uefau17.com

Momen Viral Serombongan Turis Asing Ikut Duduk dan Menyimak Khotbah Salat Iduladha di Canggu Bali - Lifestyle

, Jakarta - Pelaksanaan salat Iduladha di salah satu daerah di Bali viral di media sosial. Pasalnya, jemaahnya tidak hanya warga lokal saja, tetapi ada banyak warga negara asing (WNA) atau turis asing. Momen unik itu diduga terjadi di daerah Canggu, Kuta Utara, Bali.

Dalam video singkat yang beredar di media sosial, salah satunya di akun TikTok @ardsyahnc terlihat beberapa pria WNA duduk mengisi saf-saf salat.  "Party In Canggu No. Salat Id Adha In Canggu Yes," tulis akun tersebut, Senin, 17 Juni 2024.

Para pria WNA itu bahkan duduk bersila mendengarkan khotbah salat Iduladha di halaman masjid. Pakaian mereka juga rapi, memakai kemeja, kaus berkerah serta berelana panjang, dan ada juga yang terlihat memakai baju batik.

Setelahnya, para turis asing tersebut tampak bersalaman dengan jemaah lainnya dan warga sekitar. Tentu saja hal tersebut tampak unik karena cukup berbeda dari daerah lainnya di Indonesia.

Tak sedikit warganet yang menebak-nebak urusan apa yang sedang mereka lakukan di Canggu. Ada yang menduga bahwa mereka adalah mualaf dan menikah dengan wanita-wanita Bali.

Ada pula yang mengatakan jika mereka sama seperti turis lainnya yang sedang berlibur di daerah tersebut. Unggahan itu pun mendapat beragam komentar dari warganet.

"Ok mari kita upayakan sholat ied di canggu tahun depan,” komentar seorang warganet.

"Fix tahun depan sholatnya dsini aja, mana tau ada yg nyantol satu," kata wargabet lain.

"Beneran sebanyak itu bule muslim? ko gue belom dapet dapet," tulis yang lain.

"Kecakepan merekaa bertambah saat bawa sajadah. Tadi pagi lewat cuci mata bener," sebut yang lain.

"Ini namanya desa tibubeneng ya kak, nama temptnya lapangan desa tibubeneng, tibubeneng memang pemekaran dari desa canggu,” ujar warganet lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ulah Turis Asing di Bali

Aksi para WNA di Canggu itu setidaknya sedikit meredakan berbagai berita tak sedap seputar ulah tak terpuji sejumlah turis asing di Bali. Salah satunya yang terbaru, dua turis asing diduga bertanggung jawab atas kerusakan properti di sebuah hotel mewah di Pulau Dewata.

Di video yang dibagikan akun Instagram @hallo.denpasar, Senin, 17 Juni 2024, seorang pria asing terlihat berusaha menyelupkan kepalanya ke dalam wadah hiasan berisi air dan kelopak bunga.  "Oke celupkan wajahmu ke dalamnya," sebut perekam yang diduga seorang perempuan.

Tekanan tangan WNA itu membuat wadah tidak seimbang, sehingga isinya tumpah berantakan di lantai. "Oh," sahut pengambil gambar tersebut, sementara si pria asing mundur menjauh.  Akun Instagram itu menduga insiden itu terjadi di The Apurva Kempinski Bali.

"Apakah bule di Bali sudah separah ini???! Setiap hari melihat berita online tentang bule di Bali selalu hal yg jeleknya aja," tulis seorang pengguna. "5 star hotel … 0 star tourist," sindir yang lain.

 

 

3 dari 4 halaman

Turis Asing Belum Tentu Punya Duit

Ada pula yang berkomentar sarkas, "😂😂😂.... gpp..... bule is the king."  "Bule is a king. Padahal belum tentu punya duit," sahut pengguna berbeda. 

"Gak apa-apa selama dollar mau sentuh 17 ribu 😂," timpal warganet lainnya. Tidak sedikit pula yang mengimbau adanya ganti rugi yang tegas, supaya hal serupa tidak terjadi di masa depan.

"Disangka orang Bali baik-baik kali ya makanya mereka bisa seenaknya," menurut seorang pengguna Instagram. 

Masih dalam seminggu terakhir, sebuah rekaman CCTV yang dibagikan akun Instagram @niluhdjelantik pada 10 Juni 2024 menampilkan seorang pria WNA berbaju hitam berkeliling di dalam sebuah toko pakaian. Di video yang diambil di daerah Canggu, Bali tersebut, tampak dengan jelas ia mengambil sebuah kalung di atas meja pajangan dan memasukkannya ke dalam saku celana.

"SHARE SAMPAI KETANGKAP. BULE MALING WANTED !!!! Netizen kesayangan Mbok Niluh, let’s get back to work. Bagi yang mengetahui keberadaan manusia k*mpr*ttttt ini tolong WA Mbok Niluh di 087802345888 #LAPORNILUH Tega ya kamu maling. Kamu tahu bahwa staf harus ganti rugi dipotong gaji jika ada kehilangan ???? @polsek_kuta_utara @polresbadung_ @poldabali mohon atensi. Kriminalitas WNA sudah dalam tahap menger1kan," tulis Ni Luh Djelantik.

4 dari 4 halaman

WNA Mencuri di Toko Pakaian

Selain bukti CCTV, pelapor menceritakan kejadian tersebut berlangsung saat ia tengah pergi ke ruang stok untuk mengambil uang makan siang sekitar pukul 12.30--13.00 Wita. Setelah mendengar suara orang masuk, ia cepat-cepat ke depan dan mendapati si WNA sudah berada di dalam toko.

WNA tersebut berlagak hendak membeli baju dengan mencoba sekitar tujuh buah baju dan celana, kata pelapor. Selesai mencoba, pria tersebut tidak jadi membeli karena merasa pakaian tidak cocok. Ia pun langsung pergi dari toko.

Penjaga toko kemudian mengambil baju-baju yang dicoba si WNA di fitting room. Setelahnya, ia baru menyadari ternyata satu kemeja hitam hilang. Menurut keterangan pelapor, pria tersebut bukan hanya sekali ini saja ketahuan mencuri. Sebelumnya, ia dilaporkan mencuri dari sebuah toko di Berawa.

Sehari sebelum itu, yakni pada 9 Juni 2024, WNA diduga dari Inggris menerobos masuk Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, menggunakan sebuah truk dan membuat panik pengunjung. Ia akhirnya ditangkap petugas bandara.

Pria itu diketahui membawa truk curian, menabrak motor, lalu masuk ke dalam bandara. Kejadian itu diawali dengan aksi WNA mencuri sebuah truk yang sedang diparkir di sebuah toko di Raya Kerobokan, Kelurahan Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat