uefau17.com

Manfaat Temulawak untuk Wajah yang Sangat Ampuh Hasilnya, Bisa Dicoba - Hot

, Jakarta Temulawak merupakan salah satu tanaman khas Indonesia yang biasanya digunakan untuk obat dan juga sebagai penambah stamina. Umumnya temulawak ini sering disajikan untuk diminum karena memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan yang dipercaya dapat menjaga daya tahan tubuh.

Namun siapa sangka, kalau temulawak juga memiliki segudang manfaat untuk wajah. Ya, berbagai manfaat temulawak untuk wajah bisa kamu rasakan bila menggunakannya secara rutin. Manfaat temulawak untuk wajah bisa didapatkan dengan dua cara yaitu dengan mengonsumsi sari temulawak atau dengan menggunakannya sebagai masker.

Berikut ini , Jumat (12/7/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa manfaat temulawak untuk wajah. Jadi, kamu enggak perlu lagi cari-cari bahan perawatan wajah dengan bahan kimia lainnya. Kini kamu bisa menggunakan temulawak untuk mendapatkan manfaatnya untuk kecantikan kulit wajahmu.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kandungan pada Temulawak

Temulawak atau yang memiliki nama ilimiah Curcuma xanthorrhiza merupakan salah satu jenis tanaman dari Zingiberaceae atau Temu-temuan. Bila dilihat sekilas, temulawak mirip dengan kunyit. Memiliki bentuk yang mirip, ternyata mereka juga memiliki kandungan dan manfaat yang hampir sama. Ya, baik temulawak maupun kunyit sama-sama memiliki manfaat untuk kesehatan hingga kecantikan.

Pada temulawak memiliki kandungan utama kurkumin yang merupakan salah satu jenis polifenol. Kemudian temulawak juga memiliki kandungan minyak atsiri yang mengandung berbagai senyawa organic seperti phelandren, xanthorrizol, sineal, turmerol, dan borneol.

Selain itu, temulawak juga memiliki kandungan protein, karbohidrat, dan berbagai mineral seperti mangan, besi, kalium, natrium, dan magnesium. Nah, berkat semua senyawa yang ada tersebut, maka tak heran kalau temulawak memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

3 dari 5 halaman

Manfaat Temulawak: Mengatasi Jerawat hingga Menghaluskan Wajah

Membantu Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan peradangan di wajah yang disbebakan oleh infeksi bakteri. Faktor pemicunya sangat beragam, mulai dari faktor hormon, polusi, hingga kebiasaan kurang bersih dalam merawat wajah. Bagi sebagian orang, munculnya jerawat ini sangat meresahkan karena selain menimbulkan rasa sakit, jerawat juga merusak penampilan.

Nah, untuk mengatasi masalah jerawat di wajah ini kamu bisa menggunakan temulawak. Temulawak dipercaya memiliki efek anti-inflamasi untuk meredakan peradangan jerawat dan membuat jerawat menjadi lebih cepat kering. Dapatkan manfaat temulawak untuk wajah ini dengan melakukan perawatan wajah dengan menjadikannya sebagai masker.

Menghaluskan Kulit Wajah

Manfaat temulawak untuk wajah selanjutnya adalah bisa menghaluskan wajah. Kamu bisa menggunakan masker temulawak secara rutin untuk mendapatkan wajah yang halus dan tidak kasar. Nah,kalau kulit wajah kamu menjadi halus, maka akan terlihat terawatt dan juga akan membuat makeup yang digunakan terlihat lebih sempurna.

4 dari 5 halaman

Manfaat Temulawak: Wajah Lebih Cerah hingga Noda Hitam Tersamarkan

Kulit Wajah Menjadi Lebih Cerah

Manfaat temulawak untuk wajah berikutnya adalah dapat mencerahkan kulit. Temulawak memiliki khasiat untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Penumpukan sel kulit mati di wajah memang merupakan salah satu penyebab dari kulit menjadi kusam dan gelap.

Agar kulit menjadi lebih cerah, kamu bisa melakukan eksfoliasi pada wajah secara rutin guna mengangkat sel kulit mati. Nah, kamu bisa menjadikan temulawak ini sebagai bahan untuk melakukan eksfoliasi dan nikmati hasil kulit wajah cerah.

Menyamarkan Noda Hitam

Manfaat temulawak untuk wajah lainnya adalah bisa untuk menyamarkan noda hitam. Ya, noda hitam pada wajah ini diakibatkan oleh paparan sinar matahari dan radikal bebas, bekas jerawat, dan gejala penuaan. Jika dibiarkan, noda hitam bisa semakin banyak jumlahnya dan akan semakin sulit untuk ditutupi.

Nah, agar noda hitam tak semakin parah, kamu bisa menyamarkannya dengan menggunakan masker secara rutin. Salah satu bahan masker yang bisa kamu gunakan adalah dari temulawak.

5 dari 5 halaman

Manfaat Temulawak: Kulit Lembap hingga Meremajakan Kulit

Melembapkan Kulit

Manfaat temulawak untuk wajah yang tak kalah penting adalah bisa menjaga kelembapan kulit. Memiliki wajah yang lembap dan tidak kering merupakan salah satu kondisi wajah yang sangat diidamkan oleh banyak orang. Banyak faktor yang bisa mengakibatkan kulit wajah kamu menjadi kering alis tidak lembap. Misalnya saja sering terpapar sinar matahari dan debu yang membuat kulit wajah jadi kering.

Nah, untuk menjaga kondisi kulit wajah agar selalu lembap, kamu bisa menggunakan masker temulawak. Cara membuat masker dari temulawak ini adalah dengan mencampurkan bubuk temulawak dengan minyak zaitun dan juga kuning telur. Campurkan ketiga bahan tersebut dan oleskan pada kulit wajah secara teratur.

Meremajakan Kulit Wajah

Bila gejala penuaan sudah terlanjur muncul, tak perlu khawatir. Kamu bisa meremajakan kuoit dengan berbagai macam perawatan. Salah satunya adalah dengan menggunakan temulawak. Ya, kamu bisa menemukan manfaat temulawak untuk meremajakan kulit wajah.

Manfaat temulawak untuk wajah tidak hanya dapat mencegah gejala penuaan, namun bisa juga membantu meremajakan kulit. Perawatan dengan temulawak dapat memberikan nutrisi pada kulit sehingga kulit pun menjadi lebih sehat. Kulit yang sehat akan terlihat lebih segar sehingga kamu akan terlihat lebih muda.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat