uefau17.com

Membaca Al-Qur’an dalam Kondisi Seperti Ini Bisa Tergolong Maksiat, Kata Buya Yahya - Islami

, Bogor - Al-Qur’an menjadi kitab suci umat Islam sekaligus pedoman hidup umat manusia. Al-Qur’an berisi ajaran tentang aqidah, syariah, akhlak, kisah dan sejarah, hingga ayat-ayat yang mengandung sains.

Membaca Al-Qur’an merupakan salah satu ibadah yang paling utama dilakukan muslim. Orang yang membacanya akan mendapatkan pahala, meskipun masih terbata-bata alias masih belajar membaca.

Rasulullah SAW bersabda, “Dan orang yang membaca Al-Qur’an, sedang ia masih terbata-bata lagi berat dalam membacanya, maka ia akan mendapatkan dua pahala.” (HR. Bukhari Muslim)

Dalam hadis lain, disebutkan bahwa Al-Qur’an akan menjadi syafaat bagi pembacanya di hari kiamat. Syafaat alias pertolongan sangat dibutuhkan di hari akhir. Beruntunglah orang yang sering membaca Al-Qur’an karena pertolongan itu akan datang.

“Bacalah Al-Qur’an, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat.” (HR. Muslim)

Meski membaca Al-Qur’an adalah ibadah, namun ada beberapa kondisi yang bisa membuat ibadah tersebut menjadi maksiat. Hal inilah yang perlu diwaspadai menurut Pengasuh LPD Al Bahjah, KH Yahya Zainul Ma’arif alias Buya Yahya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kondisi Membaca Al-Qur’an yang Jadi Maksiat

“Membaca Al-Qur’an ada rambu-rambunya juga. Kalau tidak punya rambu-rambu, tidak benar, dan itu yang bisa membenahi ilmu syariatnya,” katanya dikutip dari YouTube Buya Yahya.

Buya Yahya menyebutkan beberapa kondisi membaca Al-Qur’an yang bisa menjadi maksiat. Pertama, membaca Al-Qur’an di jam kerja yang melalaikan tanggung jawab kerjanya.

“Anda kerja di kantor, seharusnya Anda menghadapi umat dalam urusan tertentu di kantor, (misalnya) Anda ngasih tanda tangan dan sebagainya. Ternyata Anda sibuk membaca Al-Qur’an, jadi maksiat,” beber Buya Buya Yahya.

Contoh lain yang diungkap Buya Yahya adalah ketika seorang suami yang rela datang jauh-jauh menemui istrinya karena rindu, tapi saat suami tiba sang istri mengatakan, “Abang entar 4 juz, 3 juz lagi, 2 juz.” Kata Buya Yahya, kondisi seperti itu termasuk maksiat juga.

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan Buya Yahya, dapat disimpulkan bahwa ada beberapa kondisi membaca Al-Qur’an yang bisa jadi maksiat apabila dilakukan.

Contoh yang disampaikan Buya Yahya ialah membaca Al-Qur’an di jam kerja yang melalaikan tanggung jawabnya dan istri yang mengabaikan suaminya demi membaca Al-Qur’an. Wallahu a'lam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat