uefau17.com

Ini Aneka Pencapaian Prestasi Persebaya Surabaya dalam Angka - Jatim

, Jakarta - Dhion Prasetyo adalah salah satu pengamat sepak bola asal Surabaya yang sering membuat konten-konten statistik terkait klub asal Surabaya yakni Persebaya. Dalam perjalanannya dalam berkompetisi di sepak bola Indonesia, Persebaya Surabaya sudah berkali-kali menorehkan catatan prestasi yang membanggakan.

Menurut Dhion, Persebaya Surabaya adalah salah satu tim berusia tua yang berkompetisi di Liga 1 dengan segala pasang surut prestasinya. Tim berjuluk Bajul Ijo tersebut mampu bertahan di hingar bingar kasta teratas Liga Indonesia.

"Berawal sering menganalisa statistik Persebaya sesudah dan sebelum bertanding, terus mulai mengumpulkan data-data mulai dari prestasi, pencapaian gol, dan beberapa lainnya dari narasumber dan laman internet," kata Dhion kepada , Kamis (13/7/2023).

Dirinya menyebutkan beberapa pencapaian prestasi yang pernah diraih oleh Persesbaya Surabaya, berikut deretan informasi tentang Persebaya Surabaya dalam angka yang ia catat:

2 gelar juara Divisi Utama Liga Indonesia pada musim 1996/97 dan musim 2004.

3 gelar juara Divisi Satu Liga Indonesia pada musim 2003, 2006 dan 2017.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Informasi yang Mulai Dilupakan

17 tahun 1 bulan 27 hari, adalah usia Marselino Ferdinan mencetak gol perdananya di Liga 1 saat melawan Arema FC di musim 2021/22.

19 nomor punggung yang dipensiunkan di klub Persebaya Surabaya untuk mengenang meninggalnya Eri Irianto setelah melawan PSIM Mataram Jogjakarta pada tanggal 4 April 2000 silam.

26 gol yang dicetak oleh top skor Persebaya, Jacksen F. Tiago, di Liga Indonesia 1996/97.

42 gol dalah jumlah gol sepanjang masa yang dicetak oleh Jacksen F. Tiago, pemain asing Persebaya asal Brazil.

63 gol jumlah terbanyak pemain lokal Persebaya sepanjang masa di kompetisi resmi yang dicetak oleh Uston Nawawi (1996-2002, 2004-2007)

344 Pertandingan adalah jumlah pertandingan di kompetisi resmi di Indonesia yang dijalani oleh Mat Halil, mantan bek sayap kiri Persebaya periode 1999-2013. Dengan jumlah ini, Mat Halil adalah pemain dengan jumlah laga terbanyak Persebaya pada era Liga Indonesia.

631 gol kandang Persebaya sejak bermain di Liga Indonesia pada musim 1994/95.

659 jumlah kebobolan Persebaya sejak berkompetisi di Liga Indonesia 1994/95.

Sementara itu, Dhion yang juga founder @statrawon mengaku di sela dirinya bekerja menyempatkan membuat konten terkait tim kebanggaan Bonek tersebut tak mudah untuk mendapatkan data terkait Persebaya. 

Menurutnya, ia beberapa kali menemui tokoh-tokoh penting di Surabaya untuk mengorek informasi terkait tim yang disukainya itu. Apa yang ia lakukan berbuah manis, melalui akunnya @statrawon ia selalu membagikan info menarik yang jarang diketahui oleh orang banyak dari hasil pencariannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat