yang kami lakukan ini bisa bermanfaat. Yang pasti, misi ini adalah petualangan terbaik yang pernah saya alami seajuh ini," pungkas Benjamin.

Aksi pria Prancis bersama biro perjalanan itu pun menjadi perhatian warganet. Hampir semua merespons positif melalui kolom komentar. Ada juga yang menyinggung kenapa aksi itu tidak diprakarsai para pendaki lokal.

"Semoga penggiat wisata pecinta alam yg lain juga tergerak untuk membuat kegiatan serupa. Dan semoga kita punya budaya kebersihan adalah sebagian dari iman, aamiin," komentar seorang warganet.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat