uefau17.com

Terjebak Masa Lalu dan Sulit Lepas, Ini Doa Melupakannya - Islami

, Jakarta - Terjebak masa lalu adalah perasaan yang mendalam dan kompleks yang sering kali menghantui individu. Ini mungkin muncul sebagai penyesalan akan keputusan yang dibuat atau tindakan yang diambil di masa lalu yang memengaruhi keadaan saat ini.

Terkadang, rasa terjebak ini bisa dipicu oleh pengalaman traumatis yang belum terselesaikan atau kegagalan yang sulit diterima.

Sensasi ini seringkali menghambat kemampuan seseorang untuk meraih potensi penuhnya di masa depan, karena mereka terpaku pada gambaran yang konstan dari masa lalu yang tidak dapat diubah.

Bagi sebagian orang, rasa terjebak dalam masa lalu bisa menjadi penjara emosional yang menyulitkan untuk lepas. Hal ini dapat menghambat pertumbuhan pribadi, hubungan, dan pencapaian tujuan.

Untuk melepaskan hal tersebut, butuh doa-doa khusus agar kembali bangkit dan menapaki saat ini, sertayang akan datang.

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ini Contoh Doa yang Bisa Dipanjatkan

Menukil dalamislam.com, “Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas” (QS Al A’raf: 55)

Doa adalah hal yang Allah perintahkan kepada manusia. Untuk itu, sebagai manusia, kita bisa berdoa apa saja kepada Allah tentunya berdoa untuk kebaikan dan bukan untuk sesuatu yang mendatangkan mudharat. Terkabul atau tidaknya tentu itu adalah hak prerogatif Allah yang memutuskan karena Allah Maha Tau dan Berkuasa atas segala isi dunia ini.

Berikut adalah contoh doa dengan kata-kata syang bisa kita ucapkan. Tentunya melupakan seseorang dengan tujuan kita bisa lebih baik, hidup lebih bersemangat dan tidak bergantung kepada orang lain dan larut dalam kesedihan.

Ya Allah berikanlah aku kekuatan hati untuk senantiasa bersabar di Jalan kebanaran dan jalan yang Engkau Ridhoi. Jangan biarkan ingatanku bergantung kepada masa lalu dan seseorang yang membuat aku jauh dari-Mu, lali dari Ibadah kepada-Mu, dan melupakan perintah-Mu. Biarkan hati dan pikiran ini hanya tunduk kepada ajaran-Mu serta berpasrah pada Titah-Mu

Ya Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang jangan jadikan kami larut dalam kesedihan. Biarkan hati dan pikiran ini selalu tertaut kepada kebaikan dan kebenaran. Jangan jadikan orang-orang di masa lalu kami menjadi penghalang kami untuk beribadah dan selalu mengingat-Mu. Biarkan kami senantiasa mengingatmu, bukan mengingat hal-hal yang buruk dan membuat terpuruk,

Ya Allah Yang Maha Pengasih, sesungguhnya Engkaulah yang mengatur hati-hati kami. Jagalah hati kami dari kedengkian, ingatan yang buruk, kebencian, yang mampu menyengsarakan hidup. Jangan biarkan kami mengingat hal-hal yang menjadikan kami lalai dari ibadah dan tat pada-Mu

 

3 dari 3 halaman

Berdoa Hanya Kepada Allah SWT

Doa-doa yang kita panjatkan kepada Allah SWT bisa kita ucapkan sendiri, dalam sholat dan sujud kita. Berdoa lah kepada Allah dengan kata-kata yang baik, tunduk, dan memohon dengan memasrahkan diri bukan memaksa apalagi meminta seakan-akan kita lebih mengetahui daripada Allah SWT.

Tentu saja Allah pun menyuuruh kita untuk berikhtiar selain dari berdoa. Sejatinya doa yang paling tulus dan ikhlas adalah saat kita juga berusaha atau berikhtiar untuk menggapainya.

Itulah Doa untuk Melupakan Seseorang yang bisa kita lakukan. Tentunya doa memperkuat kita dalam meyakini rukun iman, rukun islam, Iman dalam Islam.

Doa tersebut hanyalah contoh dan tentunya doa sangat bergantung kepada kita masing-masing. Allah mengatakan bahwa “Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” (QS Al Mu’min : 60).

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat