uefau17.com

Al Mulk Surat ke Berapa? Ini Kandungan dan Keutamaannya - Hot

, Jakarta Al Mulk surat ke berapa dalam Al-Qur’an, merupakan pertanyaan yang kerap dipertanyakan oleh umat Muslim. Al Mulk merupakan surat dalam Al-Qur’an yang tergolong surat Makkiyah karena diturunkan di kota Mekkah. 

Surat Al Mulk terdiri dari 30 ayat. Dinamakan Al Mulk yang berarti Kerajaan di ambil dari kata Al Mulk yang terdapat pada ayat pertama surat ini. Surat Al Mulk sendiri dikenal sebagai dengan nama At Tabaarak yang artinya Maha Suci.

Mengetahui Al Mulk surat ke berapa dalam Al-Qur’an sangatlah penting bagi kaum Muslimin. Hal ini untuk memudahkan umat Muslim mencarinya dalam Al-Qur’an. Dalam Al Mulk surat ke berapa dalam Al-Qur’an ini terdapat kandungan yang menjelaskan tentan langit serta bumi dan seluruh rahasia di dalamnya merupakan kekuasaan Allah. Selain itu, bagi umat Muslim yang membacanya setiap hari, maka akan mendapatkan keutamaan atau keistimewaannya.

Berikut ulas mengenai Al Mulk surat ke berapa beserta kandungan dan keutamaannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (5/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Al Mulk Surat ke Berapa

Al Mulk surat ke berapa dalam Al-Qur’an merupakan pertanyaan yang kerap dipertanyakan oleh umat Muslim. Surat Al Mulk adalah surah ke-67 dalam al-Qur'an. Surah ini tergolong surat Makkiyah, karena diturunkan di kota Mekkah.

Surat Al Mulk sendiri terdiri dari 30 ayat. Dinamakan Al Mulk yang berarti Kerajaan di ambil dari kata Al Mulk yang terdapat pada ayat pertama surat ini.  Surat Al Mulk sendiri dikenal sebagai dengan nama At Tabaarak yang artinya Maha Suci.

Dalam surat Al Mulk dijelaskan bahwa langit serta bumi dan seluruh rahasia di dalamnya merupakan kekuasaan Allah SWT. Surat Al Mulk, seperti surat-surat lainnya dalam Al-Quran yang memiliki beberapa kandungan dan keutamaan apabila dibaca secara rutin atau dibaca dengan benar. 

3 dari 4 halaman

Kandungan Surat Al Mulk Ayat 1-30

Setelah mengetahui Al Mulk surat ke 67 dalam Al-Qur’an, anda perlu mengatahui kandungan yang terdapat pada surat Al Mulk ayat 1-30. Berikut penjelasannya:

1. Ayat 1-5

Dalam ayat 1-5, dijelaskan mengenai kemuliaan dan juga kekuasaan Allah SWT yang telah menciptakan segala sesuatu yang ada di dunia ini. Selain itu, pada bagian ini juga disebutkan mengenai Allah SWT yang telah menciptakan langit yang berhiaskan bintang, yang mana bintang tersebut dijadikan sebagai alat pengusir setan untuk pergi ke neraka.

2. Ayat 6-11

Surah Al Mulk ayat 6-11 berisi mengenai azab dari orang-orang kafir yang mendustakan Allah SWT. Diceritakan pula mengenai seorang penjaga neraka yang bertanya pada si kafir, apakah semasa hidupnya tak ada seseorang yang menegurnya untuk senantiasa beriman kepada Allah SWT. Kemudian, mereka mengakui dosa-dosanya yang tidak mempercayai keberadaan Allah SWT.

3. Ayat 12-15

Pada ayat 12-15 dijelaskan mengenai orang-orang yang beriman kepada Allah SWT secara ghaib. Maksud ghaib di sini ialah orang-orang yang beriman tanpa pamrih (ditunjukkan kepada orang lain). Seseorang yang beriman tanpa sepengetahuan orang lain (dalam keadaan sunyi), niscaya mereka akan mendapatkan ampunan dan upah yang luar biasa berupa rezeki dan kebangkitan.

4. Ayat 16-19

Pada ayat 16-19, berisi mengenai ancaman dan kemurkaan Allah SWT terhadap orang-orang yang selalu membantah-Nya. Dalam ayat tersebut juga dijelaskan mengenai kekuasaan Allah SWT yang sangup mendatangkan gempa bumi dan badai dasyat serta menahan sayap dari burung-burung yang berterbangan.

5. Ayat 20-22

Pada surat Al Mulk ayat 20-22, berisi mengenai kekuasaan Allah SWT yang selalu menjaga dan memberikan rezeki kepada umat manusia melalui berbagai perantara.

6. Ayat 23-30

Pada ayat 23-30 ini membahas mengenai kekuasaan Allah SWT yang lainnya seperti memberikan pengelihatan, pendengaran, akal, dan juga yang menjadikan umat manusia berkembang biak. Selain itu, juga disebutkan mengenai Allah SWT yang mendatangkan air ketika kita dalam keadaan yang kekeringan.

4 dari 4 halaman

Keutamaan Membaca Surat Al Mulk

Setelah memahami Al Mulk surat ke 67 dan kandungannya, anda juga perlu mengetahui bahwa bagi umat yang membaca surat Al Mulk ayat 1-30 secara rutin dengan hati yang tulus dan penuh keyakinan, akan mendapatkan segudang keutamaannya. Berikut keutamaan dari surat Al Mulk ayat 1-30, yakni:

1. Dijauhkan dari maksiat

Seperti yang dijelaskan oleh Syaikh As Sa’di, “Mereka takut kepada Allah dalam setiap keadaan sampai-sampai pada keadaan yang tidak ada yang mengetahui amalan mereka kecuali Allah. Mereka tidak melakukan maksiat dalam kesunyian. Mereka pun tidak mengurangi ketaatan mereka ketika itu.”

Dalam Surat Al-Mulk ayat 12 Allah berfirman yang artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang takut kepada Tuhannya Yang tidak nampak oleh mereka, mereka akan memperoleh ampunan dan pahala yang besar.”

2. Diberikan pahala berkali lipat

Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitab Allah (Alquran), maka baginya satu hasanah (kebaikan) dan satu hasanah itu sama dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR at-Tirmidzi)

3. Disayang oleh Rasulullah SAW

Keutamaan membaca surat Al-Mulk bagi umat muslim, salah satunya disayang oleh Rasulullah SAW. Beliau sangat menyayangi hambanya, yang gemar bersholawat serta membaca dan mengamalkan surat Al-Mulk. Selain itu,  surat Al-Mulk mampu membawa ketenangan hati bagi para pembaca dan penghafalnya. Rasulullah SAW bersabda, “Saya gemari supaya surat ini (Tabarakalladzi biyadihil mulk) terdapat di setiap hati orang mukmin.” (HR. Al Hakim)

4. Selamat dari siksa kubur dan siksa neraka

Membaca surat Al-Mulk sebelum tidur memiliki keutamaan yang sangat luar biasa yaitu bisa menghindarkan diri seorang muslim dari siksa kubur dan siksa neraka yang pedih.

Hal ini seperti hadis dari Abdullah bin Mas’ud mengatakan, “Barangsiapa membaca surat Tabarokalladi bi yadihil mulk setiap malam, maka Allah ‘azza wa jalla menghindarkannya dari azab kubur, dan dahulu kami (para sahabat) di saat Rasulullah-shallallahu alaihi wasallam- (masih hidup) menamainya “ al-Mani’ah” (penghindar/penghalang). Sungguh surat tersebut ada dalam Kitabullah, barangsiapa membacanya dalam suatu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan.” (HR. AN-Nasa’i)

5. Mendapatkan syafaat dan diampuni dosanya

Keutamaan membaca surat Al Mulk yang selanjutnya adalah mendapatkan syafaat dan diampuni dosanya. Hal ini sebagai yang dijelaskan dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Bahwasanya suatu surat di dalam Al-Qur’an mempunyai 30 ayat, yang memberikan syafaat kepada pembacanya sehingga diampuni oleh Allah dosa orang itu, yaitu: Tabarakallazi bi yadihil mulk, Maha Suci Allah yang di tangan-Nyalah segala kerajaan.” (HR Abu Dawud).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat