uefau17.com

Romantis, Ini 67 Kata-Kata Cinta Bahasa Arab dan Artinya - Hot

, Jakarta - Mengungkapkan kata-kata cinta dalam bahasa Arab romantis kepada pasangan merupakan cara yang indah untuk mengekspresikan perasaan. Dalam budaya Arab, keindahan dan kelembutan kata-kata memiliki makna yang mendalam, ini mencerminkan rasa kasih sayang terhadap pasangan.

Dalam suasana romantis, beberapa ungkapan cinta yang sering digunakan adalah "Ana behibek" yang berarti "Aku mencintaimu" atau "Enti habibti" yang artinya "Engkau kekasihku." Kata-kata cinta dalam bahasa Arab sederhana tersebut memiliki kekuatan untuk menyampaikan perasaan kasih sayang dengan penuh kehangatan dan menyentuh hati.

Selain itu, ungkapan-ungkapan seperti "Hubbunaa abadan" yang berarti "Cintaku selamanya" juga dapat memberikan sentuhan romantis yang menyentuh hati pasangan. Banyak orang menggunakan bahasa Arab untuk mengungkapkan kata-kata cinta kepada kekasih halalnya untuk menjaga ikatan pernikahan mereka.

Berikut ulas lebih mendalam romantis kata-kata cinta dalam bahasa Arab dan artinya yang dimaksudkan, Rabu (6/12/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1-23

  1. "Eindama yakun hunak qalban libaedihima albaed , fala tujad masafat baeidat jdan , wala waqt tawil jdan, wala yumkin li'ayi hubin akhir tafkikuhima." Artinya: Ketika dua hati dimaksudkan untuk satu sama lain, tidak ada jarak yang terlalu jauh, tidak ada waktu yang terlalu lama, dan tidak ada cinta lain yang dapat memisahkan mereka.
  2. "Yahlumur rojulu bi imroatin kaamilatin, wa tahlumul maratu birojulin kaamilin. Wa laa ya'lamuuna annalloha kholaqohum liyukmilaa ba'dhohum al ba'dho." Artinya: Seorang laki-laki selalu mengidam-idamkan seorang perempuan yang sempurna dan perempuan pun begitu selalu mengidam-idamkan laki-laki sempurna. Padahal mereka tidak paham bahwa Allah menciptakan mereka untuk saling melengkapi satu sama lain.
  3. "Man yuhibbuka lan yatrukuka walau kunta syaukan baina yadaihi." Artinya: Orang yang benar-benar mencintaimu tidak akan pernah meninggalkanmu sekalipun engkau menjadi duri yang menghadang di hadapannya.
  4. "Idaa quddira liian aisa hayaat marrah uhraa lakuntu wagadtuka aagilan." Artinya: Jika aku bisa menjalani hidupku lagi, aku akan menemukanmu lebih cepat.
  5. "Alhubbu tajribatun hayyatun laa yu'aaniihaa illaa man ya'iisyuhaa." Artinya: Cinta adalah pengalaman nyata, tidak dialami kecuali oleh orang yang menjalaninya.
  6. "Al uyuun tansa man taro, walaakinna al qolbu laa tansa man tuhibb." Artinya: Mata akan lupa siapa yang ia lihat. Akan tetapi hati tidak akan lupa siapa yang ia cinta.
  7. "Alhubbu an yarol muhibbani al hayak kilaahumaa yu'inu mahbubihi." Artinya: Cinta adalah ketika dua orang yang saling mencintai memandang dunia dan mereka saling membantu satu sama lain.
  8. "Alhubbu haqiqi yakunu baina thorfaini wa yushohibuhus shidqu wal amanah. Wa maa ada dzalika fa yakuna khoyal." Artinya: Cinta itu melibatkan dua belah pihak dan disertai kejujuran dan amanah. Jika tidak, maka cinta hanyalah khayalan.
  9. "Laisal hubbu an nabqaa da-iman bijaanibi man nuhibbu wa laakinnal hubba an nabqa fii qalbi man nuhibbu." Artinya: Cinta bukan berarti kita selalu berada di sisi orang yang kita cinta. Tapi cinta adalah saat kita berada di dalam hati orang yang dicintai.
  10. "Idzaa ahabbaka milyuunu syakhshin fa`ana minhum, wa idzaa ahabbaka syakhshun waahidun fahuwa ana, wa idzaa lam yuhibbaka ahadun fa'lam annii mittu." Artinya: Jika sejuta orang mencintaimu, aku salah satunya. Jika hanya satu orang mencintaimu, akulah orangnya. Dan jika tak seorang pun mencintaimu, ketahuilah bahwa aku sudah tidak ada.
  11. "Alhayaatu tu'allimukal hubba, wat tajaarubu tu'allimuka man tuhibbu, wal mawaaqifu tu'allimuka man yuhibbuka." Artinya: Kehidupan mengajarimu cinta, pengalaman mengajarimu siapa yang kau cintai, dan situasi mengajarimu siapa yang mencintaimu.
  12. "Qolbi laa yaro illa habiiban lahu." Artinya: Hati ini tidak akan melirik selain pada kekasihnya.
  13. "Alhubbu sulhaanun wa lidzaaliki fahuwa fawqal qaanuuni." Artinya: Cinta adalah raja, oleh karena itu ia lebih berkuasa dari undang-undang.
  14. "Alhub huwa an ta'iesyu hayata mahbubika bifikrika wa qolbika, wa syuurika kama yai'syu huwa." Artinya: Cinta itu adalah engkau dapat merasakan kehidupan orang yang engkau cintai dengan segenap pikiran, hati, dan perasaanmu.
  15. "Akhofu alaika min ayyi huznin yasriku ibtisamataka." Artinya: Aku selalu menghawatirkanmu dari setiap kesedihan yang akan mencuri senyummu.
  16. "Alhubbu awwaluhu dzikrun wa aakhiruhu fikrun." Artinya: Permulaan cinta adalah menyebut, dan kesudahannya adalah memikirkan.
  17. "Laqad marart bieuyun kathirat , lakinani tahit fi eaynayk faqat." Artinya: Aku telah melewati banyak mata, tapi aku hanya tersesat di matamu.
  18. "Alhubu aladhi ‘ubhar fi eaynayk jaealani ‘araa alnuwr." Artinya: Cinta yang berlayar di matamu, telah membuatku melihat cahaya.
  19. "Sa'uhibuk ‘iilaa al'abad hataa tahtariq alnujumu." Artinya: Aku akan selamanya mencintaimu sampai bintang-bintang terbakar.
  20. "In kuntu ʾaʿrifu maʿnā al-ḥub, faḏalika bifaḍlik." Artinya: Jika aku tahu apa itu cinta, itu karena kamu.
  21. "Uhibbuki fie kulli lahdzotin tamuuru fie hayati." Artinya: Aku mencintaimu sepanjang waktu dalam hidupku.
  22. "Wafi qalbi madinat kuli sukaaniha 'anti." Artinya: Dan hatiku adalah kota di mana satu-satunya populasi adalah kamu.
  23. "Qad laa akuun rafiiq mawiduk al-awwal, qublatuka al-uulaa, aw ubbuka al-awwal, uulakinnii uriidu an akuun al-aiir." Artinya: Aku mungkin bukan kekasih pertamamu, ciuman pertamamu, atau cinta pertamamu, tetapi aku ingin menjadi yang terakhir.
3 dari 5 halaman

24-40

  1. "Laukaanal hubbu kalimat tuktabu lantahat aqlami. Walakinal hubbu riehun tahub." Artinya: Kalaulah cinta itu kata yang harus ditulis, niscaya penaku sudah habis. Tapi untunglah cinta itu adalah udara yang terus berembus.
  2. "Man yuhibbuka yaro fieka jamaalan lam tarohu anta fie nafsika." Artinya: Orang yang mencintaimu melihat sebuah keindahan pada dirimu yang kau sendiri tidak pernah melihatnya.
  3. "Idza lam yazidkal bu'du hubban, fa anta lam tuhib haqqon." Artinya: Jika jarak yang jauh tidak menambah rasa cintamu, berarti engkau memang belum mencintainya.
  4. “Indama nuhibbu tartabitu masyairina bil khouf, nakhoful faqda, nakhoful firoq, wa nakhofu an Nashib aktsar.” Artinya: Ketika kita mencintai, perasaan kita akan merasakan ketakutan, takut kehilangan, takut perpisahan, dan takut berbagi.
  5. “Arwa'u maa qad yakuunu an tasy'ura bil hubbi, wa laakinnal ajmala an yasy'ura bika man tuhibbu.” Artinya: Hal terindah memang ketika engkau jatuh cinta, akan tetapi lebih indah jika orang yang kau cintai menyadari cintamu.
  6. “Biqadri maa nuhibbu nuhabbu.” Artinya: Sebagaimana kita mencintai, begitulah kita dicintai.
  7. “Indama iftaqodtuka lan abhatsu a'nka ba'ieda bal saandzuru ilaa a'maqi qolbi haitsu takuunu daaiman.” Artinya: Saat kehilanganmu, maka aku tidak akan jauh-jauh mencarimu. Cukuplah aku mencarimu di dalam lubuk hatiku.
  8. “Alhubbu kal harbi, minas sahli an tus'ilaha, walaakin minas sha'bi an tukhmidaha.” Artinya: Cinta itu laksana sebuah perang, amat mudah mengobarkannya, tapi amat sulit untuk memadamkannya.
  9. “Alhubbu awwaluhu dzikrun wa aakhiruhu fikrun.” Artinya: Permulaan cinta adalah menyebut, dan kesudahannya adalah memikirkan.
  10. “Alhubbu tajribatun hayyatun laa yu'aaniihaa illaa man ya'iisyuhaa.” Artinya: Cinta adalah pengalaman nyata, tidak dialami kecuali oleh yang menjalaninya.
  11. "I'ndamaa tuhibbu syakhson bilaa sabab, kun mutayaqqinan bi annaa laa alfa sabab qodirun ala naz'ihi min qolbika." Artinya: Tatkala engkau mencintai seseorang tanpa sebab, saat itu pula yakinlah bahwa seribu sebab sekalipun tidak akan bisa mencabutnya dari hatimu.
  12. "Maa ajmala an tajida qolban yuhibbuka duna an yutholibuka bi ayyi syaiin siwaa an yarooka bikhoirin." Artinya: Betapa indahnya jika engkau menemui hati yang tidak pernah menuntut apa-apa darimu kecuali sebatas keinginan untuk melihatmu dalam keadaan baik.
  13. "Man yuhibbuka yaro fieka jamaalan lam tarohu anta fie nafsika." Artinya: Orang yang mencintaimu melihat sebuah keindahan pada dirimu yang kau sendiri tidak pernah melihatnya.
  14. "Syakhsun muhimm fie hayaatika laisasy syakhsul ladzi tasyuru biwujudihi. Walaakinnahu as syakhsul ladzi tasyuru bi giyabihi." Artinya: Sosok penting dalam kehidupanmu bukanlah sosok yang dapat kamu rasakan keberadaannya. Namun sosok penting dalam hidupmu adalah sosok yang kamu dapat rasakan kepergiannya.
  15. "Man yuhibbuka lan yatrukuka walau kunta syaukan baina yadaihi." Artinya: Orang yang benar-benar mencintaimu tidak akan pernah meninggalkanmu, sekalipun engkau menjadi duri yang menghadang di hadapannya.
  16. "Yahlumur rojulu bi imroatin kaamilatin, wa tahlumul maratu birojulin kaamilin. Wa laa ya'lamuuna annalloha kholaqohum liyukmilaa ba'dhohum al ba'dho." Artinya: Seorang laki-laki selalu mengidam-idamkan seorang wanita yang sempurna dan wanita pun begitu selalu mengidam-idamkan laki-laki sempurna. Padahal mereka tidak faham bahwa Allah menciptakan mereka untuk saling melengkapi satu sama lain.
  17. "Idza lam yazidkal bu'du hubban, fa anta lam tuhib haqqon."Artinya: Jika jarak yang jauh tidak menambah rasa cintamu, berarti engkau memang belum mencintainya.

 

 

4 dari 5 halaman

41-55

  1. "Al uyuun tansa man taro, walaakinna al qolbu laa tansa man tuhibb.” Artinya: Mata akan lupa siapa yang ia lihat. Akan tetapi hati tidak akan lupa siapa yang ia cinta.
  2. "Anaa mugabun biki.” Artinya: Aku naksir kamu.
  3. "Al hub an yarol muhibbaani al hayak kilaahumaa yu'inu mahbubihi.” Artinya: Cinta adalah tatkala dua orang yang saling mencintai memandang dunia dan mereka saling membantu satu sama lain
  4. "Al Hubbul haqiqi yakunu baina thorfaini wa yushohibuhus shidqu wal amanah. wa maa ada dzalika fa yakuna khoyal.” Artinya: Cinta itu melibatkan dua belah pihak dan disertai kejujuran dan amanah. Jika tidak, maka cinta hanyalah khayalan.
  5. "Afdalu suuur huwa indamaa taltafitu ilaa waghihi uutagiduhu yuhaddiqu bik.” Artinya: Perasaan terbaik adalah ketika dirimu menoleh ke wajahnya dan menemukannya sedang menatap.
  6. "Makaanii al-mufaddal huwa maak.” Artinya: Bersama denganmu adalah tempat favoritku.
  7. "Idaa quddira liian aisa hayaat marrah uhraa lakuntu wagadtuka aagilan.” Artinya: Jika aku bisa menjalani mengulangi hidupku lagi, aku akan menemukanmu mengenalmu lebih cepat.
  8. "Uriidu an akuuna “marhaban” al-mufaddalah ladayk uuasabu wadaa bilnisbati lak.” Artinya: Aku ingin menjadi sapaan "Halo" favoritmu, dan kata selamat tinggal yang paling sulit.
  9. "Adkuruka aynamaa nazart anta haiiaatii.” Artinya: Di mana pun aku memandang, aku teringat akan cintamu. Kamu adalah duniaku.
  10. "Anta tanii al-katiiira bilnisbati liii.” Artinya: Engkau sangat berarti untukku.
  11. "Ana uhibbuka fillah.” Artinya: Aku mencintaimu karena Allah.
  12. "Kaana muqaddaran lanaa an nakuuna ma'an.” Artinya: Kita ditakdirkan untuk bersama.
  13. "Miatu qalbin lan yakuunuuaa kaaafiiiiin lihamli hubii lakii.” Artinya: Seratus hati nampaknya terlalu sedikit untuk membawa menampung semua rasa cintaku padamu.
  14. "Al hibbatu laa yamuutuuna abadan wa in dufinuu.” Artinya: Orang tercinta selamanya tidak mati, meskipun ia telah dikubur.
5 dari 5 halaman

56-67

  1. "Alhayaatu tu'allimukal hubba, wat tajaarubu tu'allimuka man tuhibbu, wal mawaaqifu tu'allimuka man yuhibbuka.” Artinya: Kehidupan mengajarimu cinta, pengalaman mengajarimu siapa yang kau cintai, dan situasi mengajarimu siapa yang mencintaimu.
  2. "Fakartu an uhdika uyunie walaakin khiftu an asytaaq ilaiki falaa aroki.” Artinya: Aku berpikir untuk menghadiahkan mataku, tapi aku takut jika aku merindukanmu. Aku tidak akan bisa melihatmu.
  3. "Yas'alunani limaadza uhibbuki. Aghbiyaa kaannahum yas'aluni limadza atanafas.” Artinya: Orang-orang bertanya padaku kenapa aku mencintaimu. Sungguh mereka itu sangat bodoh, karena mereka seakan-akan bertanya padaku untuk apa aku bernapas.
  4. "Laa adri kam yabqo lie minal umri al muhim, annal umro kulluhu abqo ma'aka.” Artinya: Aku tidak tahu sisa umurku, tapi yang penting aku bersamamu sepanjang umur.
  5. "Ats tsalju hadiyyatusy syitaa’i, wasy-syamsu hadiyyatush shayf, waz-zuhuuru, hadiyyatur-rabii’i,wa anti hadiyyatul ‘umri.” Artinya: Matahari adalah kado musim panas. Bunga adalah kado musim semi. Dan kamu adalah kado terindah seumur hidup.
  6. "Qolbie laa yaro illaa habieban lahu.” Artinya: Hati ini tidak akan melirik selain pada kekasihnya.
  7. "Akhofu alaika min ayyi huznin yasriku ibtisamataka.” Artinya: Aku selalu menghawatirkanmu dari setiap kesedihan yang akan mencuri senyummu.
  8. "Arwa'ul qulub qolbuk, wa ajmalul kalaam himsuk, wa ahla maa fie hayaatie hubbuk.” Artinya: Hati yang paling menakjubkan adalah hatimu, suara yang paling indah adalah bisikanmu, dan hal termanis dalam seumur hidup adalah mencintai.
  9. "Aarif ayyatal farku baina shoutika wa shoutur rososoh? Ar rososotu ta'khudur ruh wa shotuka tui'edur ruh.” Artinya: Tahukah kamu apa perbedaan suaramu dan suara senapan? Suara senapan mencabut nyawa sedangkan suaramu mengembalikan nyawa.
  10. "Minas sahl an tathruda jaisyul isti'mar min wathonika, walakin minas sho'b an tathrudal hubba ista'maro qolbaka.” Artinya: Mengusir tentara penjajah dari negaramu itu perkara yang mudah, yang lebih sulit adalah mengusir cinta yang telah menjajah hatimu.
  11. "Laukanatiln najma tatakalam, arsaltu ma'a kulli najmah kalimatun bihubbik.” Artinya: Kalau saja bintang-bintang bisa bicara, maka aku akan kirimkan lewat semua bintang kata aku cinta kamu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat