uefau17.com

Fadhilah Membaca Ayat Kursi di Bulan Suro, Dijaga Malaikat dan Dijauhkan dari Keburukan - Islami

, Jakarta - Ayat Kursi menjadi salah satu ayat Al-Qur'an yang paling populer. Sebagian umat Islam, terutama di Indonesia mengamalkannya sebagai bacaan, amalan atau dzikir harian.

Hal itu tak lepas dari keutamaan atau fadhilah ayat Kursi. Ayat Kursi merupakan ayat ke-255 dalam surat Al-Baqarah.

Disebut ayat Kursi karena di dalamnya ada kata kursi atau lengkapnya kursiyuhu (كُرْسِيُّهُ). Ayat Kursi juga pendek dan mudah dihafal sehingga banyak diamalkan.

Ayat Kursi masyhur dibaca untuk menghindari godaan setan. Dalam perkembangannya, umat Islam membaca ketika memasuki tempat asing, atau ketika hatinya takut. Misalnya, karena angker.

Sebab, salah satu fadhilah ayat kursi adalah menjauhkan pengamalnya dari godaan setan.

Umat Islam baru saja memasuki tahun baru Islam 1445 H pada 1 Muharram atau 1 Suro ini. Ayat Kursi bisa menjadi salah satu amalan untuk memperoleh kebaikan, di waktu yang akan datang.

Setelah rutin, harapannya ayat Kursi akan menjadi amalan harian pada waktu-waktu setelahnya sepanjang tahun.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bacaan Ayat Kursi, Arti dan Hadis Mengenai Keutamannya

 اللهُ لُآ إِلَـٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ، لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ، لَهُ مَافِى ٱلسَّمَـٰوَ ٰ تِ وِمَافِى الْأَرْضِ، مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِيَعْلَمُ مَابَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَاخَلْفَهُمْ، وَلَايُحِيْطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَاشَآءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَـٰوَ ٰ تِ وَٱلْأَرْضِ، وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَاوَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Artinya: Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Dia Yang Hidup kekal lagi selalu mengatur (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Dia Maha Pemilik segala hal yang ada di langit dan di bumi. Siapakah yang bisa memberi syafa’at di sisi-Nya tanpa izin-Nya? Allah mengetahui segala sesuatu yang ada di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apapun dari ilmu Allah kecuali telah dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar. (QS. Al-Baqarah: 255)

 

Mengutip laman keislaman nu.or.id, fadhilah ayat kursi lainnya yakni, mukmin yang membaca ayat Kursi secara istiqamah setiap shalat wajib, tidak ada menghalanginya masuk surga sebelum datangnya kematian. Abu Umamah menjelaskan bahwa Rasulullah SAW bersabda.

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَكُلِّ صَلَاةٍ مَكْتُوْبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُوْلِ الْجَنَّةِ إِلَّا أَنْ يَمُوْتَ

Artinya : Barang siapa yang membaca Ayat Kursi tiap usia shalat wajib, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain - belum datangnya - kematian. (HR. An-Nasa'i dalam Al-Yaum wa Al-Lailah: 10). 

 

3 dari 3 halaman

Keistimewaan Ayat Kursi

Berangkat dari penjelasan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa Rasulullah mengabarkan kepada umat Islam bahwa ayat Kursi memiliki keistimewaan, antara lain: 

1. Ayat Kursi adalah ayat teragung di dalam kitab Allah SWT. Sebagaimana dalam kisah Nabi menepuk dada Abu Mundzir dengan kalimat اللّٰهُ لَآ إِلَـٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّمُ. Kemudian Rasulullah mendoakan Abu Mundzir agar diberi kemudahan ilmu. 

2. Ayat Kursi merupakan induk semua ayat Al-Qur'an. 

3. Jika membaca ayat Kursi dan dilanjutkan dengan membaca tiga ayat pertama surat Al-Mu'min pada pagi hari, maka Allah menjaga pembaca tersebut sampai sore. Jika dibaca pada sore hari, maka Allah menjaga pembaca tersebut sampai pagi. 

4. Jika membaca ayat Kursi menjelang tidur, maka Allah akan menyertakan Malaikat penjaga bagi pembaca sehingga setan tidak dapat mendekatinya sampai pagi.

Setelah mengetahui keutamaannya, maka alangkah baik jika ayat Kursi menjadi bacaan harian atau amalan harian. Ayat Kursi bisa dibaca setelah sholat fardhu lima waktu atau setelah sholat sunnah.

Ayat kursi juga bisa menjadi bacaan saat ada waktu luang, dan bahkan bisa sembari bekerja ringan.

Tim Rembulan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat