uefau17.com

Doa Memasuki Bulan Rajab 2024 yang Dicontohkan Rasulullah SAW - Islami

, Jakarta - Umat Islam haruslah berbahagia karena tidak lama lagi akan berjumpa dengan bulan Rajab. Rajab dalam kalender Hijriyah adalah bulan ketujuh yang secara jarak beda satu bulan dengan Ramadhan.

Rajab termasuk bulan haram atau bulan yang dimuliakan dalam Islam. Selain Rajab, yang masuk daftar bulan dimuliakan lainnya yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharram.

Jika merujuk pada kalender Hijriyah yang dirilis Kementerian Agama Republik Indonesia, 1 Rajab 1445 H bertepatan pada Sabtu, 13 Januari 2024. Secara waktunya, 1 Rajab 1445 H sudah masuk sejak Jumat, 12 Januari 2024 maghrib.

Setiap memasuki bulan haram umat Islam dianjurkan untuk banyak mengerjakan amal saleh. Ada beberapa amalan yang dianjurkan saat bulan Rajab seperti puasa, sedekah,hingga memperingati Isra Mi’raj.

Selain itu, membaca doa saat memasuki bulan Rajab juga termasuk amalan yang dianjurkan. Doa memasuki bulan Rajab pernah dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lafal Doa Memasuki Bulan Rajab

Mengutip situs Nahdlatul Ulama (NU), berikut adalah doa yang dipanjatkan Rasulullah SAW saat memasuki bulan Rajab.

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Allâhumma bârik lanâ fî rajaba wasya‘bâna waballighnâ ramadlânâ. 

Artinya: “Duhai Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan.” (Lihat Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi, Al-Adzkâr, Penerbit Darul Hadits, Kairo, Mesir).

Doa ini dapat dibaca pada Jumat, 12 Januari 2024 petang.

3 dari 3 halaman

Amalan Lain di Bulan Rajab

Selain mengamalkan doa saat memasuki bulan Rajab, ada amaliah lain yang dapat diamalkan umat Islam di bulan penuh keberkahan ini. Mengutip laman Keislaman NU, berikut amalan Rajab lainnya.

Puasa Rajab

Ibadah puasa dianjurkan untuk dilaksanakan pada bulan Rajab. Dalam kitab Nihayatuz Zain, Syekh Imam Nawawi menerangkan bahwa puasa di bulan-bulan agung sunah untuk dikerjakan.

Sholat Rajab

Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumiddin berpendapat, sholat sunnah mutlak di bulan Rajab adalah mustahabbah (sunnah). Imam Al-Ghazali menjelaskan, seseorang yang berpuasa di hari Kamis pada bulan Rajab, kemudian melakukan sholat sunnah sebanyak dua belas rakaat di antara waktu shalat Isya dan sepertiga malam, maka permohonannya akan dikabulkan. 

Peringatan Isra’ Mi’raj

Pada bulan Rajab ada peristiwa penting yang tidak boleh dilupakan oleh umat Islam. Peristiwa ini adalah Isra’ Mi’raj yang menjadi tonggak sejarah kewajiban umat Islam melaksanakan salat lima waktu. Maka, di bulan Rajab ini dapat diadakan peringatan Isra’ Mi’raj untuk mengingatkan semangat dan kualitas ibadah.

Bersedekah

Sedekah memang dapat dilakukan kapan saja, namun bisa digencarkan saat bulan Rajab. Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa bersedekah di bulan Rajab, maka Allah swt akan menjauhkannya dari api neraka sejauh jarak tempuh burung gagak yang terbang bebas dari sarangnya hingga mati karena tua. Menurut sebagian pendapat, umur burung gagak mencapai lima ratus tahun.”

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat