uefau17.com

5 Cara untuk Tetap Bersemangat Sepanjang Puasa Ramadhan, Hindari Kafein Salah Satunya - Islami

, Jakarta - Ramadhan merupakan momen spesial yang selalu disambut umat Islam dengan antusias. Di bulan suci ini, semua muslim dan muslimah diberi kesempatan untuk bisa menjalankan ibadah sebanyak mungkin.

Tidak hanya untuk meningkatkan keimanan kepada Allah SWT, tetapi amalan selama Ramadhan diharapkan dapat menambah tabungan pahala kelak di Hari Kiamat.

Sepanjang puasa nanti, umat Islam menahan diri dari makan dan minum dari matahari terbit hingga terbenam. Ritual Islam ini berpusat pada ibadah, pelayanan, pertemuan komunitas, dan pengembangan spiritual. 

Selama bulan Ramadhan pula, menyesuaikan diri dengan kekurangan makanan dan air di siang hari dapat membuat orang merasa lelah dan lesu. Bekerja di bulan puasa memang berbeda dibanding hari-hari biasa, karena harus menahan lapar dan dahaga sampai adzan Maghrib tiba.

Terlebih buat Anda yang masih harus bekerja, baik yang bekerja dari rumah (work from home) maupun yang berangkat ke kantor, rasa haus dan lapar kadang bisa membuyarkan konsentrasi kerja, alhasil rasa malas datang menggoda.

Sementara beberapa kantor dan sekolah mengurangi jam atau durasi kerja dan sekolah, akan sulit untuk tetap bersemangat dan fokus sepanjang hari.

Berikut adalah lima tips atau cara untuk mencegah kelelahan agar tetap semangat saat berpuasa, dilansir dari Alarabiya, Minggu (19/3/2023):

1. Selalu Terhidrasi

Air merupakan komponen penting untuk tetap menjaga tubuh terhidrasi. Maka, penting untuk memastikan bahwa Anda memenuhi asupan air harian Anda selama Ramadhan.

Cobalah untuk minum setidaknya 8 hingga 10 gelas air selama jam-jam non-puasa untuk mencegah dehidrasi. Anda juga bisa minum air buah, jus segar, air kelapa, dan teh herbal.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Hindari Kafein

Karena umat Islam tidak dapat minum apa pun saat berpuasa, mereka yang terbiasa menikmati teh atau kopi pagi hari dapat memilih untuk menyerah pada kafein setelah berbuka puasa.

Namun, terlalu banyak kafein bisa sangat membuat dehidrasi. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari atau batasi jumlah kopi, teh, atau minuman bersoda yang Anda minum setelah berbuka puasa.

3. Tidur Siang yang Cukup

Tidur secara drastis memengaruhi tingkat energi Anda. Selama Ramadan, ketika sebagian besar aktivitas dilakukan setelah matahari terbenam, penting untuk memastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup.

Tidur siang singkat di siang hari dapat membantu Anda mengisi ulang tingkat energi Anda. Tidur siang selama 15 atau 30 menit sudah cukup untuk membantu Anda menjalani hari.

Jangan bergadang pula, selain dapat mengganggu kesehatan, waktu kerja juga bisa terganggu karena rasa kantuk yang tak tertahan.

Tidurlah lebih awal selama bulan puasa karena Anda akan bangun lebih pagi untuk menyiapkan dan makan sahur. Jika sudah terbiasa, di bulan-bulan berikutnya waktu tidurmu bisa lebih teratur. 

3 dari 4 halaman

4. Makan Buka Puasa yang Sehat

Sebaiknya berbuka puasa dengan makanan sehat seperti kurma, buah-buahan, dan sayuran. Hal ini agar membantu Anda menjaga tingkat energi.

Melansir dari Al Jazeera, secara tradisional, umat Islam berbuka puasa saat matahari terbenam dengan konsumsi kurma karena buah itu kaya akan gula dan diserap dengan cepat oleh tubuh, memberikan dorongan yang hampir instan.

Disarankan juga untuk membagi makanan berbuka puasa menjadi dua, daripada makan satu kali dalam porsi besar. Ini akan membantu mengelola lonjakan glukosa darah yang besar, serta mengurangi risiko gangguan pencernaan.

Hindari juga makan makanan yang digoreng dan bergula saat berbuka karena bisa membuat Anda merasa lesu. Cobalah untuk makan seimbang dengan protein, sayuran, dan karbohidrat agar Anda merasa puas dan bergizi baik.

5. Hindari Aktivitas Fisik yang Berlebihan

Tips terakhir adalah, hindari aktivitas fisik yang terlalu berat atau berlebihan. Sebab, aktivitas fisik yang berat saat berpuasa dapat membuat Anda merasa lelah setelah berbuka puasa.

Sebagai gantinya, cobalah untuk melakukan latihan intensitas rendah seperti berjalan kaki, joging, atau yoga.

4 dari 4 halaman

Hindari Makanan Ini agar Tubuh Tetap Sehat Saat Puasa Ramadhan

Ada beberapa hal yang bisa membuat Anda tetap sehat saat puasa. Misalnya, hindari makan dan minuman yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ketika sedang menjalani puasa.

Hendaklah memperhatikan agar Anda tidak terlambat dan tetap melakukan sahur dengan rutin. Olahraga juga masih bisa kamu lakukan di bulan Ramadan sesuai dengan kondisi tubuh.

Ada beberapa makanan yang dihindari ketika Anda menjalankan ibadah puasa.

Yang pertama, jauhi gorengan. Berpuasa atau tidak, terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak akan menyebabkan timbunan lemak dalam tubuh.

Kemudian, kurangi gula berlebih. Terlalu banyak dan sering mengonsumsi gula dan yang serbamanis justru akan menyebabkan rasa lapar yang terlalu cepat.

Hindari juga bibir kering, Jangan membiasakan menjilat bibir dengan ludah karena justru membuat bibir kamu bertambah kering. Namun, gunakanlah lip balm atau pelembab khusus bibir yang bisa membantu bibir kamu tetap lembab.

Baca selebihnya di sini...

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat