uefau17.com

Bacaan Doa Tidur Sebelum dan Sesudah Beserta Artinya, Begini Keutamaannya - Hot

, Jakarta Doa tidur menjadi salah satu amalan yang umumnya diajarkan sejak dini dalam kehidupan umat Muslim. Dalam ajaran Islam setiap tindakan memang dianjurkan untuk diawali dan diakhiri dengan doa, begitupun dengan tidur.

Membaca doa tidur memiliki banyak hikmah dan keutamaan. Membaca doa sebelum dan sesudah tidur terbukti memberikan ketenangan dan rasa nyaman sebelum mengakhiri aktivitas harian dan saat akan memulai tidur. Hal ini membantu untuk meredakan stres dan kegelisahan yang mungkin terjadi dalam pikiran seseorang. 

Membaca doa tidur juga membantu untuk meningkatkan kesadaran akan kehadiran Tuhan dalam kehidupan sehari-hari, memperkuat ikatan spiritual denganNya. Namun, doa tidur bukanlah satu-satunya amalan dianjurkan untuk dilakukan sebelum tidur. Ada juga amalan lain yang bisa mendampingi doa tersebut, seperti membaca ayat suci Al-Quran, melakukan dzikir, atau melakukan refleksi singkat atas perbuatan yang dilakukan selama hari itu. 

Semua ini bertujuan untuk membersihkan pikiran dan hati sebelum tidur, serta mempersiapkan diri untuk menjalani hari yang baru dengan penuh keberkahan. Berikut ulasan lebih lanjut tentang bacaan dan manfaat mengamalkan doa tidur yang kumpulkan dari berbagai sumber, Selasa (13/2/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa Sebelum Tidur dan Artinya

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

"Bismika allahumma ahyaa wa bismika amuut."

Artinya: Dengan nama-Mu, Ya Allah, aku hidup dan aku mati.

Bacaan Doa Bangun Tidur dan Artinya

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

"Alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wailaihin nusyur."

Artinya: Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah mematikan kami, dan kepada Allah kami dibangkitkan.

3 dari 4 halaman

Keutamaan Membaca Doa Tidur

Membaca doa tidur, baik sebelum maupun ketika bangun, bukan sekadar ritual. Membaca doa tidur adalah sebuah amalan yang memiliki keutamaan dan manfaat yang besar dalam kehidupan spiritual seorang Muslim. Berikut adalah beberapa keutamaan membaca doa tidur yang dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi umat Muslim.

1. Tidur dengan Mengingat Allah

Dalam ajaran Islam, tidur dianggap sebagai bentuk kematian sementara dimana jiwa manusia berada dalam genggaman Allah SWT. Dengan memanjatkan doa sebelum tidur, seseorang tidur dalam keadaan mengingat Allah dan merasa tenang bahwa kehidupan dan kematian berada dalam kontrol-Nya.

2. Perlindungan dan Penjagaan oleh Allah SWT

Doa sebelum tidur merupakan ungkapan pasrah dan tawakal kepada Allah SWT. Dalam keadaan tidur, manusia rentan terhadap gangguan makhluk halus seperti jin dan setan. Dengan membaca doa tidur, seseorang akan dilindungi dan dijaga oleh Allah dari segala gangguan yang mungkin datang.

3. Terhindar dari Gangguan Setan

Salah satu keutamaan besar membaca doa sebelum tidur adalah kemampuannya untuk melindungi diri dari gangguan setan yang bisa menyebabkan kegelisahan dan bahkan mimpi buruk. Doa ini memberikan perlindungan spiritual dan ketenangan pikiran sehingga tidur menjadi lebih nyaman dan terhindar dari mimpi yang tidak diinginkan.

4. Membawa Ketenangan dan Kesejahteraan

Doa tidur juga memberikan ketenangan batin dan rasa aman kepada yang membacanya. Dengan merenungkan makna doa dan merasa terhubung dengan Tuhan, seseorang akan tidur dengan hati yang tenang dan pikiran yang jernih, siap untuk menghadapi hari yang baru dengan penuh semangat.

4 dari 4 halaman

Amalan Lain yang Dianjurkan Sebelum Tidur

Selain membaca doa tidur, ada beberapa amalan yang dicontohkan Rasulullah sebelum tidur. Berikut adalah beberapa amalan sunnah sebelum tidur yang memberikan manfaat besar bagi kehidupan.

1. Berwudhu Seperti Akan Shalat

Berwudhu sebelum tidur adalah praktik yang diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk menjaga kebersihan tubuh dan jiwa. Ini tidak hanya mempersiapkan seseorang jika mereka meninggal dalam tidur, tetapi juga membawa kesucian dan kebersihan spiritual.

2. Mengibaskan Kasur

Membersihkan tempat tidur dengan mengibaskan kain dan membaca basmalah adalah amalan yang disarankan untuk menjaga kebersihan tempat tidur dari kotoran atau benda-benda yang tidak diinginkan. Hal ini mencerminkan rasa hormat terhadap tempat istirahat dan juga memastikan tidur yang nyaman.

3. Membaca Doa Sebelum Tidur

Doa sebelum tidur membawa berkah dan perlindungan dari Allah SWT. Dengan memohon perlindungan dan rahmat-Nya, seseorang dapat tidur dengan tenang dan terhindar dari gangguan setan serta mimpi buruk. Doa juga merupakan bentuk pengingat akan kehadiran Allah dalam kehidupan sehari-hari.

4. Membaca Surah Tertentu dalam Al-Qur'an

Membaca ayat-ayat Al-Qur'an tertentu sebelum tidur seperti ayat kursi, surah Al-Mulk, dan surah Al-Kafirun memberikan perlindungan dan ketenangan jiwa. Ayat-ayat suci ini membawa berkah dan kemuliaan kepada yang membacanya serta menjaga dari berbagai gangguan spiritual.

5. Berbaring ke Arah Kanan

Berbaring ke arah kanan merupakan sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Selain memberikan manfaat kesehatan, seperti meningkatkan kualitas tidur dan memperlancar pencernaan, ini juga merupakan bentuk ketaatan dan penghormatan kepada ajaran Nabi Muhammad SAW.

6. Berdzikir

Berdzikir sebelum tidur adalah cara yang baik untuk menenangkan jiwa dan memperkuat ikatan spiritual dengan Allah SWT. Dengan mengingat-Nya sebelum tidur, seseorang memastikan bahwa pikiran dan hatinya terjaga dalam keadaan yang baik dan siap menerima berkah dan rahmat-Nya.

Dengan menjalankan amalan-amalan sunnah sebelum tidur ini, umat Muslim dapat memperkuat ikatan spiritual dengan Allah SWT, melindungi diri dari berbagai gangguan setan, dan tidur dengan pikiran yang tenang dan hati yang damai. Ini merupakan bagian

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat