uefau17.com

18 Manfaat Jamu Kunir Asem untuk Kesehatan, Jaga Kebugaran Tubuh - Hot

, Jakarta Manfaat jamu kunir asem sudah lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Jamu kunir asem termasuk jamu yang sering dikonsumsi. Jamu ini terdiri dari campuran kunir dan asam jawa yang diolah menjadi minuman yang segar.

Manfaat jamu kunir asem secara tradisional telah dipercaya akan khasiatnya. Dengan manfaat asam jawa, tubuh jadi lebih bugar dan terhindar dari penyakit. Manfaat jamu kunir asem juga terutama banyak dikonsumsi oleh wanita.

Manfaat jamu kunir asem ini didapat dari kebaikan kunir dan asam jawa yang sudah terbukti secara ilmiah khasiatnya. kunir dan asam jawa mengandung antioksidan kuat yang sangat baik untuk tubuh.

Berikut manfaat jamu kunir asem untuk kesehatan, dirangkum dari berbagai sumber, Selasa(15/6/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat jamu kunir asem

Antimikrona alami

Baik kunir maupun asam jawa mengandung senyawa alami yang memiliki efek antimikroba. kunir dan asam jawa memiliki aktivitas antijamur, antivirus, dan antibakteri. Senyawa yang disebut lupeol dikreditkan dengan efek antibakteri asam jawa. Sementara efek antimikroba kunir didapat dari kandungan kurkuminnya.

Kaya antioksidan

kunir dan asam jawa mengandung polifenol yang bertindak sebagai antioksidan. Konsumsi jamu kunir asam bisa membantu meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh. Antioksidan membantu mencegah munculnya penyakit kronis seperti jantung, kolesterol, stroke, dan kanker.

Penuhi kebutuhan magnesium

Asam jawa relatif tinggi magnesium. Magnesium memiliki banyak manfaat kesehatan dan berperan dalam lebih dari 600 fungsi tubuh. Ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan memiliki efek anti-inflamasi dan anti-diabetes.

3 dari 6 halaman

Manfaat jamu kunir asem

Meningkatkan energi

Kandungan vitamin dan mineral yang ada dalam kunir dan asam jawa bisa membantu meningkatkan energi. kunir mengandung vitamin C, zat besi, mangan, dan kalium. Sementara asam jawa mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, B6, C, dan K. magnesium, kalium, zat besi, kalsium, dan fosfor. Semua vitamin dan mineral ini menjaga kebugaran tubuh.

Atasi maag

Penelitian dari jurnal Pharmacognosy Reviews mengamati efek curcumin mengobati peradangan akibat luka dan melindungi perut dari iritan-iritan di lambung dan usus dengan meningkatkan produksi lendir dinding lambung.

Artikel dalam jurnal Systematic Reviews mengatakan kunir membantu mengurangi frekuensi kekambuhan gejala maag. Sebab kurkumin dalam kunir juga bekerja mengendalikan produksi asam lambung dan empedu berlebih.

Detoksifikasi

Manfaat jamu kunir asem adalah sifat detoksifikasinya. Sifat ini ampuh keluarkan racun penyebab berbagai masalah penyakit. Termasuk mendukung fungsi hati agar terhindar dari racun. Efek antioksidan kunir tampaknya sangat kuat sehingga dapat menghentikan kerusakan hati oleh racun.

Lindungi usus dan lambung

kunir yang mengandung zat antiradang dan antioksidan ini telah terbukti dapat meredakan gangguan pencernaan dan melindungi hati. Lebih jauh lagi, rempah ini dapat membantu pengobatan dan mencegah timbulnya tukak lambung. Asam jawa juga mengandung kalium bitartrat, yang, bersama dengan bahan aktif lainnya, mengurangi sembelit.

4 dari 6 halaman

Manfaat jamu kunir asem

Kontrol gula darah

Asam dapat menghambat produksi bahan kimia pro-inflamasi seperti TNF alpha, asam dapat melindungi pankreas dari kerusakan akibat peradangan. Banyak penelitian menunjukkan bahwa kunir juga dapat mengontrol perkembangan diabetes. Ini pada akhirnya bisa membantu mengontrol gula darah.

Kontrol berat badan

Minum jamu kunir asem juga bisa membantu mengontrol berat badan. Penelitian terbaru telah meneliti peran kunir dalam penurunan berat badan. Kapasitas antioksidan dan anti-inflamasi kunir yang sebagian besar terkait dengan senyawa kurkuminnya bisa berperan dalam penurunan berat badan. Manfaat jamu kunir asem bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme yang lancar akan mendukung kontrol berat badan yang sehat.

Tingkatkan fungsi otak

Kurkumin dalam kunir asam dapat meningkatkan fungsi brain-derived neurotrophic factor (BDNF). Konsumsi kunir asam sama halnya mampu meningkatkan fungsi otak. Kerentanan terkena penyakit otak pun menurun. Ketika kemampuan otak mengalami penurunan dapat mengakibatkan masalah seperti depresi atau Alzheimer.

Dukung fungsi otot dan persendian

Efek antioksidan dan anti-inflamasi dari jamu kunir asem baik untuk ketegangan otot. Magnesium dalam asam jawa bisa membantu mengatasi sulit tidur atau saat otot tegang. Antioksidan kunir dapat membantu mendukung kesehatan sendi dan kenyamanan dan mobilitas. Bersama-sama kedua bahan kuat ini membantu mendukung otot dan persendian.

5 dari 6 halaman

Manfaat jamu kunir asem

Atasi nyeri haid

Manfaat jamu kunir asem banyak dikonsumsi wanita, terutama saat sedang haid. Jamu kunir asem sangat baik untuk meredakan nyeri haid. kunir akan mempermudah peluruhan dinding rahim. Meredakan nyeri hadi bisa dengan mencoba konsumsi kunir asem.

Atasi keputihan

Selain nyeri haid, masalah wanita yang tak ada habisnya adalah masalah keputihan. Jamu kunir asam juga bisa membantu mengatasi keputihan. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan mineral dan minyak atsiri yang dimilikinya. Kedua kandungan ini mampu membersihkan darah haid yang tersisa pada saluran tubafalopi. Kandungan ini juga sangat efektif hentikan dan cegah keputihan.

Hilangkan bau badan

Efek antimikroba dari kunir dan asam jawa bisa membantu mengatasi bau badan. Bau badan sebenarnya berasal dari bakteri dan kuman di badan. Dengan konsumsi jamu kunir asem, bau badan akan hilang.

Redakan stres

Stres dan depresi bisa memengaruhi siapa saja. Jika dirasa sedang mengalaminya, coba redakan dengan mengonsumsi kunir asam. Manfaat kunir asam ampuh meredakan stres. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan kurkumin yang dapat meningkatkan neurotransmiter otak serotonin dan dopamin.

6 dari 6 halaman

Manfaat jamu kunir asem

Cerahkan kulit

kunir asam bisa mencerahkan kulit secara alami. Manfaat ini dipengaruhi oleh antioksidan, vitamin A, dan vitamin C yang dimilikinya. Efek ini sangat baik untuk menghilangkan bekas jerawat.

Atasi jerawat

Manfaat kunir asam bisa mencegah penuaan dini. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan antioksidan yang dimilikinya. Antioksidan kunir asem sangatlah tinggi. Antioksidan yang tinggi dalam jamu bisa membantu memperlambat proses penuaan dini. Kemudian mencegah hiperpigmentasi akibat paparan sinar UV.

Cegah penuaan

Mengonsumsi kunir asam dapat mengatasi masalah jerawat. Selain dapat meredakan peradangannya, kunir asam juga bisa mencegah kemunculannya. Manfaat ini berasal dari vitamin A dan vitamin C yang dimiliki keduanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat