uefau17.com

Kapan Awal Puasa Ramadan 2023? Simak Info dan Jadwalnya di Sini - Islami

, Jakarta - Pada 2023 umat Islam di dunia termasuk Indonesia akan melaksanakan Rukun Islam keempat, yakni puasa selama satu bulan penuh saat Ramadan. Puasa wajib ini dikenal dengan sebutan puasa Ramadan.

Puasa Ramadan adalah ibadah yang wajib dikerjakan oleh seorang muslim setiap tahunnya. Karena wajib, maka orang yang meninggalkan puasa baik karena udzur maupun yang lainnya harus tetap mengganti di waktu lain sebelum bertemu dengan Ramadan berikutnya.

Saat berpuasa Ramadan, seorang muslim akan menahan diri dari segala sesuatu seperti makan, minum, perbuatan buruk maupun dari yang membatalkan puasa. Puasa ini dimulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari yang disertai dengan niat karena Allah SWT, dengan syarat dan rukun tertentu. 

Adapun dalil perintah wajib menjalankan puasa Ramadan terdapat dalam Al-Qur'an surah Al-Baqarah ayat 183.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadwal Puasa Ramadan 2023

Sejauh ini belum keputusan mengenai penetapan tanggal 1 Ramadan sebagai hari pertama puasa. Biasanya Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia akan menggelar sidang isbat di penghujung Sya'ban untuk menentukan kapan awal puasa Ramadan.

Kendati demikian, mengacu pada kalender Islam Hijriah yang diterbitkan oleh Kemenag RI, perkiraan awal puasa Ramadan 2023 jatuh pada 22-23 Maret 2023. Ini berdasarkan perhitungan hari libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Idulfitri pada 22-23 April 2023.

Lembaga astronomi Uni Emirat Arab (UEA) telah memprediksi awal Ramadan 2023 jatuh pada 23 Maret. Ini diumumkan oleh Emirates Astronimical Society.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat