uefau17.com

Kiamat akan Datang! Inilah yang Akan Terjadi pada 2 Golongan Manusia ketika Dibangkitkan - Islami

, Jakarta - Terjadinya kiamat merupakan suatu kepastian yang tak terbantahkan. Dalam Islam kiamat diartikan sebagai peristiwa berakhir dan hancurnya seluruh kehidupan alam semesta beserta makhluk yang hidup di dalamnya. 

Al-Qur’an menjadi pedoman yang penting bagi umat muslim sebagai petunjuk akan kehancuran yang kelak akan terjadi. Allah SWT telah berfirman dalam QS. Al-Kahfi ayat 47,

وَيَوْمَ نُسَيِّرُ ٱلْجِبَالَ وَتَرَى ٱلْأَرْضَ بَارِزَةً وَحَشَرْنَٰهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ أَحَدًا

Artinya: “Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka.”

Setelah semua makhluk mati kemudian mereka akan dibangkitkan pada hari kebangkitan (Yaumul Ba'ats) dan dihisab sesuai dengan amal perbuatannya di dunia. Tak ada satu pun yang luput dari pengadilan Allah, bahkan kejahatan sekecil apapun akan tetap ada balasan.

Dikutip dari laman NU Online, ketika manusia dibangkitkan mereka akan terbagi menjadi 2 golongan. Lantas bagaimana keadaan mereka ketika dibangkitkan pada hari kiamat nanti?  

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Golongan Berwajah Hina

Dua golongan ini akan mendapatkan balasan masing-masing seperti termaktub dalam Al-Qur'an surah al-Ghasyiyah. Golongan pertama adalah golongan manusia yang mukanya tertunduk penuh dengan muram durja dan penuh dengan kehinaan.

Mereka tampak payah dan lelah, tidak ada aura positif sedikitpun terpancar dari muka mereka. Golongan ini berjalan memasuki bara api yang sangat panas dan dihidangi minuman yang bersumber dari mata air yang sangat panas pula.

Ketika mereka meminum air itu, seketika kulit dan daging mereka akan melepuh dan meleleh. Seketika itu pula, kulit melepuh itu akan diganti dengan kulit baru yang akan melepuh dan meleleh lagi saat mereka meminum air dari neraka itu kembali.

Begitulah seterusnya mereka akan disiksa sebagai balasan atas apa yang telah dilakukan di dunia sampai dengan saat mereka mendapatkan syafaat agung Nabi Muhammad SAW.

Selain minuman, golongan yang disebutkan sebagai wujuhun ghasi'ah (wajah hina) ini akan dihidangi makanan yang sangat menjijikkan dan tidak ada makanan bagi mereka selain dari pohon yang berduri. Makanan ini pun tak ada manfaatnya karena tidak seperti makanan di dunia yang enak, sebaliknya makanan ini tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan rasa lapar.

3 dari 3 halaman

Golongan Wajah Berseri

Golongan kedua adalah golongan orang yang dalam Al-Qur'an disebut sebagai wujuhun na'imah (wajah berseri). Wajah golongan ini tampak cerah, penuh suka cita dan optimisme sesuai dengan amal ibadah mereka selama di dunia.

Mereka adalah golongan orang yang taat perintah Allah dan meninggalkan segala larangan serta akan berdampingan dengan Rasulullah SAW di surganya Allah SWT.

Kelompok ini akan berada di dalam surga mulia yang di dalamnya tidak ada perkataan apapun selain yang bermanfaat. Di dalamnya mengalir mata air dan sungai-sungai yang terus mengalir tanpa henti serta dilengkapi dengan tempat-tempat duduk dan bantal-bantal yang mewah nan empuk untuk bersandar. Mereka akan menikmati minuman beraneka rasa dengan gelas-gelas cantik penuh dengan hiasan.

Kemewahan dan kenyamanan lebih lengkap lagi dengan permadani lembut berwarna-warni yang terhampar sebagai alasnya. Ketika terinjak, permadani ini akan mengeluarkan semerbak bau harum wewangian surga.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat