uefau17.com

10 Cara Menambah Berat Badan 10 Kg dalam 1 Minggu Secara Alami dan Sehat - Hot

, Jakarta Cara menambah berat badan 10 kg dalam 1 minggu mungkin diperlukan untuk memperbaiki penampilan seseorang agar terlihat lebih berisi dan tampak menarik. Namun, pelaksanaannya harus tepat, sehat, dan aman agar tidak menimbulkan efek samping.

Cara menambah berat badan 10 kg dalam 1 minggu bisa dilakukan secara alami. Selain aman ini, cara menambah berat badan 10 kg dalam 1 minggu ini juga tidak dapat mengganggu kesehatan di masa mendatang.

Ada banyak cara menambah berat badan 10 kg dalam 1 minggu secara alami dan sehat. Mulai dari menambah jumlah makan, melakukan perubahan gaya hidup, dan olahraga. Selain itu, seseorang yang sedang berproses menaikkan berat badan dengan aman, harus menghitung kalori yang masuk dan keluar. 

Berikut ulas mengenai cara menambah berat badan 10 kg dalam 1 minggu secara alami dan sehat yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (10/10/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Minum Susu

Dikutip dari laman Health Line, cara menambah berat badan 10 kg dalam 1 minggu secara alami dan sehat adalah minum susu. Susu banyak digunakan sebagai penambah berat badan atau pembentuk otot sejak dulu.

Hal ini karena di dalam susu terkandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan kalsium. Jika memiliki alergi atau tidak menyukai susu sapi, Anda bisa menggantinya dengan susu berbahan dasar kacang, seperti susu kedelai dan susu almond. 

2. Makan Lebih Sering

Cara menambah berat badan 10 kg dalam 1 minggu secara alami dan sehat selanjutnya adalah dengan makan lebih sering. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan jumlah kalori dalam tubuh, sehingga berat badan Anda naik.

Caranya anda bisa mengonsumsi makanan yang biasanya sehari hanya 2-3 kali, jika ingin menambah berat badan secara cepat anda bisa mengonsumsi makanan berat sehari 5-6 kali, tetapi dengan porsi makan yang lebih kecil.

3. Mengonsumsi Makanan Berkalori Tinggi

Cara menambah berat badan 10 kg dalam 1 minggu secara alami dan sehat selanjutnya adalah mengonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang tinggi. Anda bisa mencoba mengonsumsi kalori sebanyak 300-500 kalori per hari. Dengan mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dibakar oleh tubuh akan menyebabkan kenaikan berat badan sebanyak 0,5 kilogram per minggunya. Beberapa makanan tersebut adalah daging ayam panggang dengan kulitnya, salmon, telur, dan kentang.

3 dari 4 halaman

4. Berolahraga Angkat Beban

Melakukan olahraga berbeda daripada biasanya. Cara menambah berat badan 10 kg dalam 1 minggu secara alami dan sehat, mulailah melakukan olahraga angkat beban. Sebab olahraga angkat beban akan membantu pembentukan massa otot lebih baik dan bukan lemak. Seseorang yang rutin olahraga angkat beban pun biasanya akan makan dengan porsi lebih banyak daripada biasanya.

Cobalah pergi ke pusat kebugaran atau gym, lalu melakukan olahraga angkat beban. Lakukan olahraga angkat beban paling tidak 2 sampai 3 kali setiap minggunya. Agar lebih maksimal lagi, lakukan dengan pelatih.

5. Mengonsumsi Suplemen Protein

Cara menambah berat badan 10 kg dalam 1 minggu secara alami dan sehat selanjutnya adalah mengonsumsi suplemen protein. Ada banyak suplemen protein alami yang bisa anda konsumsi adalah sebagai berikut:

  1. Kedelai
  2. Telur
  3. Kacang
  4. Dan masih banyak yang lainnya

Suplemen protein ini juga ada yang berbentuk kapsul, sehingga anda bisa mudah menemukannya di toko obat. Dengan suplemen protein berbentuk obat tersebut, merupakan  cara yang murah untuk mengkonsumsi lebih banyak kalori dan menambah berat badan.

6. Mengonsumsi Camilan Padat Energi

Cara menambah berat badan 10 kg dalam 1 minggu secara alami dan sehat adalah dengan makan camilan padat energi. Camilan padat energi merupakan jenis bahan makanan tunggal dan bukan makanan cepat saji.

Camilan padat energi ini sangat berperan penting dalam proses menaikkan berat badan. Hal ini karena camilan padat energi pasti memiliki lebih banyak kalori yang menguntungkan. Jenis camilan padat energi untuk cara menaikkan berat badan dalam waktu singkat yang dimaksudkan adalah:

  1. Kacang-kacangan, seperti almond, kenari, kacang tanah, dan lain-lain
  2. Buah kering, seperti kismis, kurma, prem dan lain-lain
  3. Keju
  4. Minyak zaitun extra virgin
  5. Biji-bijian utuh seperti gandum dan beras merah
  6. Daging ayam
  7. Daging sapi
  8. Babi
  9. Kambing
  10. Kentang
  11. Ubi
  12. Selai kacang
  13. Santan

7. Minum Diwaktu yang Tepat

Cara menambah berat badan 10 kg dalam 1 minggu secara alami dan sehat yang berikutnya adalah minum diwaktu yang tepat. Seseorang yang ingin menambah berat badan disarankan untuk menghindari minum air mineral sebelum makan. Untuk menambah asupan kalori, cobalah juga untuk mengonsumsi minuman tinggi kalori seperti jus buah tanpa gula sebagai pendamping air mineral saat sedang makan.

4 dari 4 halaman

8. Mengonsumsi Nasi

Cara menambah berat badan 10 kg dalam 1 minggu secara alami dan sehat yang berikutnya adalah mengonsumsi nasi. Secangkir atau semangkuk nasi mengandung sekitar 200 kalori, dan ini sumber karbohidrat yang baik, yang berkontribusi pada penambahan berat badan. Banyak orang merasa mudah memasukkan nasi ke dalam makanan yang mengandung protein dan sayuran.

9. Menghindari Rokok

Cara menambah berat badan 10 kg dalam 1 minggu secara alami dan sehat yang berikutnya adalah menghindari rokok. Hal ini juga berlaku bagi perokok aktif maupun pasif. Sebab asap rokok tidak baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Seseorang yang bisa menghindari rokok, pasti akan memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Terhindar dari masalah kesehatan termasuk masalah pencernaan, paru-paru, dan lainnya, sehingga penambahan berat badan lebih mudah didapatkan.

10. Mengonsumsi Coklat Hitam

Cokelat hitam berkualitas tinggi memberikan banyak antioksidan dan manfaat kesehatan. Coklat hitam mengandung setidaknya 70% kakao (biji pembuat coklat). Seperti makanan tinggi lemak lainnya, coklat hitam memiliki kepadatan kalori yang tinggi, artinya Anda bisa mendapatkan kalori darinya tanpa makan banyak. Setiap 100 gram coklat hitam batangan yang anda konsumsi, setara dengan 600 kalori yang anda masukkan ke dalam tubuh.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat