uefau17.com

8 Manfaat Bersikap Dewasa dalam Menjalani Hidup dan Menghadapi Permasalahan - Hot

, Jakarta Tidak dapat dipungkiri bahwa kedewasaan seseorang tidak dapat diukur berdasarkan usianya. Meski memang usia ikut memengaruhi kedewasaan seseorang, tapi tidak jarang seorang dengan usia yang cukup matang tidak memiliki kedewasaan yang sama matangnya. Hal ini membuktikan bahwa tidak semua orang memiliki kemampuan untuk bersikap dewasa, padahal manfaat bersikap dewasa sangat penting.  

Bersikap dewasa menuntut seseorang untuk bisa membuka pandangan secara lebih luas dan bijak dalam menanggapi segala sesuatu. Selain usia, kedewasaan juga berdasarkan pada sikap dan emosi seseorang. Manfaat bersikap dewasa akan membantu seseorang menghadapi masalah yang dihadapi dengan lebih tenang, sehingga permasalahan dapat diselesaikan dengan lebih baik.

Manfaat bersikap dewasa akan sangat berguna bagi seseorang dalam menjalani kehidupan sehari-harinya. Berikut manfaat bersikap dewasa yang dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (28/12/2022)

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Bersikap Dewasa

1. Menjadi Pribadi yang Tangguh

Manfaat bersikap dewasa yang pertama adalah membentuk pribadi yang tangguh. Seorang yang memiliki sikap dewasa akan menghadapi permasalahan yang dalam hidupnya. Orang tersebut tidak akan lari dari masalah dan akan menyelesaikan hingga tuntas. 

Apapun yang terjadi, seseorang yang mampu bersikap dewasa tantangan akan selalu bertanggung jawab untuk menyelesaikan semuanya sampai tuntas. Kondisi seperti itu tentunya sangat bermanfaat untuk menempa diri menjadi pribadi yang berani dan tangguh.

2. Melatih Diri Menjadi Lebih Mandiri

Manfaat bersikap dewasa berikutnya adalah melatih diri menjadi lebih mandiri. Seseorang yang memiliki sikap dewasa tidak akan bergantung kepada orang lain untuk membantunya menyelesaikan masalah yang dihadapi. Pemikiran dewasa yang dimiliki membuat seseorang selalu berusaha untuk tidak merepotkan orang lain selagi mampu melakukan hal itu sendiri. Seseorang yang dewasa yakin bahwa pencapaian dimulai dari usaha sendiri.

3. Memudahkan Proses Pengambilan Keputusan

Seseorang yang memiliki sikap dewasa menyadari bahwa ia bertanggung jawab atas segala pilihan dan perbuatan yang dilakukan. Orang yang dewasa sudah memahami segala konsekuensi yang ada dari pilihan-pilihan hidupnya. Dengan kesadaran ini seseorang lebih mudah mengambil keputusan dalam hidupnya.

Sikap dewasa membantu seseorang menghilangkan keraguan saat proses pengambilan keputusan. Seorang yang dewasa memiliki sudut pandang yang lebih luas sehingga ini membantu mempertimbangkan berbagai hal secara matang. Keputusan yang diambil pun akan lebih tepat sasaran dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat baik bagi diri sendiri serta orang lain. 

3 dari 3 halaman

Manfaat Bersikap Dewasa

4. Lebih Tenang dalam Menghadapi Masalah

Permasalahan adalah hal yang pasti datang dalam kehidupan manusia. Permasalahan yang muncul dalam hidup memang kerap kali menimbulkan tekanan yang menyebabkan stres, namun seseorang yang dewasa dapat menghadapi masalah tersebut dengan lebih tenang. Berat maupun ringan akan dapat diselesaikan hingga tuntas dengan cara-cara yang positif, tanpa merugikan diri sendiri maupun orang lain.

5. Menjadikan Permasalahan Sebagai Pembelajaran Hidup

Manfaat bersikap dewasa selanjutnya adalah membentuk seseorang menjadi pribadi yang lebih positif lagi. Seorang yang dewasa sangat jarang menyesali permasalahan yang menimpamu. Orang tersebut justru akan menjadikan masalah ini sebagai sebuah pembelajaran diri untuk bekal masa depan agar lebih baik lagi dari hari ke hari.

6. Tidak Mudah Terperangkap Dalam Lingkungan Pergaulan Buruk

Pergaulan menjadi salah satu hal yang berpengaruh dalam hidup seseorang. Lingkungan menjadi salah satu faktor yang membentuk karakter seseorang. Lingkungan pergaulan yang buruk dapat memberi pengaruh yang buruk pula. Seorang yang dewasa tidak akan mudah terpengaruh pada lingkungan pergaulan yang buruk. Sebab, memiliki sikap yang dewasa membantu seseorang menyaring pergaulan yang baik dan tidak.

7. Menjauhkan Diri dari Masalah

Kedewasaan merupakan sikap yang dapat menyelesaikan banyak masalah. Bahkan kedewasaan bisa mencegah timbulnya masalah dalam pergaulan dan kehidupan sosial. Dunia akan menjadi tempat yang lebih baik, jika masing-masing individu bisa bersikap lebih dewasa dalam segala hal. Itulah alasan kenapa bersikap dewasa itu penting.

8. Dihargai Orang Lain

Manfaat bersikap selanjutnya adalah dihargai oleh orang lain. Seorang yang dewasa mampu menempatkan dirinya dengan baik dimanapun ia berada. Memiliki pemahaman tentang kontek situasi, batasan-batasannya,  dan serta hak dan kewajiban menjadi hal yang harus dimiliki oleh seorang manusia sebagai makhluk sosial.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat