uefau17.com

Libur Lebaran Idul Fitri 2023, Provinsi Mekkah Diguyur Salju dan Hujan Es Langka - Islami

, Riyadh - Arab Saudi sedang mengalami kondisi cuaca yang langka. Sebab, sebagian negara mengalami badai es, hujan, dan salju di beberapa tempat.

Cuaca langka yang terjadi saat liburan Idul Fitri ini membuat puluhan warga keluar untuk menikmati cuaca dingin dan berbagi pengalaman di media sosial.

Dalam video yang diunggah oleh @makkahregion, warga yang tengah menikmati momen libur Lebaran idul Fitri 2023, terlihat memungut salju di tangannya sembari mengambil video atau foto. Petak-petak tanah yang luas juga terlihat tertutup oleh salju.

Angin kencang, hujan es, dan hujan lebat menjadi kombinasi situasi yang mengakibatkan kurangnya jarak pandang bagi pengemudi. Video lain menunjukkan mobil melaju di jalanan basah. 

The National Center of Meteorology (NCM) atau Pusat Meteorologi Nasional sebelumnya telah mengumumkan bahwa beberapa bagian Arab Saudi akan mengalami badai petir, disertai badai es dan angin yang dapat menyebabkan hujan lebat, demikian dilansir dari Khaleej Times, Selasa (25/4/2023).

Salju lebat dan badai es juga melanda Provinsi Taif pada Rabu, 19 April 2023. Ketika hujan es dan salju menumpuk di jalanan dan trotoar, tim lapangan Taif menggunakan buldoser untuk membersihkan jalan dan lingkungan sekitar.

Lebih dari 90 tim pekerja kota memindahkan salju dan es untuk memulihkan arus lalu lintas, kata pemerintah kota saat menangani hujan lebat di Taif dan pinggirannya, dikutip dari The National News.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tradisi Lebaran Idul Fitri di Arab Saudi, Mayoritas Pergi ke Luar dan Belanja Baju Baru hingga Hadiah

Bicara soal Lebaran Idul Fitri di Arab Saudi, di negara tersebut masyarakatnya ternyata memiliki tradisi berbelanja menjelang Idul Fitri. 

Di hari-hari terakhir bulan Ramadhan, banyak dari mereka bergegas keluar rumah untuk membeli pakaian, hadiah, dekorasi, dan permen. Bagi sebagian dari mereka, pakaian baru dipandang sebagai suatu keharusan.

Ribuan orang pun memadati mal atau pusat perbelanjaan dan pasar di seluruh wilayah untuk membeli barang-barang baru. 

Dengan mal yang buka hampir sepanjang waktu selama tujuh hingga 10 hari terakhir bulan Ramadhan, kaum perempuan akan leluasa pergi ke toko untuk membeli pakaian baru. 

Sementara untuk pria, mereka akan berburu thobe atau gamis panjang dengan ghutra atau shemagh (hiasan kepala) yang serasi. 

Baca selebihnya di sini...

3 dari 4 halaman

Parfum Timur Tengah Jadi Primadona Saat Lebaran Idul Fitri di Bangladesh

Sementara di Bangladesh, para pembeli berkerumun di kios-kios parfum mencari wewangian terbaik untuk dikenakan pada Idul Fitri tahun ini.

Di pasar attar terbesar di dekat Masjid Nasional Baitul Mukarram di pusat kota Dhaka, Bangladesh, banyak warga Bangladesh mendatangi untuk membeli attar, parfum berbasis minyak yang biasanya terbuat dari kelopak mawar.

Mayoritas dari mereka akan berpikir tentang wewangian tertentu yang berasal dari Timur Tengah, sebuah wilayah yang telah dikaitkan dengan wewangian sejak dahulu kala.

Di Asia Selatan, pengaruh indera penciuman itu telah hadir setidaknya sejak abad ke-10, ketika pembuat parfum Arab merancang teknik penyulingan yang canggih, memungkinkan minyak atsiri diproduksi dalam skala besar.

Di Bangladesh, minyak bebas alkohol disebut dengan nama Arab aslinya yakni attar, merupakan sebuah kata yang kepentingan sosialnya tumbuh terutama selama perayaan keagamaan dan hari libur di negara mayoritas Muslim. Sebab, tradisi Islam mendorong orang untuk harum saat bertemu orang lain.

"Biasanya, kami mengalami penjualan yang baik selama Ramadhan dan Idul Fitri. Barang impor sangat diminati di sini," kata Milon Mahmud yang menjual attar di pasar, seperti dikutip dari Arab News, Minggu (23/4/2023).

"Orang-orang menyukainya karena variasi aroma dan wewangian serta kualitasnya yang tinggi. Itu sebabnya banyak orang menggunakannya."

Baca selebihnya di sini...

4 dari 4 halaman

Raja Salman Ucapkan Selamat Idul Fitri

Omong-omong soal Idul Fitri, baru-baru ini Raja Salman dari Arab Saudi merayakan Lebaran Idul Fitri 2023 pada Jumat, 21 April 2023. Ia melaksanakan sholat Id di Masjidil Haram, Mekkah.

Berdasarkan laporan Arab News, Raja Salman sholat bersama Pangeran Mohammed bin Salman (MbS) dan sejumlah tokoh penting.

Raja Salman pun menyampaikan ucapan selamat Lebaran Idul Fitri bagi umat Muslim di berbagai negara.

"Semoga Allah menerima puasa, ibadah, dan perbuatan-perbuatan baik bulan Ramadhan kita semua. Semoga Allah memberikan kita semua Id sebagaimana negara kita, negara-negara Arab dan Muslim, dan negara-negara dunia menikmati keamanan, perdamaian, dan ketentraman," ujarnya melalui Twitter.

Sebelum hari Lebaran Idul Fitri, Raja Salman memberikan pidato yang disampaikan oleh Menteri Media Salman bin Yousef. Raja Salman mencatat bahwa ada jutaan orang Umrah di Arab Saudi selama puasa.

"Jutaan peserta Umrah dapat melaksanakan ritual-ritual umrah pada Ramadhan tahun ini, berkat berkat tak terhitung dari Allah yang Maha Kuasa. Ini tidak akan mungkin tanpa rahmat Allah dan upaya-upaya tanpa lelah dari beragam sektor-sektor pemerintah untuk melayanan peserta Umrah dan memungkinkan mereka melaksanakan Umrah dengan mudah dan nyaman," kata Raja Salman dalam pidatonya.

Baca selebihnya di sini...

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat