uefau17.com

13 Ciri Perempuan Penghuni Surga, Apakah Kamu Termasuk? - Islami

, Jakarta - Diriwayatkan dalam sebuah hadis oleh Muslim menjelaskan tentang kelak akan ada empat perempuan yang dijamin Allah masuk surga. Mereka adalah Maryam binti Imran, Fatimah binti Rasulullah SAW, Khadijah binti Khuwailid, dan Aisyah.

Keempat perempuan mulia ini merupakan sosok istimewa sehingga Allah SWT memberikan jaminan surga. Jika mereka sudah pasti menjadi calon penghuni surga, bagaimana nasib kaum perempuan yang lain?

Hal itu tentunya menjadi rahasia Ilahi dan tergantung pada amal perbuatan setiap pribadi selama hidup di dunia. Meskipun demikian, ada beberapa ciri yang dimiliki oleh para penghuni surga.

Ciri para calon penghuni surga ini dijelaskan oleh Ibnu Qayyim al-Jauziyah dalam sebuah kitab yang bernama al-Fawa'id. Mereka merupakan para muslimah yang berasal dari golongan Awwab, yakni orang-orang yang kembali kepada Allah SWT dari kemaksiatan menuju ketaatan, dari keterlenaan menjadi terjaga.

Untuk mengetahui secara lebih jelas bagaimana ciri-ciri perempuan yang kelak akan menjadi penghuni surga, berikut sebagaimana dirangkum dari laman dream.co.id. 

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Perempuan Penghuni Surga

Berikut adalah beberapa ciri dari perempuan penghuni surga yang perlu diketahui:

1. Perempuan yang Bertakwa

Ciri yang pertama adalah perempuan yang bertakwa. Mereka adalah perempuan yang beriman kepada Allah SWT, malaikat-malaikat, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari kiamat, dan takdir baik maupun buruk.

Mereka juga adalah perempuan yang selalu menjalankan setiap perintah Allah SWT, seperti sholat fardhu, berzakat, puasa di bulan Ramadhan, dan menunaikan ibadah haji jika mampu.

2. Perempuan yang Digambarkan sebagai Sosok yang Ihsan

Ciri berikutnya perempuan penghuni surga adalah mereka yang digambarkan sebagai sosok yang ihsan. Yakni perempuan yang beribadah kepada Allah SWT seolah-olah ia melihat Allah SWT.

Selain itu, ia juga menjalankan ibadah dengan ikhlas tawakal. Selain itu juga selalu mencintai Allah SWT dan Rasul-Nya.

3. Berdzikir

Perempuan yang suka berdzikir kepada Allah SWT adalah salah satu ciri perempuan penghuni surga. Berdzikir adalah amalan yang diperintahkan Allah SWT kepada setiap umat Islam. Hendaknya berdzikir selalu dilakukan setiap waktu dan kondisi apapun. Baik itu saat sendiri maupun saat sedang dengan orang lain. Karena dengan berdzikir, maka bisa semakin mengingat dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

4. Perempuan yang Suka Membaca Al-Qur'an dan Memahaminya

Al-Qur'an adalah kitab suci yang seharusnya selalu dibaca oleh umat Islam. Membacanya tidak hanya bisa mendatangkan pahala, tetapi juga banyak pelajaran yang bisa kita petik di dalamnya. Karena Al-Qur'an adalah pedoman hidup bagi umat Islam selama hidup di dunia.

Ciri dari perempuan penghuni surga adalah mereka yang suka membaca Al-Qur'an serta memahaminya. Dalam memahami Al-Qur'an tentu saja bukan hal mudah. Sehingga diperlukan adanya guru yang bisa menjelaskan makna di balik setiap ayat yang dibaca.

 

3 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Perempuan Penghuni Surga

5. Perempuan yang menjalankan amar ma'ruf nahi munkar kepada keluarga dan masyarakat.

6. Perempuan yang memiliki sikap pengasih dan baik hati kepada siapa saja, termasuk hewan.

7. Perempuan yang suka menyambung tali persaudaraan pada orang yang memutuskannya, memberi kepada orang, menahan pemberian untuk dirinya, dan memaafkan orang yang menzaliminya.

8. Perempuan yang suka bersedekah dan berinfak, baik saat lapang maupun sempit.

9. Perempuan yang suka menahan amarah dan memaafkan sesama manusia.

10. Perempuan yang menjaga lisannya dari kata-kata dusta dan ghibah.

11. Perempuan yang adil.

12. Perempuan yang menepati janji dan amanah.

13. Perempuan yang berbakti kepada kedua orang tua.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat