uefau17.com

Milenial adalah Generasi yang Lahir pada Tahun 80-an dan 90-an, Kenali Generasi Lainnya - Hot

, Jakarta Milenial adalah istilah yang mungkin sudah sangat sering kamu dengarkan setiap harinya. Istilah yang berkaitan dengan penyebutan sebuah generasi ini sudah diterima dan digunakan masyarakat pada umumnya.

Istilah ini muncul dan berkembang dalam masyarakat karena perkembangan teknologi informasi yang kian pesat dan cepat berkembang. Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan populasi Indonesia saat ini dikelompokan dalam 6 generasi, yaitu Post Generasi Z (Post Gen Z), Generasi Z (Gen Z), Milenial, Generasi X (Gen X), Baby Boomer, dan Pre-Boomer. 

Milenial adalah generasi yang hidup di zaman yang sedang berubah dari konvensional menjadi modern. Kamu tentunya juga perlu memahami penjelasan dari generas-generasi lainnya beserta penyebutannya.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Senin (4/12/2023) tentang milenial.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Milenial

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), milenial adalah orang atau generasi yang lahir pada tahun 1980-an dan 1990-an. Generasi milenial adalah istilah yang memang sedang akrab terdengar. Istilah ini berasal dari millennials yang diciptakan oleh dua pakar sejarah dan penulis Amerika, William Strauss dan Neil Howe dalam beberapa bukunya. 

Millennial generation atau generasi Y juga akrab disebut generation me atau echo boomers. Secara harfiah memang tidak ada demografi khusus dalam menentukan kelompok generasi yang satu ini. Namun, para pakar menggolongkannya berdasarkan tahun awal dan akhir. Penggolongan generasi Y atau milenial adalah terbentuk bagi mereka yang lahir pada 1980-1990, atau pada awal 2000, dan seterusnya.

Mengutip DJKN Kemenkeu, milenial adalah generasi yang lahir pada 1981-1996. Milenial adalah generasi yang hidup di zaman yang sedang berubah dari konvensional menjadi modern. Generasi ini cukup beruntung karena masih cukup kental merasakan budaya dan di saat bertumbuh dewasa mulai menggunakan teknologi. Generasi milenial adalah generasi yang mempunyai  intelegensi digital yang tinggi dan senang berkolaborasi melalui media sosial dan internet.

Disebut generasi milenial karena generasi ini pernah melewati milenium kedua sejak teori generasi ini pertama kali dikemukakan oleh Karl Mannheim pada tahun 1923. Generasi milenial ini lahir bersamaan dengan munculnya teknologi informasi dan komunikasi yang membuat mereka mengenal gawai, mengakses komputer, dan memiliki sosial media.

 

3 dari 4 halaman

Generasi Lainnya

Melansir laman Universitas Insan Cita Indonesia, generasi merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kelompok orang yang lahir dalam rentang waktu tertentu, yang seringkali membagi ciri-ciri sosial, budaya, dan teknologi yang serupa.

Setiap generasi memiliki pengalaman dan perspektif yang berbeda, yang dipengaruhi oleh peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah dan perkembangan teknologi pada masa mereka. Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan populasi Indonesia saat ini dikelompokan dalam 6 generasi, yaitu Post Generasi Z (Post Gen Z), Generasi Z (Gen Z), Milenial, Generasi X (Gen X), Baby Boomer, dan Pre-Boomer. 

Post Gen Z adalah generasi yang lahir pada 2013 dan seterusnya. Adapun Gen Z, merupakan generasi yang lahir pada 1997-2012. Milenial  adalah generasi yang lahir pada 1981-1996. Selanjutnya  Gen X  adalah generasi yang lahir pada 1965-1980. Kemudian  Baby Boomer, yaitu generasi yang lahir pada 1946-1964. Lalu  terakhir adalah Pre-Boomer  merupakan generasi yang lahir sebelum 1945.

1. Post Gen Z 

Post Gen Z dikenal juga dengan generasi Alpha. Generasi ini tumbuh di tengah perkembangan teknologi yang terus berlanjut, termasuk kehadiran kecerdasan buatan, realitas virtual, dan Internet of Things. Mereka sudah terbiasa dengan perangkat teknologi sejak usia dini dan sering kali menjadi pengguna yang mahir dalam menggunakan teknologi.

2. Gen Z

Gen Z merupakan generasi yang lahir pada 1997-2012. Generasi ini dikenal sebagai iGen atau Generasi Internet. Generasi ini lahir dalam era digital yang sudah mapan. Mereka tumbuh dengan smartphone, media sosial, dan internet yang merajai kehidupan sehari-hari.

4 dari 4 halaman

3. Gen X

Gen X adalah generasi yang lahir pada 1965-1980. Generasi ini tumbuh pada masa perubahan sosial dan perkembangan teknologi. Gen X dianggap sebagai “penghubung” antara generasi yang lebih tua yang lebih tradisional dan generasi yang lebih muda yang terbiasa dengan teknologi digital.

4. Baby Boomer

Baby Boomer, yaitu generasi yang lahir antara tahun 1946-1964. Generasi ini dikatakan Baby Boomer karena adanya ledakan angka kelahiran setelah Perang Dunia II. Generasi Baby Boomer ini dikenal kompetitif karena hidup di masa yang minim lapangan pekerjaan.

5. Pre-Boomer

Pre-Boomer merupakan generasi yang lahir sebelum 1945, sebuah masa di mana dunia tengah mengalami krisis global. Di Indonesia, periode ini adalah periode sebelum kemerdekaan. Indonesia masih dalam jajahan bangsa lain. Oleh karena itu, pre-boomers memiliki jiwa yang tangguh karena hidup di saat kondisi perekonomian global dalam situasi sulit akibat perang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat