uefau17.com

Sharhus Sunnah: 4 Macam Makanan dan Minuman Penghuni Surga - Islami

, Jakarta - Al-Qur'an berisikan banyak penjelasan tentang akhirat (kehidupan setelah mati) untuk orang yang selalu berbuat baik. Surga itu sendiri sering dijelaskan dalam berbagai surah dalam Al-Qur'an.

Surga adalah tempat yang paling di idamkan seorang muslim karena begitu banyak keindahan dan segala macam kebaikan yang ada di dalam nya. Allah SWT berfirman dalam QS. al-Baqarah Ayat 25.

وَبَشِّرِ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ اَنَّ لَهُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُۗ كُلَّمَا رُزِقُوْا مِنْهَا مِنْ ثَمَرَةٍ رِّزْقًاۙ قَالُوْا هٰذَا الَّذِيْ رُزِقْنَا مِنْ قَبْلُ وَاُتُوْا بِهٖ مُتَشَابِهًاۗ وَلَهُمْ فِيْهَآ اَزْوَاجٌ مُّطَهَّرَةٌ وَّهُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ ۝٢٥

Artinya: “Sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang beriman dan beramal saleh bahwa untuk mereka (disediakan) surga-surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai. Setiap kali diberi rezeki buah-buahan darinya, mereka berkata, “Inilah rezeki yang diberikan kepada kami sebelumnya.” Mereka telah diberi (buah-buahan) yang serupa dan di sana mereka (memperoleh) pasangan-pasangan yang disucikan. Mereka kekal di dalamnya.”

Maka bagi muslim yang beriman dan serta taat kepada -Nya, maka surga adalah janji Allah di akhirat kelak. Akhirat itu kekal maka apa pernah kita berfikiran apa saja yang akan kita temui di surga?

Ternyata, di surga Allah telah memberikan makanan dan minuman yang luar biasa. Makanan itu mirip dengan yang ada di dunia, tetapi rasa, bentuk, dan yang lainnya berbeda dengan kenikmatan di surga. Oleh karena bentuk kasih sayang Allah terhadap para penghuni surga.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makanan dan Minuman Surga

1. Buah buahan 

Dalam Al Quran Surah Ar Rahman ayat 52, Allah SWT berfirman:

“Di dalam kedua surga itu terdapat segala macam buah-buahan yang berpasang-pasangan.” (QS Ar-Rahman: 52)

Ayat ini menerangkan bahwa pada kedua surga itu terdapat bermacam-macam buah-buahan basah dan kering, kedua-duanya sama lezatnya, berlainan dengan buah-buahan di dunia.

Kemudian dijelaskan lagi dalam Al Quran Surah Ar Rahman ayat 68, yang artinya:

“Di dalam keduanya ada macam-macam buah-buahan dan kurma serta delima.” (QS Ar Rahman: 68)

Disebutkannya kurma dan delima walaupun keduanya termasuk ke dalam jenis buah-buahan, karena ada perbedaan dengan buah-buahan yang lain sebab keduanya terdapat pada musim gugur dan musim dingin. Di samping itu kurma adalah buah-buahan bergizi, dan delima dapat dijadikan obat. 

2. Daging Sapi dan Air dari Mata Air Salsabila

Terdapat dalam hadis saubah pembantu Rasulullah SAW. Bahwa di antara pendeta Yahudi pernah mendatangi Rasulullah SAW dan bertanya kepada Nabi Muhammad SAW. Untuk menguji dan mengajukan beberapa masalah dan telah ada dalam percakapannya.

Yahudi bertanya, “Apa suguhan penduduk surga ketika mereka masuk surga?”

Nabi menjawab, “Hati ikan.”

Yahudi bertanya lagi, “Apa makan siang setelahnya?”

Dijawab, “Disembelihkan untuk mereka sapi surga yang dimakan dari ujungnya.”

Kemudian yahudi bertanya lagi, “Apa minuman mereka?”

Dijawab, “Dari mata air yang dinamakan Salsabilah.”(HR Muslim: 315)

3. Air susu, khamar dan madu 

Allah berfirman di dalam Q.S Muhammad ayat 15

مَثَلُ الْجَنَّةِ الَّتِيْ وُعِدَ الْمُتَّقُوْنَۗ فِيْهَآ اَنْهٰرٌ مِّنْ مَّاۤءٍ غَيْرِ اٰسِنٍۚ وَاَنْهٰرٌ مِّنْ لَّبَنٍ لَّمْ يَتَغَيَّرْ طَعْمُهٗۚ وَاَنْهٰرٌ مِّنْ خَمْرٍ لَّذَّةٍ لِّلشّٰرِبِيْنَ ەۚ وَاَنْهٰرٌ مِّنْ عَسَلٍ مُّصَفًّىۗ وَلَهُمْ فِيْهَا مِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِ وَمَغْفِرَةٌ مِّنْ رَّبِّهِمْۗ كَمَنْ هُوَ خَالِدٌ فِى النَّارِ وَسُقُوْا مَاۤءً حَمِيْمًا فَقَطَّعَ اَمْعَاۤءَهُمْ ۝١٥ 

Perumpamaan surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa (adalah bahwa) di dalamnya ada sungai-sungai yang airnya tidak payau, sungai-sungai air susu yang rasanya tidak berubah, sungai-sungai khamar yang lezat bagi peminumnya, dan sungai-sungai madu yang murni. Di dalamnya mereka memperoleh segala macam buah dan ampunan dari Tuhan mereka. (Apakah orang yang memperoleh kenikmatan surga) sama dengan orang yang kekal dalam neraka dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga usus mereka terpotong-potong? 

4. Air dan Jahe

Di dunia ini, minuman jahe adalah salah satu minuman yang menjadi favorit, karena dapat menimbulkan kehangatan di dalam tubuh dan memberikan kesegaran dan manfaat yang banyak untuk kesehatan.

Adapun di surga minuman tersebut juga terdapat dalam sebuah ayat dalam Al Quran Surah Al Insan ayat 17-18, Allah SWT berfirman:

“Di dalam surga itu mereka diberi minuman. Segelas minuman yang campurannya adalah jahe, yang didatangkan dari sebuah mata air surga yang dinamakan Salsabila.” (QS Al-Insan: 17-18)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat