uefau17.com

15 Jenis Ikan Cupang Paling Diminati, Ketahui Perbedaan Corak dan Harganya - Hot

, Jakarta Jenis ikan cupang di Indonesia ada banyak, namun yang paling diminati oleh pecinta ikan hias hanya beberapa karena ikan cupang tersebut memiliki corak yang cantik dan anggun. Ikan cupang menjadi solusi bagi Anda yang ingin mencari hewan peliharaan yang mudah untuk dipelihara.

Ikan cupang ini sangat diminati oleh pecinta ikan hias, sebab keindahan bentuk sirip dan warna yang terdapat pada badannya. Ikan air tawan ini memiliki banyak jenis berkat perkawinan silang, ikan cupang terkenal denagn sifatnya yang agresif dan hidup soliter.

Secara teknis, ikan cupang berasal dari spesies yang sama. Tetapi ada banyak variasi ikan cupang baik itu dari bentuk dan ukuran ekor, sirip, warna, pola sisik di tubuh, dan lainnya. Oleh sebab itu, kenali jenis ikan cupang hias yang berpenampilan menarik yang sering diminati oleh para pecinta ikan hias air tawar.

Berikut beberapa jenis ikan cupang beserta perbedaan corak dan harganya yang telah dirangkum oleh dari berbagai sumber, Senin (7/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jenis-jenis Ikan Cupang

1. Ikan Cupang Red Dragon

Jenis ikan cupang yang pertama adalah jenis red dragon, cupang ini memiliki karakteristik corak warna yang didominasi warna merah dan putih. Warna merah yang terlihat begitu menawan membuat cupang jenis ini semakin nyaman untuk dilihat. Cupang red dragon memiliki harga jual antara Rp 75.000 – Rp 250.000

2. Ikan Cupang Fancy

Jenis ikan cupang yang selanjutnya adalah cupang fancy, cupang ini termasuk dalam kategori cupang menengah ke atas. Salah satu fakta menarik yang harus anda ketahui tentang cupang adalah bahwa pembagian kelas cupang adalah berdasarkan dari bentuk cupang dan seberapa banyak peminatnya. Cupang jenis fancy termasuk kategori cupang yang cukup diminati, oleh karena itu cupang ini dijual dengan harga Rp 150.000 – 550.000

3 Ikan Cupang Hellboy

Jenis ikan cupang yang berikutnya adalah cupang hellboy. Cupang ini memiliki corak merah menyala dan percampuran dengan warna biru navy membuat cupang jenis ini cukup memikat mata. Cupang jenis Hellboy dibanderol dengan harga Rp 125.000 – Rp 250.000

4. Ikan Cupang Halfmoon

Jenis ikan cupang yang lainnya adalah cupang halfmoon, cupang jenis ini adalah salah satu jenis cupang yang begitu diagung-agungkan dalam dunia pecinta cupang. Cupang ini memiliki 6 variasi warna berbeda, memiliki corak pada ekor yang membentuk bulan sabit membuat cupang ini memiliki harga jual tinggi, cupang halfmoon dijual dengan harga Rp 150.000 – Rp 2.750.000

5. Ikan Cupang Black Samurai

Jenis ika cupang yang selanjutnya adalah black samurai, perpaduan antara warna hitam dan putih metalik menjadi sebuah komposisi menawan yang dimiliki oleh jenis cupang black samurai.

Cupang jenis ini cukup sering diikutsertakan dalam kontes yang dilakukan oleh komunitas pecinta cupang, cupang black samurai dijual dengan harga Rp. 90.0000 – Rp 500.000

3 dari 4 halaman

Jenis-jenis Ikan Cupang

6. Ikan Cupang Double Tail

Jenis ikan cupang yang selanjutnya adalah cupang double tail. Ikan ini memiliki ekor ganda yang membelah di bagian tengah sirip ekor (caudal). Hal ini disebabkan mutasi genetik, sehingga ikan ini memiliki sirip ekor atau dua cuping sirip ekor yang berbeda. Oleh karena itu, ikan cupang ini dinamakan cupang ekor cagak karena tampak bercabang dua. satu ekor ikan cupang double tail berwarna gold dipatok dengan harga Rp.2.000.000.

7. Ikan Cupang Plakat

Jenis ikan cupang yang berikutnya adalah cupang plakat. Cupang Plakat merupakan cupang ekor pendek yang dalam bahasa Thailand artinya aduan. Plakat artinya cupang aduan atau cupang laga. Berbeda dengan cupang hias, Plakat biasanya lebih handal untuk melawan dan lebih jago bertarung sesama jenis. Cupang ini memiliki warna dan betuk sirip yang keras. Ikan cupang plakat ini dihargai sekitar Rp. 1.000.000.

8. Ikan Cupang Kachen Worachi

Jenis ikan cupang yang lainnya adalah cupang kachen worachi. Ikan ini berasal dari Thailand dan dianggap sebagai khas Thailand, karena kebanyakan cupang iini memiliki perpaduan warna biru, putih, dan merah yang menyerupai bendera Negara Gajah Putih itu.

9. Ikan Cupang Big Ear

Jenis ikan cupang yang selanjutnya adalah cupang big ear. Big Ear tergolong dalam jenis ikan cupang yang mahal. Bentuk siripnya sampingnya besar seperti telinga gajah yang menjadi daya tarik ikan ini. Harga ikan cupang ini rata-rata berkisar Rp 400.000.

10. Ikan Cupang Paradise

Jenis ikan cupang yang berikutnya adalah cupang paradise. Cupang ini banyak ditemukan di Pulau Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Memiliki nama latin Macropodus Opercularis memiliki ciri khas ekornya yang bercabang.

4 dari 4 halaman

Jenis-jenis Ikan Cupang

11. Ikan Cupang Surga

Jenis ikan cupang yang selanjutnya adalah cupang surga. Banyak ditemukan pada Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri cupang ini hidup pada perairan Sumatera, Jawa, Bali. Karena sudah banyak yang mencari, ikan ini tergolong mahal dan paling sulit ditemui.

12. Ikan Cupang Ekor Mahkota

Jenis ikan cupang ini merupakan salah satu jenis ikan cupang tercantik di dunia. Ikan cupang ekor mahkota memiliki sedikit selaput di antara sinar panjang di sirip dan ekornya, yang seolah terlihat seperti ditutupi paku. Nama lain dari ekor mahkota ialah punk rocker atau bisa juga disebut crown tail betta.

13. Ikan Cupang Spade Tail

Jenis ikan cupang yang berikutnya adalah ikan cupang spade tail. Seperti namanya, ikan cupang jenis ini memiliki ekor yang runcing berbentuk sekop. Ikan ini cukup banyak dicari dan langka karena bentuk ekornya yang amat unik dan menawan.

14. Ikan Cupang Sawah

Jenis ikan cupang yang berikutnya adalah ikan cupang sawah. Ikan cupang sawah menjadi salah satu jenis ikan cupang liar. Ikan cupang sawah jarang ditemukan sehingga harganya tergolong mahal. Semakin bagus dan besar ukurannya, ikan cupang sawah harganya semakin mahal.

15. Ikan Cupang Mawar Tail

Ikan cupang Rose Tail memiliki percabangan warna yang berlebih pada sirip dan ekornya, sehingga ekornya tampak seperti kelopak bunga mawar. Jenis ikan cupang ini biasanya mempunyai pola ekor warna-warni dan seringkali memberikan efek ombre pada ekornya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat