uefau17.com

Sleep Call Artinya Teleponan Hingga Tertidur, Kenali Bahayanya Bagi Kesehatan - Hot

, Jakarta Sleep call artinya teleponan hingga tertidur. Istilah ini menjadi bahasa gaul yang populer di kalangan anak muda. Biasanya seseorang akan melakukannya dengan sang kekasih. Sleep call menjelma menjadi aktivitas rutin yang dilakukan untuk bertukar cerita sebelum mereka tidur. Panggilan telepon itu biasanya tidak dimatikan hingga pagi tiba.

Aktivitas sleep call akan menyenangkan jika banyak cerita yang dibagikan oleh sepasang kekasih. Terlebih lagi jika mereka menjalin hubungan jarak jauh atau LDR. Sleep call akan mengobati kerinduan di antara keduanya. Namun, terlalu sering melakukan sleep call juga dapat berbahaya bagi kesehatan. Radiasi yang dipancarkan lewat telepon selama berjam-jam berpengaruh bagi kesehatan.

Dampak buruk bagi kesehatan akibat sleep call menjadi hal yang harus diperhatikan. Kecanduan dengan sleep call dapat membuat susah tidur jika tidak melakukannya. Menentukan batasan saat sleep call artinya seseorang peduli akan kesehatannya. Batasan tersebut dilakukan dengan memperhatikan hal-hal kecil saat sleep call.

Berikut informasi mengenai sleep call, bahaya bagi kesehatan, hingga batasannya yang telah dirangkum oleh dari berbagai sumber, Kamis (25/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sleep Call Artinya Teleponan Hingga Tertidur

Bagi sepasang kekasih melakukan panggilan telepon menjadi rutinitas yang tidak boleh dilewatkan. Mereka dapat menghabiskan waktu berjam-jam untuk saling bertukar cerita. Istilah sleep call muncul ketika panggilan telepon sepanjang malam. Dalam hal ini sleep call artinya telponan hingga tertidur. Mereka akan membiarkan telepon itu tetap tersambung hingga pagi hari. Biasanya, pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh akan sering melakukan sleep call.

Tidak hanya telepon via suara, sleep call juga dapat dilakukan dalam bentuk panggilan video atau video call. Aktivitas ini juga dapat dilakukan oleh dua orang yang sedang melakukan pendekatan. Mereka dapat saling bertukar cerita sambil lebih mengenal satu sama lain. Selain itu, pasangan suami-istri yang menjalani long distance marriage juga kerap melakukan sleep call. Bagi mereka sleep call artinya obat rindu yang mudah untuk dilakukan.

Bagi seseorang yang tidak memiliki pasangan, ada jasa sleep call yang dapat dipilih. Meskipun terdengar aneh, tetapi banyak orang yang tertarik untuk membeli jasa tersebut. Mereka akan dihubungkan dengan orang asing yang siap mendengarkan cerita hingga tertidur. Namun, perlu kehati-hatian dalam menggunakan jasa ini, bisa saja orang tersebut membagikan informasi atau cerita yang bersifat privasi.

3 dari 4 halaman

Bahaya Sleep Call Bagi Kesehatan

Sleep call memang memiliki manfaat untuk menjaga kelanggengan sebuah hubungan. Dengan sleep call artinya hubungan jarak jauh akan terasa lebih dekat dengan adanya rasa nyaman saat melakukan panggilan hingga tertidur. Namun, terlalu sering melakukan sleep call juga tidak baik bagi kesehatan. Tidur dengan telepon di dekat kita sepanjang malam menimbulkan radiasi akan memperburuk kesehatan. Berikut bahaya sleep call bagi kesehatan.

1. Kualitas Tidur Menurun

Melakukan sleep call artinya membiarkan handphone menyala sepanjang malam. Pancaran dari layar handphone membuat tubuh menerima isyarat bahwa hari masih siang. Produksi melatonin sebagai hormon tidur juga terhambat. Seseorang akan mengalami kesusahan tidur sehingga kualitas tidur pun menurun. Kualitas ini meliputi waktu dan situasi saat seseorang tidur.

2. Memperburuk Kesehatan Mata

Menatap layar handphone pada malam hari dengan durasi waktu yang lama akan membuat mata terkena radiasi dari handphone. Memaksakan mata untuk terus menatap layar akan memperburuk kesehatan mata. Apalagi jika layar handphone tersebut berada pada kecerahan yang tinggi. Kesehatan pada mata akan mengalami penurunan setiap harinya.

3. Risiko Penyakit Kanker Meningkat

Handphone memiliki medan elektromagnetik yang cukup tinggi. Hal ini akan memunculkan karsinogen sebagai zat pemicu kanker pada tubuh manusia. Karsinogen yang tinggi akan meningkatkan risiko kanker hingga tumor pada kepala. Melakukan sleep call dengan meletakkan handphone di dekat kepala akan meningkatkan risikonya.

4. Pemicu Terjadinya Kebakaran

Handphone yang dipakai saat sleep call membuatnya nyala hingga pagi hari. Hal ini membuat handphone memiliki suhu panas yang lebih tinggi daripada biasanya. Suhu inilah yang akan menjadi pemicu kebakaran. Terlebih lagi jika handphone yang digunakan dalam kondisi dicharger.

4 dari 4 halaman

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sleep Call

Bahaya sleep call bagi kesehatan menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Menentukan batasan dalam sleep call artinya memikirkan cara untuk menjaga kesehatan. Entah membatasi durasi, jadwal, hingga batasan lainnya. Berikut beberapa hal-hal yang harus diperhatikan saat sleep call.

  • Menetapkan durasi sleep call sesuai dengan kebutuhan agar dapat tidur sesuai dengan waktunya.
  • Menentukan jadwal sleep call, misalnya seminggu dua kali agar tidak melakukan sleep call terlalu sering.
  • Jika sudah ingin tidur, letakkan handphone jauh dari diri kita agar tidak terkena radiasi.
  • Lakukan sleep call dengan tidak menatap layar handphone.
  • Jangan melakukan sleep call dengan handphone yang sedang dicharger.

Mengobati kerinduan dengan pasangan memanglah hal yang baik untuk dilakukan. Akan tetapi, jangan sampai kesehatan tubuh menjadi hal yang dikesampingkan. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut diharapkan seseorang dapat menghindari bahaya yang ditimbulkan oleh sleep call. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat