uefau17.com

Menginap sekaligus Berfoto Ria di Vila Berhiaskan Karya Visual Seniman Lokal - Lifestyle

, Jakarta - Kolaborasi lintas bidang tak jarang menghadirkan suguhan seru sekaligus menyegarkan. Salah satunya seperti yang terjalin antara Traveloka bersama dua seniman lokal, yakni Abenk Alter dan Arnis Muhammad dalam yang 'menyulap' vila dengan sentuhan karya visual.

Kamar tematik eksklusif ini menjadi bagian dari Traveloka Holiday Stay, sebuah layanan akomodasi di aplikasi tersebut. VP of Market Management Traveloka Accommodation and Xperience John Safenson menyebut layanan ini menawarkan fitur menarik, termasuk informasi secara lengkap.

"Informasi yang dibutuhkan sebelum pemesanan sangat lengkap bisa diketahui, lalu menyediakan fitur chat untuk menanyakan pengelola terkait akomodasi bisa chat, dan Discovery Mode, memberi kemudahan untuk memilih dan melihat harga sebelum pemesanan," kata John dalam bincang virtual, Selasa (11/10/2022).

John menambahkan, berdasarkan data riset Traveloka 2022, ada beberapa preferensi konsumen dalam memilih akomodasi, seperti kenyamanan properti sesuai dengan kebutuhan keluarga dan aksesibilitas. Selain itu, pertimbangan lain konsumen merujuk pada desain, harga, pengalaman, advokasi, hingga program loyalitas.

"Desain dari properti secara keseluruhan, kamar, dan fasilitas menjadi pertimbangan konsumen saat ini karena konsumen menikmati liburan dan menginap ingin selfie dan share foto di media sosial," lanjutnya soal kamar berhiaskan karya visual.

Ia juga menerangkan, pihaknya ingin memperkenalkan desain bersifat visual sekaligus mengapresiasi karya seni melalui kolaborasi ini. John menyebut pihaknya ingin menghadirkan pengalaman berbeda di sebuah akomodasi yang dapat dinikmati langsung oleh konsumen.

"Traveloka ingin mewujudkan support kepada bisnis pariwisata di Indonesia dan apresiasi kami pada para seniman muda dan mitra," ungkap John.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Vila di Bali

John menjelaskan tren staycation dan minat konsumen di Bali dan Bandung yang menjadi destinasi favorit dengan ragam pilihan properti. Hal tersebut dilihat dari kenaikan pemesanan sebesar dua kali lipat di Bandung dan tiga kali lipat di Bali pada kuartal III 2022 dibanding periode yang sama tahun lalu.

Adapun mitra dari Traveloka Holiday Stays adalah Sampatti Villas Seminyak, Bali dan Dago Heuvel, Bandung. Untuk kamar tematik eksklusif Sampatti Villa sendiri telah tersedia di Traveloka sejak 12 Agustus 2022 dengan karya visual persembahan seniman Abenk Alter.

"Sampatti Villas menampilkan eksklusif desain afternoon tea dan floating breakfast. Konsumen bisa lebih senang menikmati selama menginap. Tamu juga dapat buah tangah khusus yang kita siapkan, seperti tumbler," terang John.

Visual yang mendominasi ruangan yang dirancang Abenk Alter menggambarkan pasangan yang sedang berlibur dikelilingi elemen Bali dan lanskap Pulau Dewata sebagai latar belakang. Ada pula sentuhan matahari, pura, laut dan kolam renang dalam komposisinya menonjolkan suasana liburan yang bernuansa hangat.

"Inspirasinya sesimpel perjalanan ketemu Mas Komang (pihak Sampatti), jalan-jalan ke sana, ngobrol-ngobrol jadi banyak tahu siapa yang menginap, dan seperti apa energi. Cerita yang didapat, mencoba ditranslasi di visual dan infused nilai-nilai dari entitas yang berbeda prinsip dan identitasnya," kata Abenk Alter.

3 dari 4 halaman

Vila di Bandung

Sementara, kamar tematik eksklusif Dago Heuvel, Bandung telah tersedia di Traveloka sejak 15 September 2022 dengan karya visual persembahan seniman Arnis Muhammad. Kamar di akomodasi ini menyuguhkan sentuhan desain Arnis, termasuk kreasi ikonis khasnya, Lungkeefish.

Nuansa tersebut dikelilingi oleh tanaman hijau Bandung yang beriklim sejuk. Arnis tak hanya melukis mural dan mendesain aksen fasilitas dalam ruang kamar, tetapi juga menghadirkan sentuhan baru pada furnitur ruang tamu dan dapur.

"Inspirasinya dari sekitar Dago, saat datang jalan-jalan, keliling lihat area vila. Inspirasi karena visual, gambar pola-pola dari sekitar Dago dengan warna-warna tenang dan kalem," ungkap Arnis.

Seperti halnya di Sampatti Villas, konsumen yang menginap di kamar temarik di Dago Heuvel, Bandung juga akan mendapat merchandise berupa wearable art karya Arnis sebagai buah tangan.

"Tantangannya aku dapat kesempatan bikin dan aplikasikan karya aku ke bantal, tempat tidur, buat beberapa instalasi yang belum pernah bikin sebelumnya," tambah Arnis.

4 dari 4 halaman

Suguhan Berbeda

Kehadiran kamar tematik eksklusif ini merespons fenomena konsumen agar dapat menikmati liburan sebaik-baiknya dengan momen penting. "Konsumen dapat manfaat bukan hanya menginap, tapi dua properti menjadi ruang masuk menadapat ruang lebih besar dan diskon khusus," terang John.

Ia menambahkan, "Manfaat-manfaat seperti ini bisa langsung didapat dan meyakinkan konsumen bahwa akomodasi pilihan adalah properti berkualitas sangat bagus, ditawarkan dan dapat dinikmati secara privat dan menyeluruh, ada kolam renang pribadi."

Owner of Dago Heuvel Resort Bandung Astrivani Fauzia Charlotte menjelaskan peningkatan okupansi sudah terjadi sebelum bergabung dengan Holiday Stays. "Quarter I 2022 dengan promo itu 72 persen dibanding tahun sebelumnya. Karena baru gabung Holiday Stays sejak September 2022, sebelum weekend sudah full booking," terangnya.

Marketing and Digital Managing Partner Sampatti Villas Komang Sabana menjelaskan di 2022, Sampatti Villas sudah dalam kondisi pulih dan bangkit. Komang menjelaskan pemesanan bahkan datang dari jauh-jauh hari.

"Peningkatan 30 persen dari term of revenue. Dengan bergabung Travelokal tidak hanya kamar, tetapi dari FnB, kita bundling, sudah termasuk makanan, minuman, sarapan sore ada afternoon tea," kata Komang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat