uefau17.com

10 Penyebab Eksim Kering Menahun yang Harus Diwaspadai - Hot

, Jakarta Eksim merupakan jenis penyakit kulit yang sudah mengalami peradangan. Penyakit kulit ini termasuk kronis atau dermatitis atopik. Penyakit kulit ini akan membuat kulit menjadi merah, meradang, bengkak, gatal, kering, dan pecah-pecah. Penyebab eksim kering ini umumnya berawal dari iritasi dan alergi karena udara, genetik, dan detergen.

Meski bukan penyakit kulit yang berbahaya, penyebab eksim kering harus diperhatikan dengan saksama. Hal ini untuk mengantisipasi kondisi gatal eksim kering yang sangat parah hingga mengganggu tidur dan aktivitas keseharian. Hal ini juga dilakukan agar pengobatan bisa lebih dini dilakukan karena eksim kering bukan penyakit kulit yang bisa disembuhkan atau penyakit menahun.

Penyakit eksim kering ini bisa muncul pada lipatan tubuh seperti, siku dalam, belakang lutut, dan bagian depan leher. Bagian tubuh ini akan merasakan gatal yang tidak tertahankan hingga timbul ruam. Tidak hanya ruam tetapi bisa sampai berkerak, bersisik, dan berkulit keras. Mengenali penyebab eksim kering akan menghindarkan kulit dari kondisi yang demikian.

Berikut ulas penyebab eksim kering menahun dari berbagai sumber, Senin (15/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Penyakit Tiroid dan Dermatitis

Penyakit Tiroid

Penyakit tiroid seperti hipotiroidsme termasuk penyebab eksim kering. Tiroid yang kurang aktif akan memengaruhi kulit dengan berbagai cara. Hal seperti ini dapat menyebabkan gejala seperti kulit kering dan kasar. Penderita hipotiroidisme akan mengalami rambut kering, rapuh, dan kasar atau kuku tipis yang mudah patah.

Dermatitis

Dermatitis juga termasuk penyebab eksim kering. Penyebab ini sangat umum terjadi hingga akan menjadi peradangan kronis. Jenis dermatitis yang bisa menyebabkan kulit wajah kering diantaranya adalah dermatitis kontak, dermatitis seboroik, dan dermatitis atopik. Masalah kulit seperti psoriasis dan eksim juga dapat membuat kulit rentan terhadap kekeringan.

 

3 dari 6 halaman

Usia dan Genetik

Usia

Kelembapan kulit yang terganggu bisa menjadi penyebab eksim kering. Kelembapan ini lebih sering menyerang orang yang sudah lanjut usia. Sebab, semakin bertambah usia seseorang, produksi pelembap alami pada kulitnya juga semakin menurun. Kulit juga makin tipis dan kering. Hal seperti ini juga dipengaruhi oleh berkurangnya produksi hormon-hormon dalam tubuh.

Genetik

Genetik merupakan penyebab eksim kering yang paling sering terjadi. Bagi yang memiliki kerabat atau keluarga dengan kulit kering, pasti akan lebih rentan terkena eksim kering. Biasanya eksim ini sudah timbul sejak bayi, hingga kemudian di usia dewasa akan muncul lagi.

 

4 dari 6 halaman

Efek Obat dan Air Panas

Efek Obat

Ada beberapa jenis obat yang memberikan efek kulit menjadi kering. Penyebab eksim kering berkaitan erat dengan obat psoriosis, diabetes, hipotiroidisme, dan malnutrisi. Obat untuk hipertensi (diuretik) dan jerawat juga termasuk. Jika hal ini terjadi, segera konsultasikan dengan dokter agar dosis obat diperbaiki.

Air Panas

Air panas yang digunakan untuk mandi bisa menjadi penyebab eksim kering. Meskipun bisa membantu melancarkan sirkulasi darah, tetapi beberapa kulit mungkin tidak tahan dengan air panas. Agar kulit kering penyebab eksim bisa dihindari, cobalah untuk menggunakan pancuran alih-alih berendam. Hal ini akan sangat mengurangi risiko kulit kering penyebab eksim. Jangan pula menghidupkan air panas terus menerus ketika sedang menggunakan sabun.

5 dari 6 halaman

Udara dan Bahan Kimia

Udara

Udara yang kering akan membuat kelembapan kulit berkurang. Kelembapan kulit yang berkurang akan membuat kulit menjadi kering dan memicu eksim. Penggunaan pendingin ruangan juga termasuk pemicunya. Sebaiknya atur suhu lebih hangat dan jangan terlalu dingin agar tidak merusak kulit.

Jika ingin berada di ruang yang lebih dingin, usahakan untuk selalu gunakan pelembap. Begitu juga ketika udara di luar panas, gunakan topi, scarf, atau sarung tangan saat akan pergi ke luar.

Bahan Kimia

Pembersih rumah tangga berbahan kimia termasuk penyebab eksim kering. Pembersih ini awalnya akan mengiritasi kulit. Jika penggunaanya tidak diperhatikan, maka akan berakibat pada peradangan. Peradangan ini nantinya akan menyebabkan munculnya eksim kering. Pembersih all in one, deterjen piring, deterjen, pembersih jendela, furniture polish, dan desinfektan toilet. Pembersih ini termasuk bahan-bahan kimia penyebab iritasi yang berbahaya.

6 dari 6 halaman

Makanan dan Pakaian

Makanan

Makanan termasuk penyebab eksim kering. Sebab, ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan alergi hingga muncul reaksi iritasi pada kulit mulai dari gatal-gatal dan ruam. Hal ini dikenal dengan istilah atopi dermatitis.

Makanan yang sering menyebabkan alergi tersebut adalah dimaksud adalah seafood, telur dan susu sapi. Selain itu, iritasi kulit juga dapat muncul pada sebagian orang, karena memegang makanan asam dan pedas. Iritasi kulit muncul sebagai reaksi alergi seseorang terhadap makanan yang dipegangnya.

Pakaian

Pakaian dengan bahan tertentu bisa menjadi penyebab eksim kering. Bahan pakaian kasar seperti wol salah satunya. Kain ini akan membuat orang yang menderita kelainan kulit dermatitis atopik, bentuk paling umum dari eksim.

American Academy of Dermatology memperkirakan bahwa 10% sampai 20% dari anak-anak dan 1% hingga 3% dari orang dewasa mengembangkan kondisi ini. Untuk bisa menghindarinya, lebih baik cegah dengan menggunakan pakaian yang berbahan katun.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat