uefau17.com

Kaligrafi Surat al-Ikhlas dan Cara Membuatnya, Pasti Indah - Hot

, Jakarta - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan kaligrafi adalah seni menulis indah dengan pena atau tinta. Kaligrafi surat al-Ikhlas bisa dibuat dengan mudah dan pasti indah. Kunci utama cara membuat kaligrafi surat al-Ikhlas adalah menentukan gaya kaligrafinya.

Ada lima gaya kaligrafi yang perlu diketahui. lansir dari berbagai sumber, kaligrafi surat al-Ikhlas bisa dibuat dengan gaya kaligrafi naskhi, kufi murabba, riq’ah, tsuluts, dan diwani.

Surat Al-Ikhlas cocok dibuat tulisan kaligrafi terutama untuk fungsi dakwah dan hiasan. Dalam buku berjudul Kaidah Menulis dan Karya-Karya Master Kaligrafi Islam (1994) oleh Ali Akbar, kaligrafi menjadi produk seni yang tidak lepas dari unsur-unsur ibadah dan dakwah. Simak penjelasan lengkapnya.

Berikut ulas lebih mendalam tentang cara membuat kaligrafi surat al-Ikhlas, Kamis (16/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Kaligrafi Surat al-Ikhlas

Begini cara membuat kaligrafi surat al-Ikhlas yang lansir dari berbagai sumber:

- Menyiapkan Tulisan Surat al-Ikhlas

Mulailah dengan menyiapkan tulisan Arab untuk kaligrafi surat al-Ikhlas. Pertimbangkan panjang kata atau frasa, serta kompleksitas huruf dan pengaturan spasi.

 

Surat al-Ikhlas Ayat 1

قُلْ هُوَ ٱللَّهُ أَحَدٌ

qul huwallāhu aḥad

Artinya: Katakanlah: “Dialah Allah, Yang Maha Esa.”

Surat al-Ikhlas Ayat 2

ٱللَّهُ ٱلصَّمَدُ

allāhuṣ-ṣamad

Artinya: Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.

Surat al-Ikhlas Ayat 3

لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ

lam yalid wa lam yụlad

Artinya: Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan,

Surat al-Ikhlas Ayat 4

وَلَمْ يَكُن لَّهُۥ كُفُوًا أَحَدٌۢ

wa lam yakul lahụ kufuwan aḥad

Artinya: dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia.

 

- Menentukan Gaya Kaligrafi

Pilihlah gaya kaligrafi surat al-Ikhlas yang ingin digunakan. Ada banyak jenis gaya kaligrafi yang bisa dijadikan pilihannya. Pada cara membuat kaligrafi surat al-Ikhlas ini, pastikan gaya kaligrafinya tepat.

1. Gaya khat naskhi

Jenis kaligrafi Arab ini adalah khat naskhi, yang dalam penulisannya menggunakan anatomi huruf sama dengan penulisan huruf Al-Qur’an. 

Cara membuat kaligrafi surat al-Ikhlas dengan gaya khat Naskhi, dilakukan dengan membuat bentuk huruf yang luwes, tidak bertumpuk, tidak terlalu rapat, dan memiliki harakat yang mudah dibaca.

2. Gaya khat kufi murabba

Ini gaya kaligrafi kuno dan banyak dijumpai di masjid, bangunan-bangunan kuno, prasasti, hingga dokumen-dokumen kuno. Cara membuat kaligrafi surat al-Ikhlas dengan gaya khat kufi murabba adalah tulisannya geometris dan tanpa harakat.

3. Gaya khat riq’ah 

Riq’ah artinya tambalan dan banyak seniman kaligrafi yang membuat kaligrafi khat riq’ah menggunakan potongan kulit atau kayu sebagai media tulisnya.

Cara membuat kaligrafi surat al-Ikhlas dengan gaya khat riq’ah adalah penggunaan harakat pada bagian yang penting saja, arah tulisan miring, serta bentuk hurufnya pendek-pendek.

4. Gaya khat tsuluts

Tsuluts dalam bahasa Arab berarti sepertiga, maka dari itu kaligrafi gaya ini nanti ukurannya sepertiga dibanding jenis khat lainnya.

Cara membuat kaligrafi surat al-Ikhlas dengan gaya khat tsuluts adalah kelenturan tulisan yang luar biasa, tampilan yang rumit, dan bentuk kepala huruf yang melengkung serta berduri.

5. Gaya khat diwani

Gaya kaligrafi khat diwani mulai muncul dan digunakan semenjak Sultan Muhammad Al-Fatih menaklukkan Konstantinopel pada tahun 857 H. Sudah sangat umum untuk dokumen-dokumen kerajaan.

Cara membuat kaligrafi surat al-Ikhlas dengan gaya khat diwani adalah bentuknya yang rumit, banyak hiasan, dan bervariasi.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Kaligrafi Surat al-Ikhlas Selanjutnya

- Menyiapkan Alat dan Bahan

Persiapkan alat-alat dan bahan yang diperlukan untuk cara membuat kaligrafi surat al-Ikhlas. Seperti kertas kaligrafi khusus, pena kaligrafi, tinta, dan penghapus.

- Mulai Membuat Sketsa Awal

Buatlah sketsa awal dari kata atau frasa surat al-Ikhlas. Gunakan pensil untuk membuat sketsa, dan pastikan ukuran dan penempatan huruf sesuai dengan keinginan.

- Menulis Kaligrafi dengan Pena

Mulailah menulis dengan pena kaligrafi dan tinta. cara membuat kaligrafi surat al-Ikhlas, dimulai dengan mengikuti sketsa awal, dan mengikuti aturan-aturan gaya kaligrafi yang dipilih. Pastikan gerakan pena halus dan terkontrol, dan jangan ragu untuk berlatih banyak.

- Biarkan Tinta Mengering

Setelah selesai menulis, cara membuat kaligrafi surat al-Ikhlas adalah biarkan tinta kering dengan sendirinya. Jangan terlalu cepat menghapus kesalahan atau memperbaiki, karena tinta masih basah dan dapat menyebar.

- Memperbaiki Tulisan Kaligrafi

Setelah tinta kering, cara membuat kaligrafi surat al-Ikhlas adalah periksa kembali hasil tulisan. Perbaiki kesalahan atau kekurangan, dan pastikan kaligrafi terlihat rapi dan estetis.

- Mengganti Media

Terakhir, cara membuat kaligrafi surat al-Ikhlas adalah memasang kaligrafi pada kertas atau media yang lebih besar, seperti kanvas atau kayu, untuk membuat karya seni kaligrafi surat al-Ikhlas yang lebih menarik dan bagus.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat