uefau17.com

Lafal Doa Menerima Zakat Lengkap Arab, Latin dan Artinya - Islami

, Jakarta - Umat Islam yang mampu diwajibkan untuk menunaikan zakat. Salah satunya adalah zakat fitrah.

Zakat ditunaikan dengan jelas sebagai zakat. Sudah menjadi etika Islam, penerima maupun petugas juga harus mendoakan untuk si pemberi harta tersebut.

Berikut ini adalah doa menerima zakat fitrah, dikutip dari lazismubanyumas.org:

آجَرَكَ اللهُ فِيْمَا اَعْطَيْتَ، وَبَارَكَ فِيْمَا اَبْقَيْتَ وَجَعَلَهُ لَكَ طَهُوْرًا

AJAROKALLAAHU FIIMAA A’THOITA WABAAROKA FIIMAA ABQOITA WAJA’ALAHU LAKA THOHUURON

Artinya: Semoga Allah memberikan pahala kepadamu pada barang yang engkau berikan (zakatkan) dan semoga Allah memberkahimu dalam harta-harta yang masih engkau sisakan dan semoga pula menjadikannya sebagai pembersih (dosa) bagimu.

Ada pula doa menerima zakat yang bisa dijadikan alternatif yang bisa dibaca, sebagaimana diajarkan oleh Syekh Nawawi al Bantani.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa Menerima Zakat Syekh Nawawi al Bantani

Mengutip NU Online, Syekh Nawawi Banten menganjurkan mereka yang menerima zakat untuk mendoakan mereka yang berzakat dengan lafal sebagai berikut:

طَهَّرَ اللهُ قَلْبَكَ فِي قُلُوْبِ الأَبْرَارِ وَزَكَّى عَمَلَكَ فِي عَمَلِ الأَخْيَارِ وَصَلَّى عَلَى رُوْحِكَ فِي أَرْوَاحِ الشُّهَدَاءِ

Thahharallāhu qalbaka fī qulūbil abrār, wa zakkā ‘amalaka fī ‘amalil akhyār, wa shallā ‘alā rūhika fī arwāhis syuhadā’.

Artinya, “Semoga Allah menyucikan hatimu pada hati para hamba-Nya yang abrar. Semoga Allah bersihkan amalmu pada amal para hamba-Nya yang akhyar. Semoga Allah bershalawat untuk rohmu pada roh para hamba-Nya yang syahid.”

Lafal ini dapat dijadikan lafal alternatif bagi para mustahik zakat fitrah. Semoga Allah menerima ibadah zakat para muzakki, mengabulkan doa para mustahik zakat, dan menanamkan kebahagiaan dan kedamaian di hati semuanya dalam merayakan hari Idul Fitri. Wallahu a‘lam.

Tim Rembulan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat