uefau17.com

Cara Main Saham Bitcoin bagi Pemula, Pahami Risikonya - Hot

, Jakarta Cara main saham Bitcoin di mulai dengan riset pra investasi, membeli, menambang, promosi, menjual, hingga memantau pasar. Bagi pemula, cara main saham Bitcoin diperlukan kejelian ekstra dengan tidak terburu-buru membeli dan menjual saham.

Mata uang Kripto seperti Bitcoin adalah salah satu cara main saham yang bukan di bawah naungan Pemerintah serta disebut sebagai investasi yang akan bertahan dalam waktu lama. Meski bukan dari Pemerintah, keberadaannya sudah tervalidasi oleh banyak pihak, memiliki pengaruh cukup kuat dan terlindungi.

Berinvestasi di pasar saham Bitcoin merupakan cara main saham paling umum bagi pemula untuk mendapatkan pengalaman investasi. Sifatnya berjangka panjang dan menjanjikan keuntungan melimpah membuatnya tak pernah sepi investor. Berikut ulas cara main saham Bitcoin dari berbagai sumber, Senin (26/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Main Saham Bitcoin Tahap Awal

1. Cara Main Saham Bitcoin dari Riset Pra Investasi

- Pahami Jumlahnya

Cara main saham Bitcoin yang perlu dilakukan pertama kali adalah riset. Hal ini dilakukan karena peredaran bitcoin sangat terbatas. Untuk saat ini, hanya ada sekitar 21 juta di seluruh dunia.

Pembatasan jumlah peredaran inilah yang membuat cara main saham Bitcoin semakin menarik dipahami. Sudah pasti, harga bitcoin akan cenderung terus naik.

- Risiko Investasi

Akan tetapi perlu diingat bahwa tidak ada investasi yang akan terus berjalan mulus. Beberapa ahli keuangan seperti Profesor John Quiggin dari Universitas Queensland menyatakan investasi Bitcoin bisa buble, karena tidak memiliki nilai aset sebenarnya.

Cara main saham Bitcoin untuk pertama kali, harus benar-benar memahami risiko, keuntungan, pajak, dan cara kerja sistemnya. Bagi pemula, cara main saham Bitcoin mulailah untuk berinvestasi Bitcoin dengan perlahan.

- Jangan Terburu-Buru

Jangan buru-buru memasukkan semua uang yang dipunya untuk membeli uang digital ini. Cara main saham Bitcoin dengan metode yang terstruktur merupakan upaya belajar investasi Bitcoin yang aman dan bikin semakin mahir.

Pastikan bahwa calon investor Bitcoin sudah memiliki uang khusus yang digunakan untuk investasi. Uang investasi yang dimaksudkan adalah uang di luar biaya kebutuhan hidup dan dana darurat.

Bila sudah dimatangkan betul, buka rekening Bitcoin Wallet di situs terpercaya blockchain.com untuk mulai registrasi dan verifikasi. Saat sudah memiliki dompetnya, buat akun sebelum transaksi. Tujuannya untuk memudahkan pemantauan naik turun nilai Bitcoin secara real time.

2. Cara Main Saham Bitcoin dari Membeli

- Membeli

Cara main saham Bitcoin yang kedua adalah mendapatkan Bitcoin dengan membeli. Calon investor harus mengunduh dompet Bitcoin terlebih dahulu untuk melakukan transaksi. Bila sudah mengikuti langkah sebelumnya dengan membuat akun, selanjutnya buka dompetnya.

Marketplace untuk penukaran uang dengan cryptocurrency yang paling populer adalah Bitfinex, Bitstamp, Coinbase, dan Coinmama.

Lakukan pertukaran cryptocurrency yang disediakan oleh provider dompet Bitcoin milikmu. Cara main saham Bitcoin dengan mendapatkan penukaran, bisa dengan kartu debit, kredit, atau PayPal. 

- Menulis

Selain membeli, cara main saham Bitcoin bisa dengan mendapatkannya secara gratis melalui metode menulis. Menulis mengenai cryptocurrency. Metode ini cocok banget buat yang memiliki keahlian menulis untuk bisa mendapatkannya secara cuma-cuma.

Saat ini, dunia crypto sudah memiliki situs berita yang akan memuat berbagai macam berita. Bermain Bitcoin memang perkara yang mudah asalkan paham akan caranya, salah satunya dengan melakukan trading Bitcoin setiap hari.

3. Cara Main Saham Bitcoin dari Tambang

- Pengguna Lain

Cara main saham Bitcoin keempat coba dapatkan dari pengguna lain. Metode ini dikenal paling mudah untuk pemula. Cara main saham Bitcoin ini bisa diterapkan karena fungsinya dapat disamakan seperti uang konvensional.

Fungsinya adalah sebagai alat tukar dalam segala jenis transaksi. Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, kini Bitcoin sudah bisa ditransfer layaknya uang tunai pada umumnya. Cara main saham Bitcoin adalah menggunakan Bitcoin Wallet Address.

- Mining Bitcoin

Selanjutnya cara main saham Bitcoin bisa mendapatkannya dari mining atau menambang. Akan tetapi ada kekurangannya, cara menambang atau mining Bitcoin tidak dapat dilakukan secara individual.

Agar bisa mendapat Bitcoin sebagai modal cara main saham Bitcoin, calon investor harus berkolaborasi dengan beberapa pengguna. Meski demikian tenang, penggunaannya sangat fleksibel.

Untuk mining Bitcoin, pengguna perlu melengkapi beberapa perangkat di hardware dan software. Satu lagi hal yang terpenting adalah calon investor harus memahami bagaimana sistem kerjanya.

3 dari 5 halaman

Cara Main Saham Bitcoin Tahap Terpenting

4. Cara Main Saham Bitcoin dari Promosi dan Perdagangan

- Afiliasi Bitcoin

Afiliasi Bitcoin merupakan sebuah link untuk kegiatan mempromosikan sesuatu. Cara main saham Bitcoin yang satu ini akan membuat calon investor memasang tautan di web mereka.

Pada akhirnya, cara main saham Bitcoin akan membuat pemasang mendapatkan imbalan berupa Bitcoin di setiap impresinya yang bisa digunakan untuk modal investasi.

Link tersebut dapat dengan mudah didapatkan di berbagai macam situs pertukaran ke uang rupiah. Ada dua kategori pertukaran crypto, dari uang Fiat ke crypto dan dari crypto ke crypto. Hal-hal tersebut harus dipahami, khususnya bagi pemain pemula cara main saham Bitcoin.

- Airdrops

Cara main saham Bitcoin dengan mencari modal gratisan bisa mengandalkan airdrops. Metode ini merupakan salah satu strategi perdagangan dari sebuah perusahaan.

Tujuannya adalah untuk memberikan cryptourrency secara gratis tanpa adanya syarat atau ketentuan sebelumnya. Biasanya persyaratan yang perlu dilakukan cara main saham Bitcoin ini ialah akun Twitter perusahaan atau me-retweet postingan dan lain-lain.

Namun dengan menggunakan airdrops, ketentuan tersebut tidak harus dipenuhi. Cryptocurrency bisa ditukarkan menjadi uang rupiah melalui berbagai situs exchanger di internet.

5. Cara Main Saham Bitcoin dengan Memahami Pasar

- Mengikuti Harga

Apabila sudah berhasil mendapatkan koin Bitcoin yang akan digunakan untuk investasi, cara main saham Bitcoin berikutnya ikuti harga dan penjualan.

Nilai Bitcoin yang fluktuatif membuat calon investor tidak boleh langsung menaruh semua uang dan investasi yang dimiliki. Risiko terburuk bila cara main saham Bitcoin buru-buru adalah saat harganya jatuh, maka hilang pula semua uang yang sudah diinvestasikan.

Nilai bitcoin akan terus bergerak setiap menit. Cara main saham Bitcoin yang harus ditekuni sekali adalah memantau pergerakannya secara real time. Ada beberapa fitur yang bisa digunakan investor cara main saham Bitcoin, seperti bitcoin checker dan bitcoin ticker widget.

Keduanya bisa memberikan peringatan apabila pergerakannya sudah mencapai nilai yang investor inginkan. Setelah itu tinggal ambil keputusan, mau membeli atau mau menjualnya sebagai bagian dari cara main saham Bitcoin.

- Pahami Penjualan

Cara main saham Bitcoin pada tahap mengambil keputusan bukan perkara yang mudah. Jangan asal-asalan dan mengandalkan keberuntungan saja, ya! Berdasarkan banyak pengalaman investor cara main saham Bitcoin, diperlu kejelian yang baik untuk melakukannya.

Bila ditelisik lebih dalam, memang benar bila nilai atau kurs Bitcoin terus merangkak naik setiap tahun. Ada peluang yang semakin terbuka lebar karenanya.

Namun perlu dipahami, cara main saham Bitcoin menjual asal-asalan tanpa memperhatikan pasar hanya akan membawa buntung. Bisa saja harganya bisa merosot jauh dari harga pembelian. Jadi tetap jeli dalam trading Bitcoin ini ya sebagai cara main saham Bitcoin bagi pemula!

Bitcoin bukanlah milik perseorangan, maka dalam hal pengendalian dampak negatif akan lebih mudah. Salah satunya dari pengendalian lobi kelembagaan. Jadi, dapat dipastikan masa depan dari investasi Bitcoin akan cerah.

4 dari 5 halaman

Tips Cara Main Saham bagi Pemula

1. Pahami Investasi Saham dengan Cermat

Cara main saham bagi pemula akan sangat membutuhkan pemahaman terlebih dahulu dalam bermain saham. Banyak di antara mereka khususnya para pemain pemula dalam dunia saham, kebanyakan mengetahui jika saham dapat menghasilkan keuntungan besar.

Padahal risiko yang akan terjadi juga tak kalah besar, jika kita mengabaikan dasar-dasar dalam investasi saham. Perlu diketahui, bermain saham sangatlah memerlukan strategi, kesabaran, serta pengetahuan yang mendalam agar nantinya bisa mendapatkan keuntungan yang fantastis. Jangan sampai nantinya dasar ini diabaikan.

2. Menggali Informasi dengan Valid

Cara main saham untuk pemula harus jeli untuk menggali informasi dengan valid. Dengan adanya teknologi yang semakin canggih, pastinya sudah banyak dan mudah untuk memperoleh informasi secara digital.

Jangan hanya mengandalkan omongan orang lain yang telah beredar. Anda harus bisa mengakses langsung berbagai web valid seperti halnya Bursa Efek Indonesia (IDX) dan juga yang lainnya.

3. Menggunakan Modal dengan Bijak

Dilansir dari Jalan Tikus, modal merupakan hal utama yang perlu dipersiapkan dalam bermain saham. Hal tersebut tentunya akan sangat perlu diperhatikan mengingat saham merupakan suatu media dengan modal minim, bahkan dengan uang Rp100 ribu saja, Anda bisa memilikinya. Dengan kemudahan tersebut, banyak di antara pemula dalam dunia saham menjadi tak bijak dalam menggunakan mereka.

Perlu diingat bahwa keuntungan yang akan didapatkan sebenarnya berbanding lurus dengan modal yang akan dikeluarkan. Oleh sebab itu, perlu mengatur modal secara bijak dengan berinvestasi sesuai kemampuan dan jangan sampai kebablasan dalam menggelontorkan banyak uang.

4. Belilah Saham Saat Harganya Rendah

Sama dengan konsep pembelian yang lain, cara main saham untuk pemula juga harus menerapkan konsep belilah barang tersebut saat harganya turun.

Namun, perlu diingat bahwa dengan adanya teori ini jangan sampai Anda membeli saham tanpa pemikiran yang panjang. Dalam dunia saham, harga saham turun juga bisa menjadi pertanda yang kurang baik. Poin ini juga harus diperhatikan bagi para pemain saham untuk pemula.

5. Incar Perusahaan Perbankan atau Industri Barang Konsumsi

Cara main saham untuk pemula berikutnya adalah dengan membeli saham dari bank ataupun industri consumer goods. Perusahaan semacam ini memiliki usaha yang senantiasa dibutuhkan masyarakat, sehingga akan dapat menghasilkan laba stabil ataupun bahkan meningkat di setiap tahunnya.

Dengan begitu, nilai saham yang ditanam dengan aman. Bahkan jika tiba-tiba harga saham menurun, maka perusahaan semacam ini akan mampu bangkit kembali serta kembali menghasilkan keuntungan.

6. Pilihlah Perusahaan yang Keuangannya Stabil

Cara main saham untuk pemula berikutnya adalah dengan memilih perusahaan yang keuangannya stabil. Lakukan riset terlebih dahulu serta membaca seluk-beluk dari perusahaan yang terkait. Metode ini juga merupakan metode penting bagi pemula saat ingin bermain saham.

Jangan ragu untuk meluangkan lebih banyak waktu demi melakukan seleksi di setiap perusahaan. Pastikan juga keuangan dari perusahaan tersebut akan bagus sehingga kerugian bisa diminimalisir.

7. Pantau Pergerakan Ekonomi

Cara main saham untuk pemula yang cukup penting adalah memantau pergerakan ekonomi dalam dan luar negeri. Dengan mengetahui situasi pasar saham, Anda akan bisa memprediksikan pergerakan saham yang kamu miliki.

Jika kondisi pasar sedang normal, Anda bisa mulai untuk berinvestasi saham baru. Sebaliknya, jika kondisi pasar sedang memburuk kamu bisa menahan diri untuk membeli atau menjual saham. Memahami sentimen pasar juga penting dilakukan. Sentimen pasar juga bisa menjadi faktor naik turunnya saham.

8. Pilihlah Indeks Saham yang Tepat

Indeks saham merupakan portofolio imaginer yang mengukur perubahan harga dari suatu pasar atau sebagian dari pasar tersebut. Pada saat indeks saham bergerak naik, berarti harga sebagian besar saham-saham yang diukur oleh indeks tersebut bergerak naik. Sebaliknya, apabila indeks saham bergerak turun, maka sebagian besar saham-saham konstituen indeks bergerak turun.

Bagi para pemula, Anda bisa memilih saham-saham yang tergabung dalam pada indeks LQ45 atau IDX30. Indeks LQ45 merupakan indeks yang mengukur performa harga dari 45 saham-saham yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.

Sementara Indeks IDX30 merupakan indeks yang mengukur performa harga dari 80 saham-saham yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar serta didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.

5 dari 5 halaman

Kelebihan dan Kekurangan Main Saham Bitcoin

- Kelebihan Main Saham Bitcoin

1. Transaksi Aman

Proses transaksi tidak mengandung informasi pribadi seperti nama atau nomor kartu kredit, serta menghilangkan risiko informasi konsumen dicuri untuk kepentingan curang atau pencurian identitas. 

2. Potensi Tumbuh Tinggi

Beberapa investor banyak membeli dan menahan mata uang ini, dengan taruhan bahwa jika kedepannya kepercayaan dan penggunaan Bitcoin meningkat, maka nilai bitcoin akan ikut tumbuh.

3. Tidak Melibatkan Pemerintah

Akibat krisis keuangan serta resesi hebat, beberapa investor ingin merangkul mata uang alternatif yang terdesentralisasi, di mana mata uang tersebut berada di luar kendali bank biasa, otoritas pemerintahan, maupun pihak ketiga lainnya.

- Kekurangan Main Saham Bitcoin

1. Harga Non-Stabil

Kenaikan harga bitcoin 2017 didorong adanya spekulan yang bergegas ke pasar Bitcoin, seperti yang dibahas penulis staf NerdWallet pada saat itu.

Keuntungan ini merupakan kabar baik jika Anda membeli bitcoin pada Desember 2018. Mereka yang membeli Bitcoin tahun 2017 saat harga Bitcoin melesat menuju $ 20.000, perlu memulihkan kerugiannya.

2. Terbatas

Tepat pada Mei 2019, raksasa telekomunikasi AT&T bergabung dengan perusahaan seperti Overstock.com, Microsoft, dan Dish Network untuk mulai menerima pembayaran dengan Bitcoin. Kendati demikian, perusahaan-perusahaan tersebut menerapkan beberapa pengecualian yang tidak sejalan dengan aturan perusahaan.

3. Berisiko Diretas

Kendati teknologi blockchain di balik Bitcoin dipercaya lebih aman daripada transfer uang elektronik tradisional, dompet Bitcoin telah menjadi target yang menarik bagi peretas.

Contohnya, seperti pada Mei 2019 yang menyebutkan jika lebih dari $ 40 juta bitcoin telah dicuri dari beberapa akun bernilai tinggi di bursa cryptocurrency Binance.

4. Tanpa SIPC

SIPC (Securities Investor Protection Corporation) atau sebuah perusahaan yang melindungi investor sekuritas, bisanya akan mengasuransi investor hingga $ 500.000 apabila pialang gagal atau dana dicuri. Akan tetapi, asuransi tersebut tidak mencakup cryptocurrency seperti Bitcoin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat