uefau17.com

Kebutuhan Tersier adalah Kebutuhan untuk Memenuhi Keinginan Pribadi, Ketahui Contohnya - Hot

, Jakarta Kebutuhan Tersier adalah kebutuhan ketiga sebagai pelengkapan kehidupan manusia yang pemenuhannya dapat dihindarkan. Kebutuhan tersier bersifat prestise kebutuhan akan barang mewah. Kebutuhan tersier timbul setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Pada umumnya, kebutuhan tersier ini disebut kebutuhan mewah, karena pemenuhan kebutuhannya tertuju pada barang-barang mewah yang hanya dilakukan oleh orang yang berpenghasilan tinggi.

Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang dipenuhi untuk menyatakan status sosial dari individu tersebut. Kebutuhan ini biasanya hanya dapat dipenuhi oleh sebagian kecil masyarakat yang memiliki ekonomi biaya tinggi atau orang- orang kaya. Kebutuhan tersier bersifat hiburan atau kesenangan belaka. Kebutuhan ini tidak berpengaruh terhadap kelangsungan hidup manusia. Dimana seseorang yang memiliki pendapatan tinggi, akan membeli mobil mewah dan perhiasan mahal karena barang-barang dirumahnya telah lengkap.

Kebutuhan tersier adalah tingkat kebutuhan yang paling tinggi. Dimana perbedaan jenis makanan berdasarkan musim dan cuaca sekitar, bahkan hingga perkembangan teknologi mempengaruhi perkembangan kebutuhan pangan. Hal ini menjadikan kebutuhan pangan tidak hanya dapat digolongkan sebagai kebutuhan primer atau kebutuhan pokok seseorang, melainkan juga dapat digolongkan sebagai kebutuhan tersier. Seseorang itu sering kali tidak berhenti sampai pada kebutuhan primer saja, melainkan juga mengubah pola hidup yang menyebabkan kebutuhan primer dalam bentuk makanan, berubah menjadi kebutuhan sekunder atau bahkan tersier.

Berikut ini adalah contoh dari kebutuhan tersier yang rangkum dari berbagai sumber, Senin (24/7/2023)

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Alat transportasi

Alat transportasi adalah memindahkan atau mengangkut dari suatu tempat ke tempat yang lain. Transportasi ini menunjukkan hubungan yang sangat berhubungan erat dengan gaya hidup, jangkauan dan lokasi dari kegiatan yang produktif, selingan serta barang-barang dan pelayanan, yang tersedia untuk di konsusmsi.

2. Alat komunikasi

Alat komunikasi di definisikan sebagai perkembangan komunikasi manusia, yang berkaitan dengan teknologi, memiliki empat era evolusi yaitu mulai dari writing, printing, telecommunication, hingga interactive communication. Ke empatnya hadir dalam rentang waktu yang sangat pendek. Dimana media baru merupakan media yang mewadahi komunikasi interaktif, memungkinkan komunikator dan komunikan dapat bertukar pesan secara massif namun tetap dua arah. Dengan munculnya internet, telepon seluler, dan games.

3. Barang mewah

Dimana banyak sekali orang berpenghasilan tinggi tidak cukup dengan kebutuhan primer maupun kebutuhan sekundernya saja tetapi kebutuhan lain untuk memenuhi gaya hidup di kalangan masyarakat yaitu keinginannya mereka dalam berpakaian mewah, rumah,tas mewah dan lain lain. Dimana setiap individu akan berlomba-lomba ke tempat perbelanjaan yang menjual pakaian agar selalu terlihat modis dan lebih percaya diri. Maka banyak sekali toko pakaian yang menawarkan model dan merk yang berbeda-beda karena permintaan yang begitu banyak.

Saat ini masyarakat tidak peduli lagi dengan produk pakaian baru atau bekas yang terpenting mereka sudah memenuhi semua keinginan mereka agar terlihat mewah. Informasi mengenai fashion telah menjadi kebutuhan bagi masyarakat, dan tuntutan gaya hidup untuk tampil fashionable merupakan suatu keharusan. Melihat brand-brand luar negri seperti Hnm, Uniqlo, Zara, Polo, Converse, Chanel, Levis, Dickies, Adidas, Lacoste, rumah mewah, Hermes, Christian Dior, dan lain lain. 

3 dari 3 halaman

4. Alat musik

Penggunaan alat musik menjadi salah satu contoh dari kebutuhan tersier, karena harga alat yang mahal serta butuh waktu dan biaya yang lebih dalam mempelajari alat tersebut agar lancar. Keinginan mereka ingin menjadi anak band terkenal. Dimana tidak jarang seseorang memiliki keinginan untuk membeli alat musik mereka harus berfikir dua kali apakah mereka mampu. Maka dari itu untuk memenuhi keinginan mereka banyak sekali orang yang berusaha menabung ataupun mencari pinjaman alat agar bisa belajar.

Menurut jurnal universitas sebelas maret, perkembangan musik semakin sukses dan memiliki beragam genre baru yang banyak di minati oleh banyak orang dari kalangan usia yang berbeda. Dimana transformasi genre musik  ini semakin banyak dipengaruhi oleh faktor politik, faktor geografis, faktor sosial yang dipengaruhi oleh mobilitas masyarakat itu. Kedua, pengaruh transformasi genre musik terhadap gaya hidup yang terlihat jelas pada gaya berpakaian, gaya rambut dan asesoris yang beredar di masyarakat. Semakin terlihat pula sikap masyarakat yang terpengaruh oleh tema lagu sedang berkembang saat ini. Ketika kita sudah bisa memenuhi kebutuhan pokok maka keinginan kita untuk mengikuti perkembangan musik dapat tercapai  seperti  membeli alat musik, nonton konser music, dan lain lain.

5. Perhiasan

Seseorang berpenghasilan tinggi tidak cukup dengan kebutuhan primer maupun kebutuhan sekundernya saja tetapi kebutuhan lain untuk memenuhi gaya hidup mereka di kalangan masyarakat. Selain itu orang kaya mempunyai keinginan untuk selalu tampil mewah agar lebih terlihat percaya diri. Maka tidak jarang orang kaya membeli perhiasan mewah, karena dengan menggunakan perhiasaan mewah ini orang kaya itu memiliki kesenangan tersendiri setelah memakainya. Perhiasan juga menjadi salah satu pelengkap fashion kita ketika keluar rumah.

Dari contoh yang dipaparkan dapat disimpulkan bahwa kebutuhan tersier adalah kebutuhan ketiga yang bersifat prestise. Biasanya kebutuhan tersier terkait dengan barang-barang mewah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat