uefau17.com

Nama dan Tingkatan Surga Berikut Golongan Para Penghuninya - Islami

, Jakarta - Al-Qur'an berisikan banyak penjelasan tentang negeri akhirat (kehidupan setelah mati) untuk orang yang selalu berbuat baik. Surga atau jannah itu sendiri sering dijelaskan dalam berbagai surah di Al-Qur'an.

Surga disebutkan sebagai tempat keabadian berupa taman yang indah/kebun yang terdapat sungai-sungai mengalir di bawahnya

مَثَلُ الْجَنَّةِ الَّتِيْ وُعِدَ الْمُتَّقُوْنَۗ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُۗ اُكُلُهَا دَاۤىِٕمٌ وَّظِلُّهَاۗ تِلْكَ عُقْبَى الَّذِيْنَ اتَّقَوْاۖ وَّعُقْبَى الْكٰفِرِيْنَ النَّارُ ۝٣٥

"Perumpamaan surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa (ialah seperti taman), mengalir di bawahnya sungai-sungai; senantiasa berbuah dan teduh. Itulah tempat kesudahan bagi orang-orang yang bertakwa. Sedangkan tempat kesudahan bagi orang-orang kafir ialah neraka." (QS.Ar-Ra'd: 35)

Al-Quran juga telah menyebutkan hal-hal yang berkenaan dengan neraka yang biasanya juga diiringi dengan penjelasan tentang surga yang penuh dengan kenikmatan yang akan diperoleh orang-orang yang beriman, bertakwa, dan beramal saleh. Dalam ayat ini, surga yang dijanjikan Allah kepada orang-orang yang bertakwa diumpamakan sebuah kebun yang indah dan subur karena dialiri sungai-sungai. 

Pohon-pohonnya dilukiskan berbuah tidak henti-hentinya dan memberikan naungan kepada orang yang berteduh di bawahnya. Surga tersebut merupakan tempat tinggal terakhir dan selamanya bagi orang-orang yang bertakwa. 

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nama dan Tingkatan Surga

  • Surga Firdaus yaitu surga yang terbuat dari emas merah.

"Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyu' dalam sembahyangnya, dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna, dan orang-orang yang menunaikan zakat, dan orang-orang yang menjaga kemaluannya, kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela. Barangsiapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas. Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya. dan orang-orang yang memelihara sembahyangnya. Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi, (yakni) yang akan mewarisi surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya." 

  • Surga 'Adn yaitu surga yang terbuat dari intan putih.

(Yaitu) surga ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang sholeh dari bapak-bapaknya, istri-istrinya, dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu, (sambil mengucapkan), “Salamun ‘alaikum bima shabartum”. Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu.” (QS. ar-Ra'd: 23-24)

  • Surga Na'iim yaitu  surga yang terbuat dari perak putih.

Surga Na’im atau surga kenikmatan yang disebut tercipta dari perak putih. Calon penghuni surga ini dijelaskan dalam firman Allah SWT surah Luqman ayat 8,

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَهُمْ جَنَّاتُ النَّعِيمِ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, bagi mereka surga-surga yang penuh kenikmatan,"

  • Surga Khuldi yaitu surga yang terbuat dari marjan yang berwarna merah dan kuning.

”Katakanlah, “Apakah (azab) yang demikian itu yang baik, atau surga yang kekal yang dijanjikan kepada orang- orang yang bertaqwa?” Surga itu menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka.” (QS. al-Furqan: 15)

3 dari 3 halaman

Lanjutan Nama dan Tingkatan Surga

  • Surga Ma'wa yaitu surga yang terbuat dari zabarjud hijau.

Adalah tempat menetap sebagaimana firman Allah subhanahu wata’ala dalam surat an-Najm. Disebut demikian karena surga merupakan tempat menetapnya orang-orang mukmin.

Keberadaan surga Ma’wa disebut dalam surah an-Najm ayat 15,

عِنْدَهَا جَنَّةُ الْمَأْوَى

“Di dekatnya ada surga tempat tinggal.”

Jannatul ma’wa menjadi tempat para hambaNya yang bertakwa, beramal sholeh, menahan hawa nafsu, dan meyakini kebesaran Allah SWT.

  • Surga Jalal yaitu surga yang terbuat dari mutiara putih.

Orang yang senantiasa berpegang teguh kepada iman dan islam dan memperbanyak beramal shaleh bukti keberadaan surga ini. Terdapat dalam surah fathir ayat 35

Artinya : "Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga) dari karunianya : di dalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesu."

  • Surga Dar al-Qarar yaitu surga yang terbuat dari permata putih.

Dinamakan Dar al-Qarar karena orang-orangnya tidak mati dan akan tinggal di dalamnya buat selama-lamanya sebagaimana firman Allah S.W.T. yang artinya : “Wahai kaumku! Sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah kesenangan (untuk sementara waktu sahaja), dan sesungguhnya hari Akhirat itu sahaja negeri yang kekal”. (Q.S al-Mu’min: 39)

  • Surga Darussalam, yaitu surga yang terbuat dari yaqut merah.

Bagi mereka (disediakan) Darussalam (surga) pada sisi Rabbnya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal sholeh yang selalu mereka kerjakan.” (QS. al-An'am: 127)

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat