uefau17.com

Arti Lambang Muhammadiyah, Ini Pencipta dan Manifestasi Gerakannya - Hot

, Jakarta Muhammadiyah merupakan salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia. Muhammadiyah didirikan pada 18 November 1912 oleh Muhammad Darwis, yang kemudian dikenal dengan KH Ahmad Dahlan.

Sebagai sebuah organisasi, Muhammadiyah memiliki lambang yang sarat makna dan filosofi. lambang Muhammadiyah berbentuk matahari yang memancarkan dua belas sinar yang mengarah ke segala penjuru.

Bentuk lambang Muhammadiyah tersebut tentunya memiliki makna dan maksud, baik sebagai identitas organisasi maupun ciri pergerakan dari Muhammadiyah sendiri sebagai organisasi Islam. Sebagai salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia, Muhammadiyah tentu memiliki perjuangan yang berlandaskan ajaran agama Islam.

Adapun bidang perjuangan Muhammadiyah mencakup berbagai bidang, mulai dari bidang pendidikan, dakwah, hingga kesehatan. Semua perjuangan tersebut berlandaskan pada kekuatan spiritual seperti yang digambarkan oleh lambang Muhammadiyah.

Untuk lebih memahami lambang Muhammadiyah, berikut penjelasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (17/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bentuk Lambang Muhammadiyah

Lambang Muhammadiyah memiliki bentuk yang menyerupai matahari. Lambang Muhammadiyah tersebut diciptakan oleh Kiai Siraad Dahlan, yang merupakan putra pertama Kiai Ahmad Dahlan. bentuk matahari yang menjadi Lambang Muhammadiyah dipilih bukan tanpa alasan.

Lambang Muhammadiyah tersebut memiliki makna simbolis, yang menunjukkan visi, identitas, dan ciri dari pergerakan Muhammadiyah. Dilansir dari laman resmi Muhammadiyah, bentuk matahari dalam lambang Muhammadiyah menggambarkan harapan KH Ahmad Dahlan yang ingin Muhammadiyah bisa menjadi organisasi yang menyinari (mencerahkan) hati dan pikiran masyarakat di mana saja dengan ajaran-ajaran Islam yang benar berdasarkan Al-Qur'an dan As-sunnah.

Lambang Muhammadiyah berbentuk matahari yang memancarkan dua belas sinar ke segala arah. Di bagian tengah terdapat nama organisasi Muhammadiyah yang ditulis dengan huruf Arab. Kemudian pada di bagian tepinya terdapat dua kalimat syahadat yang mengelilingi nama organisasi. Adapun kombinasi warna yang digunakan dalam lambang Muhammadiyah adalah putih dan hijau.

3 dari 4 halaman

Makna Lambang Muhammadiyah

Setiap bentuk, tulisan, dan kombinasi warna dalam lambang Muhammadiyah, semuanya memiliki makna simbolis masing-masing. Matahari merupakan pusat tata surya dan menjadi sumber kekuatan energi seluruh makhluk hidup yang ada di bumi. Bentuk matahari tersebut menunjukkan harapan bahwa Muhammadiyah bisa menjadi sumber kekuatan spiritual dengan nilai-nilai Islam yang berintikan dua kalimat syahadat.

Adapun bentuk dua belas sinar yang memancar ke segala arah dalam lambang Muhammadiyah menunjukkan tekad dan semangat warga Muhammadiyah dalam memperjuangkan Islam, semangat yang pantang mundur dan pantang menyerah seperti kaum Hawari (sahabat nabi Isa yang berjumlah 12).

Sedangkan warna putih pada keseluruhan bentuk matahari tersebut melambangkan kesucian dan keikhlasan. Sementara warna hijau pada lambang Muhammadiyah memiliki makna kedamaian dan kesejahteraan. Selain itu, kombinasi warna putih dan hijau dari lambang Muhammadiyah tersebut juga dipilih karena berdasarkan dalil dalam Al-Qur'an.

Menurut KH Siraad Dahlan, warna hijau itu adalah warna yang selalu ditawarkan Allah kepada Mukmin, Muslim yang baik yang senantiasa melaksanakan amal shalih seperti tersebut dalam surat Ar-Rahman ayat 76, yang artinya,

"Mereka bertelekan (bersandar) pada bantal-bantal yang hijau dan permadani-permadani yang indah." (Ar-Rahman: 76)

Keutamaan warna hijau juga disebutkan dalam Al-Qur’an Surat Al-Insan ayat 21, yang artinya,

"Mereka memakai pakaian sutera halus yang hijau dan sutera tebal dan dipakaikan kepada mereka gelang terbuat dari perak, dan Tuhan memberikan kepada mereka minuman yang bersih." (Al-Insan: 21)

Sedangkan warna putih sendiri, selain melambangkan kesucian dan keikhlasan, warna putih merupakan warna yang menjadi kesukaan Nabi Muhammad SAW. Rasulullah SAW bersabda:

Kenakanlah pakaian yang berwarna putih, karena lebih suci dan baik. Dan kafanilah orang yang meninggal diantara kalian dengan kafan yang berwarna putih.(HR. AN-Nasa’i)

4 dari 4 halaman

Ciri Pergerakan Muhammadiyah

Sebagai salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia, Muhammadiyah memiliki karakteristik yang membedakan Muhammadiyah dengan organisasi Islam lain di Indonesia. Karakteristik Muhammadiyah dapat dilihat dari pergerakannya di berbagai bidang. Namun jika dirangkum, secara umum pergerakan Muhammadiyah dapat dibedakan menjadi tiga, sebagai gerakan Islam, gerakan dakwah, da gerakan tajdid.

Sebagai gerakan Islam, Muhammadiyah lahir karena diilhami, dimotivasi, dan disemangati oleh ajaran-ajaran Al-Qur'an. Atas dasar itulah, seluruh gerakannya semata-mata untuk merealisasikan prinsip-prinsip ajaran Islam.

Segala yang dilakukan Muhammadiyah, baik dalam bidang pendidikan dan pengajaran, kemasyarakatan, kerumahtanggaan, perekonomian, dan sebagainya tidak dapat dilepaskan dari usaha untuk mewujudkan dan melaksanakan ajaran Islam.

Sebagai gerakan dakwah, Muhammadiyah hadir untuk menyeru dan menyebarkan ajaran agama Islam dengan cara amar ma'ruf nahi munkar. Muhammadiyah sebagai gerakan dakwah berkiprah di tengah-tengah masyarakat bangsa Indonesia dengan membangun berbagai ragam amal usaha yang benar-benar dapat menyentuh hajat orang banyak seperti berbagai ragam lembaga pendidikan sejak taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi, membangun sekian banyak rumah sakit, panti-panti asuhan dan sebagainya.

Sebagai gerakan tajdid, Muhammadiyah bertujuan untuk memfungsikan Islam sebagai hudan, furqân, dan rahmatan li al-’âlamîn sehingga perkembangan kehidupan masyarakat dapat terbimbing dengan baik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat