uefau17.com

Manfaat Daun Mengkudu Buat Lovebird, Tingkatkan Kualitas Kicaunya - Hot

, Jakarta Manfaat daun mengkudu buat lovebird sudah dikenal sejak lama. Lovebird merupakan salah satu jenis burung peliharaan yang banyak diminati para pecinta burung. Burung ini terkenal dengan warnanya yang beragam dan kicauannya yang merdu.

Harga lovebird bisa berkisar antara ratusan ribu hingga puluhan juta. Harganya yang selangit membuat lovebird begitu diminati pecinta burung. Inilah yang membuat para pecinta burung berusaha untuk menjaga lovebirdnya tetap sehat.

Banyak cara merawat lovebird agar memiliki kualitas tinggi. Memerhatikan kualitas makanan penting dilakukan. Salah satu yang terkenal adalah manfaat daun mengkudu buat lovebird. Daun mengkudu kerap digunakan dalam campuran makanan lovebird.

Manfaat daun mengkudu buat lovebird dipercaya dapat meningkatkan kesehatan. Di kalangan pecinta burung manfaat daun mengkudu buat lovebird sudah dikenal luas. Manfaat daun mengkudu buat lovebird ini sudah diterapkan sejak lama untuk mendukung kesehatan burung. Berikut manfaat daun mengkudu buat lovebird yang berhasil dari berbagai sumber, Rabu (6/11/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat daun mengkudu buat lovebird

Melancarkan pencernaan

Manfaat daun mengkudu buat lovebird yang pertama adalah membantu melancarkan pencernaan. Daun mengkudu yang dimakan membantu mengatur jalannya makanan yang dicerna dalam tubuh. Ini mencegah burung dari masalah pencernaan. Sifat antibakterinya juga mampu menghindarkan burung dari bakteri pencernaan yang menyerang.

Obat anti alergi

Daun mengkudu dikenal dengan sifat antibakterinya. Daun ini dapat mencegah burung dari reaksi alergi pada burung. Alergi pada burung ini bisa berupa alergi makanan atau polusi udara.

Mengobati infeksi

Daun mengkudu juga bisa membantu mengobati infeksi dan mempercepat penyembuhan luka. Daun mengkudu dapat menjadi solusi peradangan pada burung dan mempercepat penyembuhannya.

Sifat anti inflamasi yang terdapat pada daun mengkudu bisa membasmi bakteri dan virus penyebab peradangan. Daun mengkudu merupakan daun herbal yang memiliki khasiat untuk menangkat radial bebas yang juga bisa menyerang burung.

3 dari 6 halaman

Manfaat daun mengkudu buat lovebird

Penambah stamina

Manfaat daun mengkudu buat lovebird dipercaya dapat meningkatkan stamina lovebird. Ramuan daun mengkudu dapat mengembalikan energi yang hilang pada burung. Daun mengkudu bisa memberi rasa tenang dan nyaman pada lovebird. Burung jadi tidak mudah stres dan stamina terus terjaga.

Meningkatkan kicauan

Manfaat daun mengkudu buat lovebird yang cukup terkenal adalah mampu meningkatkan kicauan. Daun mengkudu bisa meningkatkan volume suara dan mengatasi gangguan suara yang dimiliki lovebird. daun mengkudu juga bisa menyembuhkan tenggorokan lovebird yang serak dan melantangkan suaranya kembali. Ini membuat lovebird akan rajin berkicau dengan nyaring. Suara lovebird jadi lebih keras dan panjang karena daun mengkudu ini.

4 dari 6 halaman

Cara memberi lovebird daun mengkudu

Menggantung daun di sangkar

Cara paling mudah memberi lovebird daun mengkudu adalah cukup menggantungnya di sangkar. Petik satu lembar daun mengkudu yang masih muda, cuci hingga bersih. Gantungkan daun disangkar, berikan dua sampai tiga kali dalam seminggu.

Menumbuk daun

Cara selanjutnya adalah menumbuk daun. Ambil tiga lembar daun mengkudu muda, tumbuh sampai halus. Tambah sedikit air sambil memerasnya. Perasan air ini nantinya yang akan diberikan pada lovebird.

Merebus daun

Cara ketiga adalah merebus daun mengkudu untuk mendapatkan ekstraknya. Siapkan tiga lembar daun mengkudu muda, campurkan dua gelas air dan rebus sampai airnya mulai menyusut. Setelah kira-kira air tinggal setengah atau satu gelas, dinginkan air rebusan pada suhu ruang. Setelah dingin berikan pada lovebird sebagai minuman.

5 dari 6 halaman

Jenis Lovebird Paling Mahal

Lovebird Biola Blue

Lovebird biola blue termasuk ke jajaran lovebird biola yang termahal. Perpaduan warna biru sangat menyatu dengan burung ini. Harga lovebird biola blue bisa berkisar Rp 40 jutaan.

Lovebird Halfsider

Lovebird Halfsider merupakan jenis yang tergolong langka. Hal ini dikarenakan jenis lovebird ini sulit untuk dibudidayakan. Perpaduan warna yang unik menjadi ciri khas dari jenis lovebird ini. Ciri fisik dari lovebird halfsider ini didominasi warna putih dengan warna kuning. Bahkan, bila dilihat dari samping, tampak seperti dua ekor burung dalam satu sangkar. Harga dari jenis lovebird halfsider ini bisa mencapai 20 kali lipat dari harga lovebird biasanya.

Lovebird Batman

Lovebird batman ini termasuk yang sangat sulit untuk dibudidayakan. Harga lovebird batman yang sudah dewasa biasanya bisa mencapai Rp 900 ribu hingga Rp 1,3 juta.

Lovebird Violet

Lovebird violet merupakan jenis lovebird yang mengubah warna blue normal di area sponge menjadi warna violet. Ciri-ciri lovebird violet mempunyai warna bulu biru keunguan atau yang umum disebut dengan violet. Harga lovebird violet dibanderol mulai dari Rp 400 ribu hingga Rp 800 ribu.

6 dari 6 halaman

Jenis Lovebird Paling Mahal

Lovebird Kepala Elang

Lovebird kepala elang juga termasuk ke dalam jenis lovebird yang langka dan sulit dibudidayakan. Harga lovebird ini berkisar Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta.

Lovebird Albino

Sesuai namaya, lovebird ini tidak memiliki variasi warna lain alias hanya ada warna putih saja. Lovebird albino mata hitam biasanya dibanderol seharga Rp 500 ribu hingga Rp 750 ribu. Sedangkan lovebird albino mata merah dihargai sekitar Rp 500 ribu hingga RP 1 juta.

Lovebird Cobalt

Ciri utama jenis lovebird cobalt ini hampir keseluruhan bagian tubuhnya berwarna biru, kecuali bagian kepala hingga leher yang berwarna abu-abu. Harga lovebird cobalt berkisar Rp 450 ribu rupiah hingga Rp 750 ribu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat