uefau17.com

Cara Hadapi Paparan Sinar UV Ekstrem, Langkah Mudah Cegah Kanker Kulit - Hot

, Jakarta Paparan radiasi ultraviolet (UV) adalah kejadian umum dalam kehidupan kita sehari-hari, terutama selama bulan-bulan musim panas saat sinar matahari paling kuat. Sementara paparan sinar UV dalam jumlah sedang dapat bermanfaat bagi kesehatan kita, paparan berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, termasuk kerusakan kulit dan kanker. 

Dalam kasus ekstrim, penting untuk mengambil tindakan pencegahan dengan menerapkan cara-cara menghadapi paparan sinar UV ekstrem untuk menghindari paparan radiasi UV yang berlebihan. Karena sebagian besar kanker kulit disebabkan oleh terlalu banyaknya paparan sinar ultraviolet. Orang yang banyak terpapar sinar UV berisiko lebih besar terkena kanker kulit.

Jenis sinar UV utama yang dapat mempengaruhi kulit Anda termasuk sinar UVA dan sinar UVB. Sinar UVB memiliki lebih banyak energi dan merupakan penyebab yang lebih kuat dari setidaknya beberapa kanker kulit, tetapi sinar UVA dan UVB dapat merusak kulit dan menyebabkan kanker kulit. Tidak ada sinar UV yang aman.

Untuk menghindari berbagai dampak buruk dari paparan sinar UV, berikut ini telah rangkum dari berbagai sumber pada rabu (26/4/2023). Cara-cara hadapi paparan sinar UV ekstrem yang dapat anda lakukan sehari-hari.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

6 Cara Hadapi Paparan Sinar UV Ekstrem

Beberapa orang berpikir tentang perlindungan matahari hanya ketika mereka menghabiskan hari di luar ruangan. Tapi paparan sinar matahari bertambah hari demi hari, dan itu terjadi setiap kali Anda berada di bawah sinar matahari. Meskipun sinar matahari merupakan sumber utama sinar UV, Anda tidak harus menghindari sinar matahari sepenuhnya.

Ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda ambil untuk membatasi paparan sinar UV. Berikut penjelasannya : 

1. Carilah tempat teduh

Cara yang jelas namun sangat penting untuk membatasi paparan sinar UV Anda adalah dengan menghindari terlalu lama berada di luar ruangan di bawah sinar matahari langsung. Ini sangat penting antara jam 10 pagi dan 4 sore, saat sinar UV paling kuat. Jika Anda tidak yakin seberapa kuat sinar matahari, gunakan uji bayangan: jika bayangan Anda lebih pendek dari Anda, sinar matahari adalah yang paling kuat, dan penting untuk melindungi diri Anda.

Sinar UV mencapai tanah sepanjang tahun, bahkan pada hari berawan atau berkabut, namun kekuatan sinar UV dapat bervariasi, berdasarkan banyak faktor (lihat di atas). Berhati-hatilah terutama di pantai atau di area bersalju karena pasir, air, dan salju memantulkan sinar matahari, meningkatkan jumlah radiasi UV yang Anda dapatkan. Sinar UV juga dapat mencapai bagian bawah permukaan air, sehingga Anda tetap dapat mengalami luka bakar meskipun berada di dalam air dan merasa sejuk.

Beberapa sinar UV juga dapat melewati jendela. Jendela mobil, rumah, dan kantor pada umumnya memblokir sebagian besar sinar UVB tetapi sebagian kecil dari sinar UVA, jadi meskipun Anda tidak merasa terbakar, kulit Anda mungkin masih mengalami kerusakan. Jendela berwarna membantu memblokir lebih banyak sinar UVA, tetapi ini tergantung pada jenis pewarnaan. Radiasi UV yang masuk melalui jendela mungkin tidak menimbulkan resiko besar bagi kebanyakan orang kecuali mereka menghabiskan waktu lama di dekat jendela itu. mendapat sinar matahari langsung.

2. Melindungi kulit dengan pakaian

Saat Anda berada di bawah sinar matahari, kenakan pakaian untuk menutupi kulit Anda. Pakaian memberikan tingkat perlindungan UV yang berbeda. Baju lengan panjang, celana panjang, atau rok panjang menutupi sebagian besar kulit dan paling protektif. Warna gelap umumnya memberikan perlindungan lebih dari warna terang. Kain tenun yang rapat melindungi lebih baik daripada pakaian tenun yang longgar. Kain kering umumnya lebih protektif daripada kain basah.

Ketahuilah bahwa menutupi tidak menghalangi semua sinar UV. Jika Anda dapat melihat cahaya melalui kain, sinar UV juga dapat menembusnya. Banyak perusahaan kini membuat pakaian yang ringan, nyaman, dan melindungi dari sinar UV bahkan saat basah. Tenunannya cenderung lebih rapat, dan beberapa memiliki lapisan khusus untuk membantu menyerap sinar UV. Pakaian pelindung matahari ini mungkin memiliki label yang mencantumkan nilai faktor perlindungan UV (UPF). Semakin tinggi UPF, semakin tinggi perlindungan dari sinar UV.

Beberapa produk yang digunakan seperti deterjen laundry di mesin cuci dapat meningkatkan nilai UPF pakaian yang sudah Anda miliki. Mereka menambahkan lapisan pelindung UV ke pakaian Anda tanpa mengubah warna atau teksturnya. Ini bisa bermanfaat, tetapi tidak jelas seberapa besar manfaatnya untuk melindungi Anda dari sinar UV, jadi tetap penting untuk mengikuti langkah-langkah lain yang tercantum di sini.

3 dari 4 halaman

3. Gunakan tabir surya

Tabir surya adalah produk yang Anda gunakan pada kulit Anda untuk melindunginya dari sinar UV matahari. Namun penting untuk diketahui bahwa tabir surya hanyalah filter – tidak menghalangi semua sinar UV. Tabir surya sebaiknya tidak digunakan sebagai cara untuk memperpanjang waktu Anda di bawah sinar matahari. 

Bahkan dengan penggunaan tabir surya yang tepat, beberapa sinar UV masih bisa menembus. Karena itu, tabir surya tidak boleh dianggap sebagai garis pertahanan pertama Anda. Pertimbangkan tabir surya sebagai salah satu bagian dari rencana perlindungan kanker kulit Anda, terutama jika berada di tempat teduh dan mengenakan pakaian pelindung tidak tersedia sebagai pilihan pertama Anda.

Tabir surya tersedia dalam berbagai bentuk - lotion, krim, salep, gel, semprotan, tisu, dan lip balm, untuk beberapa nama.

Beberapa kosmetik, seperti pelembap, lipstik, dan alas bedak, dianggap sebagai produk tabir surya jika mengandung tabir surya. Beberapa riasan mengandung tabir surya, tetapi Anda harus memeriksa labelnya riasan, termasuk lipstik, tanpa tabir surya tidak memberikan perlindungan terhadap sinar matahari.

4. Kenakan topi

Topi dengan pinggiran sekitar 2 hingga 3 inci sangat ideal karena melindungi area yang sering terkena sinar matahari yang intens, seperti telinga, mata, dahi, hidung, dan kulit kepala. Bagian bawah yang gelap dan non-reflektif hingga pinggirannya juga dapat membantu menurunkan jumlah sinar UV yang mencapai wajah dari permukaan reflektif seperti air. 

Topi peneduh juga bagus, dan akan memberikan perlindungan lebih untuk leher. Ini sering dijual di toko perlengkapan olahraga dan perlengkapan luar ruangan. Jika Anda tidak memiliki topi peneduh, Anda dapat membuatnya dengan mengenakan saputangan besar atau bandana di bawah topi baseball.

Topi bisbol melindungi bagian depan dan atas kepala tetapi tidak melindungi leher atau telinga, tempat kanker kulit biasanya berkembang. Topi jerami tidak protektif topi yang terbuat dari kain tenun yang rapat.

4 dari 4 halaman

5. Kenakan kacamata hitam yang menghalangi sinar UV

Kacamata hitam penahan UV penting untuk melindungi kulit halus di sekitar mata, serta mata itu sendiri. Penelitian telah menunjukkan bahwa berjam-jam di bawah sinar matahari tanpa melindungi mata Anda meningkatkan peluang Anda terkena penyakit mata tertentu.

Kacamata hitam yang ideal harus memblokir 99% hingga 100% sinar UVA dan UVB. Sebelum Anda membeli, periksa labelnya untuk memastikannya. Label yang mengatakan "penyerapan UV hingga 400 nm" atau "Memenuhi Persyaratan UV ANSI" berarti kacamata memblokir setidaknya 99% sinar UV. Mereka yang berlabel "kosmetik" memblokir sekitar 70% sinar UV. Jika tidak ada label, jangan menganggap kacamata hitam memberikan perlindungan UV.

Kacamata yang lebih gelap belum tentu lebih baik karena perlindungan UV berasal dari bahan kimia yang tidak terlihat atau diterapkan pada lensa, bukan dari warna atau kegelapan lensa. Cari label ANSI.

Kacamata hitam berbingkai besar dan sampul lebih cenderung melindungi mata Anda dari cahaya yang masuk dari berbagai sudut. Anak-anak membutuhkan versi yang lebih kecil dari kacamata hitam dewasa yang asli dan protektif – bukan kacamata hitam mainan.

Beberapa merek kacamata dan lensa kontak sekarang juga menawarkan perlindungan terhadap sinar UV. Tapi jangan menganggap ini benar untuk lensa yang Anda kenakan kecuali jika dinyatakan dengan jelas pada label produk atau Anda mengkonfirmasi hal ini dengan profesional perawatan mata Anda. Tentu saja, kacamata tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, dan lensa yang lebih kecil akan menutupi dan melindungi area yang lebih kecil. Lensa kontak tidak menutupi seluruh mata dan area sekitarnya, sehingga tidak cukup melindungi mata saat digunakan sendiri.

6. Hindari tanning bed dan lampu matahari

Banyak orang percaya sinar UV dari tanning bed tidak berbahaya. Ini tidak benar. Lampu penyamakan memancarkan sinar UVA dan biasanya UVB juga. Baik sinar UVA maupun UVB dapat menyebabkan kerusakan kulit jangka panjang, dan dapat menyebabkan kanker kulit. Penggunaan tanning bed telah dikaitkan dengan peningkatan risiko melanoma, terutama jika dimulai sebelum usia 30 tahun. Sebagian besar dokter kulit dan organisasi kesehatan merekomendasikan untuk tidak menggunakan tanning bed dan lampu matahari.

Jika Anda menginginkan kulit kecoklatan, salah satu pilihannya adalah menggunakan lotion penyamakan kulit tanpa sinar matahari, yang dapat memberikan tampilan lebih gelap tanpa bahaya. Lihat Apakah Pil Penyamakan Kulit dan Produk Penyamakan Kulit Lainnya Aman?

Lampu UV kecil juga digunakan di salon kuku (atau di rumah) untuk mengeringkan beberapa jenis cat kuku. Lampu ini memancarkan sinar UVA. Jumlah yang dilepaskan jauh lebih rendah daripada tanning bed, dan risiko kanker kulit dari lampu ini dianggap rendah. Namun, untuk amannya, beberapa kelompok ahli merekomendasikan untuk mengoleskan tabir surya ke tangan sebelum menggunakan salah satu lampu ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat