uefau17.com

Allahuma Antasalam Waminka Salam dan Terjemahan, Lengkap dengan Keutamaannya - Hot

, Jakarta Allahuma antasalam waminka salam adalah lafal doa yang sering diucapkan oleh umat Muslim. Potongan lafal doa tersebut termasuk dalam bacaan dzikir yang kerap diamalkan oleh umat Muslim setelah salat.

Allahuma antasalam waminka salam merupakan potongan doa dzikir yang dapat anda amalkan setiap hari sesudah melaksanakan ibadah salat, baik fardhu maupun sunnah. Dengan membaca allahuma antasalam waminka salam, maka akan mendapatkan pahala dan dapat menenangkan pikiran.

Meskipun allahuma antasalam waminka salam sudah populer di kalangan umat Muslim, namun masih ada yang belum mengetahui arti allahuma antasalam waminka salam. Berikut ulas mengenai bacaan allahuma antasalam waminka salam dan artinya, serta keutamaan membacanya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (10/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Allahuma Antasalam Waminka Salam dan Terjemahannya

Potongan lafal bacaan tersebut termasuk dalam doa dzikir sesudah salat. Berikut ini lafal lengkap dan terjemahannya, yakni:

Allāḥummā āntāssālām, wā mīnkāssālām, wā īlāīkā yā’uudussālām, fāḥāyyīnā robbānā bīssālām, wā ādkḥīlnāl jānnātā dāārossālām, tābāroktā robbānā wā tā’āālāytā, yāā dzāl jālāālī wāl īkrām.

Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah Dzat yang mempunyai kesejahteraan, dari-Mu kesejahteraan itu, kepada-Mu akan kembali lagi segala kesejahteraan itu, Ya Tuhan kami, hidupkanlah kami dengan sejahtera. Masukanlah kami ke dalam surga kampung kesejahteraan. Engkaulah yang berkuasa memberi berkah yang banyak dan Engkaulah Yang Maha Tinggi, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.”

Bacaan doa di atas, biasanya diamalkan setelah salat saat wirid. Selain dibaca saat wirid salat, doa tersebut juga dibaca saat dzikir dalam acara dzikir akbar atau dzikir bersama.

3 dari 4 halaman

Bacaan Doa Sesudah Salat

Dikutip dari buku Tuntunan Bersuci dan Sholat: Madzhab Imam Asy Syafi’i (2023) karya Humaidi Al Faruq, dijelaskan terkait bacaan doa sesudah salat yang dapat anda amalkan, yakni:

a. Membaca istighfar sebanyak 3 kali, berikut bacaannya:

Astaghfirullah hal'adzim, aladzi laailaha illahuwal khayyul qoyyuumu wa atuubu ilaiih

Dari Tsauban radhiallahu’anhu, Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Biasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam ketika selesai shalat, beliau beristighfar 3x", lalu membaca doa:

Allahumma antassalam waminkassalam tabaarokta yaa dzal jalaali wal ikroom.

Artinya: “Ya Allah, Engkau pemberi keselamatan, dan hanya dari-Mu lah keselamatan. Maha Suci Engkau wahai Dzat yang memiliki semua keagungan dan kemulian.” (HR. Muslim).

b. Mengusap wajah dengan tangan kanan.

c. Membaca ayat kursi, berikut lafalnya:

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum. Laa ta’khudzuhuu sinatuw wa laa naum. Lahuu maa fis samaawaati wa maa fil ardh. Man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa bi idznih. Ya’lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum. Wa laa yuhiithuuna bi syai-im min ‘ilmihii illaa bi maa syaa-a. Wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardha wa laa ya-uuduhuu hifzhuhumaa. Wahuwal ‘aliyyul ‘azhiim.

Artinya: “Allah tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia yang Maha Kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya. Tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya lah apa yang di langit dan di bumi. Siapakah yang dapat memberi syafa'at di sisi Allah tanpa izin-Nya?. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka. Dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (QS. Al-Baqarah: 255)

d. Membaca dzikir sebanyak 99 kali

- Membaca kalimat Tasbih 33 kali "SUBHANALLAH"

- Membaca kalimat Tahmid 33 kali "ALHAMDULILLAH"

- Membaca kalimat Takbir 33 kali "ALLAHU AKBAR"

- Membaca kalimat Tahlil 1 kali "LAILAHA ILLALLAH"

e. Membaca doa, berikut lafalnya:

Allahumma inni as-aluka ‘ilman naafi’an, wa rizqon thoyyiban, wa ‘amalan mutaqobbalan.

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima).” (HR. Ibnu Majah, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Ibni Majah).

Selain itu, anda juga dapat menambahkan bacaan doa sebagai berikut ini:

Allahumma a’inni ‘ala dzikrika wa syukrika wa husni ‘ibaadatika.

Artinya: “Ya Allah, tolonglah aku agar bisa berdzikir kepada-Mu, dan bersyukur kepada-Mu, serta beribadah kepada-Mu dengan baik).” (HR. Abu Daud, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abi Daud).

f. Terakhir, membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Nas.

g. Bagi imam setelah salam dari salat untuk menghadap ke arah makmum, dengan menjadikan tangan kirinya menghadap kiblat dan tangan kanannya menghadap ke arah makmum.

4 dari 4 halaman

Keutamaan Berdoa Sesudah Salat Fardhu Maupun Sunnah

Menurut Imam Ibnul Qayyim (2004) dalam kitabnya, Al-Wabil Ash-Shayyib Minal Kalim Ath-Thayyib menyatakan bahwa keutamaan berdzikir dan doa setelah sholat bisa mencapai seratus lebih. Berikut ada beberapa keutamaan yang akan didapat oleh umat Muslim apabila mengamalkan bacaan doa sesudah salat dengan ketulusan hati dan sungguh-sungguh, yakni:

  1. Sumber keberuntungan di dunia dan di akhirat.
  2. Penenang jiwa dan penguat hati.
  3. Orang yang rutin berdzikir senantiasa mendapatkan ampunan dan kebaikan dari Allah SWT.
  4. Dapat mengusir dan menjauhkan gangguan setan.
  5. Senantiasa diingat oleh Allah SWT.
  6. Melembutkan hati dan perasaan.
  7. Menghapus dosa-dosa.
  8. Meringankan beban berat dalam menjalani hidup.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat