uefau17.com

Penting, Ini Doa Agar Diberi Keturunan Ahli Al-Qur’an - Islami

, Jakarta - Islam sangat menjunjung tinggi persoalan nasab atau keturunan. Masyarakat Timur Tengah hingga sekarang mentradisikan untuk menghafal nasab mereka.

Persoalan keturunan ini sangat penting untuk melanjutkan regenerasi kehidupan.

Dalam bahasa Arab, nasab berarti keturunan atau kerabat, yaitu pertalian kekeluargaan berdasarkan hubungan darah melalui akad perkawinan yang sah. Alquran menyebutkan kata nasab sebanyak tiga kali.

Pertama, dalam surah al-Mukminun ayat 101, "Ketika sangkakala ditiup (kiamat) maka tidak ada lagi pertalian nasab di antara mereka pada hari itu."

Kedua, dalam surah al-Furqan ayat 54, "Dan Dia (pula) yang menciptakan manusia dari air, lalu Dia jadikan manusia berketurunan (nasab)."

Ketiga, dalam surah as-Saffat ayat 158 yang berisi tuduhan umat Nabi Yunus AS yang ingkar bahwa Allah SWT dan jin berhubungan nasab.

Tiap orang pasti berharap agar anak keturunannya saleh dan salehah. Mereka adalah harta yang tak ternilai haragnya. Terlebih lagi, disebutkan salah satu amal yang tak putus oleh kematian adalah doa dari anak yang saleh.

Berikut ini adalah doa agar kita bisa diberikan keturunan yang ahli Al-Qur'an?

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berikut Tiga Ayat yang Bisa Dijadikan Doa

Mengutip hidayatuna.com, berikut ini terdapat beberapa doa yang dapat diamalkan jika menginginkan keturunan sholih yang ahli Qur’an. Bacaan doa tersebut tentunya berasal dari Al-Qur’an dan merupakan ayat-ayat yang diambil dari Al-Qur’an.

Inilah tiga ayat yang bila terus menerus dibaca saat berdoa insyaallah akan diberi keturunan yang ahli Qur’an, yaitu sebagai berikut:

رَبَّنَا هَبۡ لَنَا مِنۡ أَزۡوَ ٰ⁠جِنَا وَذُرِّیَّـٰتِنَا قُرَّةَ أَعۡیُنࣲ وَٱجۡعَلۡنَا لِلۡمُتَّقِینَ إِمَامًا

Teks latin: Wallażīna yaqụlụna rabbanā hab lanā min azwājinā wa żurriyyātinā qurrata a’yuniw waj’alnā lil-muttaqīna imāmāArtinya:“Dan orang orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (Q.S. Al-Furqan ayat 74)

3 dari 3 halaman

Berikut Dua Doa Lainnya

رَبِّ هَبۡ لِی مِن لَّدُنكَ ذُرِّیَّةࣰ طَیِّبَةًۖ إِنَّكَ سَمِیعُ ٱلدُّعَاۤءِ

Teks latin: Hunālika da’ā zakariyyā rabbah, qāla rabbi hab lī mil ladungka żurriyyatan ṭayyibah, innaka samī’ud-du’ā`Artinya:“Di sanalah Zakariya mendoa kepada Tuhannya seraya berkata: “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa.” (Q.S. Ali ‘Imran ayat 38)

رَبِّ لَا تَذَرۡنِی فَرۡدࣰا وَأَنتَ خَیۡرُ ٱلۡوَ ٰ⁠رِثِینَ

Teks latin: Wa zakariyyā iż nādā rabbahụ rabbi lā tażarnī fardaw wa anta khairul-wāriṡīnArtinya:“Dan (ingatlah kisah) Zakaria, tatkala ia menyeru Tuhannya: “Ya Tuhanku janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Waris Yang Paling Baik.” (Surat Al-Anbiya’ ayat 89)

Keterangan KH. Sholahuddin Munshif (Gus Sholah). Jelbuk Jember, 28 Agustus 2022. Demikian penjelasan mengenai doa agar diberikan keturunan ahlul Qur’an yang dapat diamalkan oleh umat Islam. Wallahu A'lam

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat