uefau17.com

10 Tanda Kiamat Besar dalam Islam, Pelajari Juga Dalil-Dalilnya - Hot

, Jakarta Tanda kiamat besar dalam Islam telah diterangkan dalam berbagai hadits dan ayat-ayat dalam Al-Qur'an. Tanda-tanda kiamat besar ini menjadi pengingat akan datangnya hari penghakiman. Dalam Islam terdapat berbagai tanda-tanda akan datangnya hari kiamat, baik yang besar maupun kecil, namun semuanya menunjukkan bagaimana dan kapan waktunya akan tiba. 

Meski hanya Allah SWT yang mengetahui hari pastinya, namun kesimpulan dari Al-Qur'an dan hadits memberikan hikmah dan petunjuk kepada umat Islam, agar ketika saatnya tiba mereka mampu membedakan antara yang baik dan yang salah. Tanda-tanda kiamat besar dan kecil ini menjadi peringatan bagi kita untuk dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi kiamat.

Umat Islam telah mempelajari tentang hari penghakiman sejak usia muda, dimana didalamnya umat Islam juga mempelajari tanda-tanda hari kiamat, baik tanda-tanda kiamat kecil, maupun tanda-tanda kiamat besar. Mulai dari terbitnya matahari dari barat, munculnya dajjal hingga hancurnya ka'bah, menjadi tanda-tanda dari datangnya hari kiamat.

Lantas apa saja tanda-tanda kiamat besar? Lebih lengkapnya, berikut ini telah rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (8/2/2023), 10 tanda-tanda kiamat besar beserta dengan dalil-dalilnya dalam Al Quran dan Hadist. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tanda Kiamat Besar dalam Islam

Dalam Islam, ada sepuluh tanda kiamat besar menuju hari kiamat, yang mana masing-masing tanda ini menggambarkan peristiwa yang akan terjadi, yaitu : 

1) Kedatangan Imam Mahdi

Nabi Muhammad SAW mengatakan hal berikut, tentang kedatangan Imam Mahdi: 'Sebelum akhir dunia, satu orang akan muncul. Nama ayahnya akan sama dengan namaku, dan namanya akan sama dengan namaku.' Sebelum kedatangannya, dunia akan penuh dengan penindasan dan tirani, tetapi akan ada keadilan pada masanya. 'Ini Mehdi, dengarkan apa yang dia katakan,' malaikat dari awan di atas kepalanya akan berkata.

Dia akan memerangi berbagai musuh Islam dan bekerja untuk memperbaiki sistem keadilan global. Sebelum kedatangannya, akan terjadi banyak kezaliman, kesalahan, pembunuhan Muslim, dan pelaku kejahatan akan menghancurkan sistem amal kebaikan.

2) Dajjal akan datang

Kedatangan Dajjal adalah indikator paling jelas dan familiar yang diberitahukan kebanyakan orang. Ketika dajjal tiba, dia akan menyatakan dirinya sebagai Tuhan. Siapa pun yang menaruh kepercayaan padanya adalah bidat. Fitnah Dajjal bekerja dan menyebabkan mentalitas penduduk diubah sedemikian rupa sehingga mereka secara alami menerima kenyataan bahwa dia adalah Tuhan. 

Nabi Muhammad SAW mengatakan: “Katakanlah: 'Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung padamu dari siksa api neraka, dan aku berlindung padamu dari siksa kubur, dan aku berlindung padamu dari cobaan Dajjal. Dan aku berlindung kepadamu dari cobaan hidup dan mati.'”

Dajjal akan memiliki kemampuan untuk memerintahkan awan untuk menurunkan hujan dan tanah untuk menumbuhkan tumbuh-tumbuhan, kemampuan ini akan membuat orang percaya bahwa dia adalah Tuhan, meskipun faktanya ini adalah sinyal yang salah. Membaca Surat Al Kahfi pada hari Jumat akan melindungi kita dari Dajjal

3 dari 6 halaman

Tanda Kiamat Besar dalam Islam

3) Turunnya Nabi Isa AS

Menurut Al-Qur'an Nabi Isa AS tidak dibunuh oleh orang Yahudi. Mereka diam-diam mencoba membunuhnya, tetapi Allah menyelamatkannya dan mengangkatnya ke surga. Dalam Islam, ketika Dajjal datang dan mengaku sebagai Tuhan, maka Allah akan menurunkan kembali Nabi Isa AS. Setelah itu, dia akan menyerang Dajjal dan membunuhnya. 

Allah berfirman yang artinya:

وَإِن مِّنْ أَهْلِ ٱلْكِتَٰبِ إِلَّا لَيُؤْمِنَنَّ بِهِۦ قَبْلَ مَوْتِهِۦ ۖ وَيَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ يَكُونُ عَلَيْهِمْ شَهِيدًا

“Tidak seorang pun Ahli Kitab melainkan akan beriman kepadanya sebelum kematiannya, dan pada hari kiamat dia akan menjadi saksi terhadap mereka” (An-Nisa': 159).

Nabi Muhammad SAW juga bersabda "Aku bersumpah demi Allah, bahwa Isa putra Maryam benar-benar akan turun menghakimi (umat manusia) dengan adil."

Nabi Isa harus menyelesaikan tiga misi utama sebelum Hari Kiamat.

- Dia akan membunuh Dajjal.

- Dia akan menyelamatkan umat Islam dari serangan Yajuj dan Majuj, lalu membawa mereka ke Mountain Tur.

- Dia akan menjadi khalifah dan membesarkan Islam.

4) Munculnya Yajuj Dan Majuj

Munculnya Yajuj dan Majuj disebutkan berkali-kali dalam Al Quran dan Hadist. Mereka terbungkus dalam dinding. Ada cerita tentang mereka, yang menurutnya ada seorang Raja yang adil bernama Zulqarnain pada masa pemerintahan Hazrat Ibrahim AS. Orang-orang memberitahunya tentang dua suku yang berbahaya, Ya juj dan Ma juj, dan memintanya untuk melindungi mereka dari suku-suku tersebut. 

Akibatnya, Zulqarnain membangun penghalang besi yang tidak akan bisa mereka tembus sampai akhir zaman. Alhasil, saat kiamat, mereka akan bisa menerobos barikade dan mengejar orang-orang. Hazrat Isa akan datang ke Bumi untuk menyelamatkan manusia dari amukan dan bahaya.

Nabi Muhammad SAW bersabda "Hari ini sebuah lubang telah terbuka di penghalang Yajuj dan Majuj seperti ini", dan dia membuat lingkaran dengan tangannya, jari telunjuk dan ibu jari.

4 dari 6 halaman

Tanda Kiamat Besar dalam Islam

5) Asap akan muncul sebagai tanda hari kiamat.

Dalam Surat Ad Dukhan Ayat 10-11. Allah SWT berfirman:

فَارْتَقِبْ يَوْمَ تَأْتِي السَّمَاءُ بِدُخَانٍ مُبِينٍ يَغْشَى النَّاسَ هَذَا عَذَابٌ أَلِيمٌ

“Maka tunggulah hari ketika langit membawa dukhan (kabut) yang nyata. yang meliputi manusia. Inilah azab yang pedih”

Dinyatakan bahwa asap akan membuat orang percaya kedinginan tetapi akan membuat orang yang tidak percaya kesulitan. Ada banyak ide berbeda tentang bagaimana rasanya merokok sekarang. Pencemaran lingkungan atau ledakan atom adalah skenario yang paling umum. Apapun masalahnya, hasilnya akan menjadi salah satu indikator datangnya Hari Kiamat dalam Islam.

6) Kedatangan Binatang

Dalam Islam Kedatangan binatang itu dibuktikan oleh Allah, yang mengatakan dalam Al-Qur'an, Surat An-Naml Ayat 82

۞ وَإِذَا وَقَعَ ٱلْقَوْلُ عَلَيْهِمْ أَخْرَجْنَا لَهُمْ دَآبَّةً مِّنَ ٱلْأَرْضِ تُكَلِّمُهُمْ أَنَّ ٱلنَّاسَ كَانُوا۟ بِـَٔايَٰتِنَا لَا يُوقِنُونَ

“Dan ketika kata siksaan terhadap mereka terpenuhi, Kami akan mengeluarkan dari Bumi seekor binatang untuk mereka, untuk berbicara kepada mereka, karena umat manusia telah melakukannya. tidak menerima dengan keyakinan pada ayat-ayat Kami” 

Binatang itu memegang tongkat tangan Mousa untuk orang beriman, dan jika mereka benar-benar beriman, wajah mereka akan bersinar dan bersinar dengan cahaya. Dia akan memegang segel Suleman untuk orang-orang kafir, dan ketika menyentuh mereka, wajah mereka akan menjadi gelap, menandakan tingkat keimanan mereka.

 
5 dari 6 halaman

Tanda Kiamat Besar dalam Islam

7) Matahari Terbit dari Barat

Terbitnya Matahari dari lokasi terbenamnya di Barat, yang merupakan salah satu sinyal kunci Qayamah, merupakan salah satu tanda utama Hari Pembalasan dalam Islam. Menurut Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda, 

“Kiamat tidak akan datang sampai Matahari terbit dari Barat, dan ketika terbit dan orang melihatnya, mereka semua akan beriman,” tetapi “itu akan menjadi waktu ketika tidak ada gunanya bagi orang yang tidak beriman sebelumnya, dan tidak memperoleh kebaikan (dengan melakukan amal saleh) karena imannya.” (Menurut Al-Bukhari dan Muslim, 11/352 dan 2/194)

Hadits dan tanda waktu dapat ditafsirkan dengan berbagai cara. Beberapa orang percaya bahwa apa pun yang telah ditetapkan Allah tidak dapat dibatalkan. Yang lain percaya bahwa terbitnya Matahari dari Barat menunjukkan tatanan dunia yang terbalik.

8) Tanah longsor

Tiga tanah longsor besar akan terjadi dalam Islam: satu di Timur, satu di Barat, dan satu lagi di Jazirah Arab. Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa petunjuk-petunjuk itu hanya akan terlihat ketika daerah-daerah ini mencapai tingkat maksiat dan perilaku jahat tertinggi. Beberapa percaya tanah longsor akan disebabkan oleh gempa bumi daripada tanah longsor. Asumsi yang paling banyak dipegang adalah bahwa bencana alam akan menyebabkan daerah ini tenggelam dan membunuh orang yang tinggal di sana.

6 dari 6 halaman

Tanda Kiamat Besar dalam Islam

9) Api Akan Muncul Dari Yaman

Hampir terakhir di antara tanda-tanda utama Kiamat. Menurut Hadits, tiupan terompet akan dibunyikan, orang mati akan hidup kembali. Dan akan terjadi kebakaran besar di Yaman, kebakaran itu akan menyebabkan orang-orang berkumpul ke tempat pertemuan. Akan muncul letusan api dari arah Yaman, dari dasar 'Aden, dari Laut Hadramaut' adalah tanda kunci lain dari hari kiamat. Nabi Muhammad SAW juga mengatakan, "Yang terakhir dari mereka akan menjadi api yang akan datang dari Yaman, dan akan memaksa orang-orang ke daerah majelis mereka," menurut Hudhayfah ibn Usayd. (Muslim, 18/27)

10) Ka'bah Akan Dihancurkan

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Dhu'l-Suwayqatayn dari Abyssinia akan menghancurkan Ka'bah dan menyita harta dan kiswahnya," menurut Abdullah Ibn Amr merasa seolah-olah saya bisa melihatnya sekarang, dia botak dan pergelangan tangannya terdistorsi. Dengan sekop dan kapaknya, dia akan menyerang Ka'bah. Allah akan mengambil Al-Qur'an dan orang-orang saleh dari Bumi untuk melindungi mereka dari Kiamat.

Tanda-tanda kiamat besar ini juga terangkum dari hadis dimana Hudhaifa b. Usaid Ghifari melaporkan: Rasulullah SAW mendatangi kami secara tiba-tiba saat kami (sibuk berdiskusi). Dia berkata: Apa yang Anda diskusikan? Kata mereka (para sahabat). Kita sedang membahas tentang Kiamat. Kemudian dia berkata: Itu tidak akan mengerucut sampai Anda melihat sepuluh tanda sebelumnya dan (sehubungan dengan ini) dia menyebutkan asap, Dajjal, binatang buas, terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa putra Maryam, Ya’juj dan Ma’juj, dan tanah longsor di tiga tempat, satu di timur, satu di barat dan satu di Arab di ujungnya api akan menyala dari Yaman, dan akan mengusir orang-orang ke tempat pertemuan mereka (Sahih Muslim: Buku 41, Bab 13 Hadits 6931)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat