uefau17.com

Ingin Bebas Siksa Kubur dan Syafaat di Hari Kiamat? Baca Surah Ini Rutin - Islami

, Cilacap - Syafaat secara bahasa artinya pertolongan atau bantuan kepada seseorang yang sangat memerlukan pertolongan. Syafaat sangat ditunggu-tunggu umat manusia tatkala di padang Mahsyar setelah hari kiamat.

Dalam Islam terdapat dua macam syafaat yakni syafaat Rasulullah SAW dan Syafaat dari Al-Qur’an.

Ulama Ahli Tafsir asal Rembang KH Ahmad Bahauddin Nursalim (Gus Baha) pernah menjelasan secara spesifik perihal syafaat Al-Qur’an. Menurutnya, syafaat Al-Qur’an sangat hebat karena bisa menangkal azab seseorang.

Berdasarkan riwayat, terdapat surah Al-Qur’an yang bilamana rutin membacanya atau dalam riwayat lain disebutkan kalau menghafal surah Al-Qur’an ini maka akan memperoleh syafaat di hari kiamat.

Lantas surah apa yang membuat pembaca atau penghafalnya ini menjadi perisai dari azab mengerikan di akhirat?

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Surah Ini Mampu Memberikah Syafaat di Hari Kiamat

Menukil Republika, surah al-Mulk merupakan kumpulan ayat yang menunjukkan aspek kebesaran dan kekuasaan Allah SWT, serta penegasan keimanan dan kepatuhan manusia kepada-Nya. Surah ini berdasarkan hadis Rasulullah SAW mampu memberikan syafaat di hari kiamat.  

ِوَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: مِنَ القُرْآنِ سُوْرَةٌ ثَلاَثُوْنَ آيَةً شَفَعَتْ لِرَجُلٍ حَتَّى غُفِرَ لَهُ وَهِيَ : تَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ المُلْكُ . رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ وَالتِّرْمِذِيُّ وَقَالَ حَدِيْثٌ حَسَنٌ

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Di antara Alquran terdapat satu surah yang terdiri dari tiga puluh ayat yang dapat memberi syafaat kepada seseorang sehingga ia diampuni, yaitu Tabarokalladi bi yadihil mulk (Surah al-Mulk).” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi).

Dijelaskan dalam hadis tersebut bahwa Surah al-Mulk bisa memberikan syafaat kepada umat Muslim, sebesar apapun dosa yang telah diperbuat, tapi Allah SWT bisa mengampuninya dengan membaca Surah al-Mulk.

Syafaat adalah pengantaraan atau perantaraan yang diberikan kepada seseorang untuk mendapatkan kebaikan atau pengampunan dari Allah SWT. Dalam konteks Surah al-Mulk, banyak ulama dan mufassir berpendapat bahwa membaca surah ini secara rutin dapat memberikan perlindungan dan syafaat kepada pembacanya di akhirat.  

Hal ini didasarkan pada beberapa hadis yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW mempergunakan surah ini sebagai perlindungan bagi dirinya sendiri dan umatnya dari siksa kubur.

3 dari 3 halaman

Dapat Melindungi dari Siksa Kubur

Surah al-Mulk juga bisa melindungi seseorang dari siksa kubur, berdasarkan Tafsir Ibnu Katsir karya Mahir Ahmad Ash-Shufiy, An-Nasa’i meriwayatkan: 

عَنْ عَبْدِ اللهِ بن مَسْعُودٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ قَرَأَ تَبْرَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ ... كُلَّ لَيْلَةٍ مَنَعَهُ اللَّهُ بِهَا مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ 

Abdullah bin Mas'ud berkata, Rasulullah bersabda, "Siapa saja yang membaca Surah al-Mulk setiap malam, Allah akan melindunginya dari siksa kubur." (HR An-Nasa'i)

Siksa kubur akan terasa sangat berat untuk umat Muslim yang semasa hidupnya sering melakukan dosa, bermaksiat, tidak mengerjakan perintah Allah, sunnah Rasulullah, dan jarang melakukan kebaikan. Maka orang tersebut akan mendapatkan siksa yang sangat pedih di akhirat.  

Namun, Allah menjanjikan kepada umatnya jika ingin dilindungi dari siksa kubur hanya perlu mengamalkan ibadah yang sudah diperintahkan, salah satunya membaca Surat al-Mulk secara rutin. Sebab, Rasulullah SAW juga menyebutkan salah satu keutamaan dari surat ini ialah dilindungi dari siksa kubur.   

Selain itu, Surat al-Mulk juga seringkali dilakukan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam sebelum tidur. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadis berikut ini: 

عَنْ جَابِرٍ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ لَا يَنَامُ حَتَّى يَقْرَأَ: المَ تَنْزِيلُ وَتَبَرَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ  

Jabir berkata: “Nabi biasa tidak tidur sehingga membaca Surat as-Sajdah dan al-Mulk terlebih dahulu.” (HR At-Tirmidzi, An-nasa’i, Ahmad dan Al-Hakim).  

Membaca Surat al-Mulk setiap malam juga bermanfaat, memberikan perlindungan seseorang dalam keadaan tidurnya, dan bisa memperkuat keimanan seseorang. Karena dalam surat ini mengandung pengingat atas keesaan Allah, sehingga setiap orang yang membacanya akan meyakini bahwa kekuasaan hanya milik Allah SWT.

Penulis : Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat