uefau17.com

Perdagangan Internasional Muncul Akibat Adanya Kesamaan dalam Kepentingan - Hot

, Jakarta Perdagangan internasional muncul akibat adanya kesamaan dalam kepentingan yang didasari oleh adanya perbedaan sumber daya. Perdagangan internasional adalah suatu kegiatan transaksi jual beli antara suatu negara dengan negara lainnya atas dasar kesepakatan bersama.

Perdagangan internasional muncul akibat adanya kesamaan dalam kepentingan yang harus dipahami, supaya mengetahui faktor pendorongnya. Perdagangan internasional sendiri mencakup kegiatan impor dan ekspor.

Perdagangan internasional muncul akibat adanya kesamaan dalam kepentingan bersama. Perdagangan internasional tidak hanya berdampak pada pendapatan negara saja. Akan tetapi, juga turut serta membuka peluang kerja, menjaga hubungan baik antarnegara, dan meningkatkan kemakmuran.

Berikut ini ulas mengenai perdagangan internasional muncul akibat adanya kesamaan dalam kepentingan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (19/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perdangan Internasional Muncul Akibat Adanya Kesamaan dalam

Dikutip dari buku Seri Pendalaman Soal IPS Kelas 7, 8, dan 9 SMP/MTs (2020: 166) karya Tim Tentor Eduka, perdagangan internasional muncul akibat adanya kesamaan dalam kepentingan yang didasari oleh adanya perbedaan sumber daya.

Faktor terjadinya perdagangan internasional itu sendiri karena masyarakat ingin memenuhi kebutuhannya, tetapi sumber daya yang mereka inginkan tidak tersedia di negara asalnya. Oleh karena itu, mereka harus membeli produk ke negara lain.

Selain itu, terdapat beberapa faktor penyebab terjadinya perdagangan internasional lainnya yang perlu diketahui. Dikutip dari kajian teori penelitian yang diterbitkan Politeknik Negeri Sriwijaya dari Setiawan dan Lestari (2011), terdapat beberapa penyebab terjadinya perdagangan internasional adalah:

1. Revolusi informasi dan transportasi

Hal ini ditandai dengan berkembangnya era informasi teknologi, pemakaian sistem berbasis komputer serta kemajuan dalam bidang informasi, penggunaan satelit serta digitalisasi pemrosesan data berkembangnya peralatan komunikasi serta masih banyak lagi.

2. Interpendensi kebutuhan

Faktor penyebab perdagangan internasional berikutnya adalah interpendensi kebutuhan. Masing-masing negara memiliki keunggulan serta kelebihan di masing-masing aspek, bisa ditinjau dari sumber daya alam, manusia, serta teknologi. Semuanya itu akan berdampak pada ketergantungan antar negara yang satu dengan yang lainnya.

3. Liberalisasi ekonomi

Kebebasan dalam melakukan transaksi serta melakukan kerja sama memiliki implikasi bahwa masing-masing negara akan mencari peluang dengan berinteraksi melalui perdagangan anata negara.

4. Asas keunggulan komparatif

Keunikan suatu negara tercermin dari apa yang dimiliki oleh negara tersebut yang tidak dimiliki oleh negara lain. Hal ini akan membuat negara mempunyai keunggulan yang dapat diandalkan sebagai sumber pendapatan bagi negara tersebut.

5. Kebutuhan devisa

Faktor penyebab perdagangan internasional lainnya adalah kebutuhan devisa. Perdagangan internasional juga dipengaruhi oleh faktor kebutuhan akan devisa suatu negara. Dalam memenuhi segala kebutuhannya setiap negara harus memiliki cadangan devisa yang digunakan dalam melakukan pembangunan, salah satu sumber devisa adalah pemasukan dari perdagangan internasional.

3 dari 4 halaman

Faktor Pendorong Terjadinya Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional muncul akibat adanya kesamaan dalam kepentingan yang didasari oleh adanya perbedaan sumber daya. Hal ini juga bisa menjadi faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional.

Perdagangan internasional muncul akibat adanya kesamaan dalam kepentingan bersama yang saling menguntungkan kedua negara yang melakukan hubungan kerjasama. Mengutip dari Sumber Belajar Kemdikbud, berikut beberapa faktor pendorong perdagangan internasional:

1. Perbedaan sumber daya alam

Salah satu faktor pendorong perdagangan internasional adalah pemberdayaan sumber daya alam. Setiap negara memiliki sumber daya alam yang berbeda. Indonesia memiliki banyak sumber daya alam, antara lain kayu, minyak bumi, batubara, timah dan karet, tetapi belum memiliki kemampuan yang memadai untuk mengolahnya. Hal ini mendorong Indonesia untuk mengekspor bahan mentah/bahan baku ke negara lain untuk diolah.

2. Penghematan biaya produksi

Penghematan biaya produksi merupakan salah salah faktor pendorong perdaganan internasional. Bagi negara yang belum memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi untuk membuat sendiri produk seperti mobil dan handphone, pembuatannya akan menghabiskan biaya produksi yang jauh lebih mahal dibandingkan jika negara tersebut membelinya dari negara lain. Oleh karena itu membeli produk seperti mobil dan handphone dari negara pembuatnya dapat menghemat biaya produksi.

3. Pemenuhan kebutuhan nasional

Ada kalanya suatu negara tidak mampu memenuhi semua barang dan jasa yang menjadi kebutuhan penduduk, sehingga untuk memenuhinya suatu negara perlu membeli barang dan jasa tersebut dari luar negeri. Dengan demikian kebutuhan produk yang diinginkan oleh masyarakat dapat dipenuhi.

4 dari 4 halaman

Faktor Pendorong Terjadinya Perdagangan Internasional

4. Perbedaan penguasaan teknologi

Penguasaan teknologi yang tidak merata antar tiap negara, menyebabkan terjadinya perdagangan internasional. Negara dengan teknologi maju mampu menjual barang dengan harga murah kepada negara yang memiliki teknologi sederhana. Contohnya Indonesia mengimpor mobil dari Jepang karena Jepang memiliki teknologi pembuatan mobil yang maju.

5. Memperluas pasar dagang

Faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional yang berikutnya adalah untuk memperluas pasar dagang. Dengan pengenalan bermacam produk dan jasa pada negara lain mampu memberikan keuntungan besar. Hal ini juga dapat meningkatkan hubungan kerja sama dagang yang baik antar negara. Selain itu, memperluas pasar dagang juga dapat memberikan pendapatan pada negara.

6. Produksi yang berlebih

Faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional yang berikutnya adalah produksi produk yang berlebih yang ada di dalam suatu negara. Ketika pemenuhan kebutuhan akan suatu barang atau produk dirasa sudah cukup, suatu negara bisa mengekspor barang tersebut ke negara lain. Hal ini juga dapat memberikan pendapatan bagi negara.

7. Perbedaan kondisi geografis

Faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional yang berikutnya adalah adanya perbedaan kondisi geografis dalam suatau negara. Dengan begitu akan menyebabkan perbedaan pada sumber daya yang dihasilkan. Misalnya, dahulu rempah-rempah hanya didapatkan di wilayah tropis, seperti Indonesia, sehingga Indonesia menjadi satu-satunya pemasok rempah-rempah terbesar di beberapa negara barat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat