uefau17.com

Gus Baha Berikan Ijazah agar Tidak Mudah Terserang Penyakit ala Rasulullah SAW - Islami

, Jakarta - Jika sering sering sakit, sebaiknya perhatikan apa yang diungkapkan ulama alim alamah ini. Ada penjelasan yang menarik dari KH AHmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha tentang amalan untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit.

Gus Bahamengatakan bahwa dalam ajaran Islam, termasuk dalam mengatasi masalah penyakit, terdapat petunjuk yang jelas.

Dalam kajiannya, yang diunggah Youtube short @KRAJANtvOfficial, ulama asal Rembang, Jawa Tengah, ini menjelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW telah mengajarkan kepada umatnya berbagai amalan untuk tetap sehat, bahkan sebelum adanya penyakit.

Salah satu amalan yang diajarkan Rasulullah SAW adalah mencuci tangan setiap kali bangun tidur, sebagaimana yang disampaikan dalam sebuah hadis sahih.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kebiasaan Ini Diadopsi Barat, Seolah Baru

Gus Baha menekankan bahwa kebiasaan sederhana ini sebenarnya memiliki manfaat besar dalam mencegah penyakit.

Beliau juga mengungkapkan bahwa Islam sudah lama menyarankan praktik mencuci tangan, dan bahwa agama ini bahkan memberikan solusi-solusi sosial yang lebih hebat.

Dalam konteks ini, Gus Baha juga menyebutkan bahwa ajaran Rasulullah dalam hal kesehatan bahkan diadopsi oleh dunia Barat. Contohnya adalah praktik mencuci tangan setiap bangun tidur yang kini sudah menjadi kebiasaan di banyak negara.

"Akhirnya mengakui bahwa jauh sebelum ada penyakit-penyakit sarana Kanjeng Nabi tiap kamu bangun tidur kamu harus cuci tangan karena kamu tidak tahu tangan kamu kemana. Itu Islam mulai dahulu menyarankan," kata Gus baha dalam tayangan singkat tersebut.

"Islam ya pakai air yang warih, air yang mengalir. Sehingga cara wong kuno nganggo padasan, sekarang malah pakai kran itu jauh sebelum ada anjuran pemerintah pakai air ngalir," tambah Gus Baha.

3 dari 3 halaman

Ini Ijazah Keduanya

Menurutnya hal semacam itu seharusnya santri sudah paham, sudah pula menjalankannya sebelum pemerintah menyarankan cuci tangan.

"Banyak ilmu menurut mereka baru, bagi santri sudah lama banget, ilmunya sudah benar, yang gak benar itu nasibnya hehehe," ujar Gus Baha.

Dalam satu hadis yang sahih, Beliau pernah bersabda:

إذا استيقظ أحدُكم من نومِهِ، فلا يَغْمِسْ يدَه في الإناءِ حتى يغسلَها ثلاثًا . فإنه لا يَدْرِي أين باتت يدُه

Artinya: "Jika salah seorang di antara kalian bangun dari tidurnya, maka jangan mencelupkan tangannya ke dalam bejana sebelum ia mencucinya tiga kali. Karena ia tidak mengetahui dimana letak tangannya semalaman." (HR Al-Bukhari 162, Muslim 278)

Gus Baha menyoroti betapa pentingnya mengikuti ajaran Islam dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Ia menekankan bahwa ajaran Rasulullah SAW bisa menjadi solusi yang efektif dalam mengatasi berbagai masalah, termasuk dalam hal kesehatan.

Selain memberikan nasihat terkait kesehatan, Gus Baha juga memberikan ijazah kepada seseorang yang sedang sakit. Dalam sebuah video yang diunggah, beliau memberikan amalan berupa membaca Surat Al-Fatihah sebanyak tujuh kali, sebagai upaya penyembuhan.

"Bacalah Surat Al-Fatihah 7 kali dihadiahkan untuk Baginda Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam dan Sayyidina Ja'far ash-Shadiq," katanya.

Kesimpulannya, Gus Baha menekankan bahwa mengikuti ajaran Islam tidak hanya membawa keberkahan secara spiritual, tetapi juga memberikan solusi yang praktis dalam menjalani kehidupan sehari-hari, termasuk dalam menjaga kesehatan dan mengatasi penyakit.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat